Pasca Gempa di Lombok Timur, Tempat Wisata ini Aman Terkendali

Gempa di Lombok Timur yang terjadi Hari Minggu (29/7) lalu, masih terasa hingga saat ini. Badan Meteorologi, Klimatolohi dan Geofisik (BMKG) melansir gempa susulan berkekuatan 3,3 Skala Richter terjadi pada hari Rabu (1/8) tepat pukul 04.36 WITA. Gunjangan gempa tersebut terasa di Kecamatan Bayan, Lombok Utara dan Kecamatan Belanting, Lombok Timur. Meski melumpuhkan sektor pariwisata khususnya Gunung Rinjani, namun beberapa daerah masih terpantau aman pasca gempa di Lombok Timur. Seperti tempat wisata unggulan Lombok berikut ini.

1. Pantai Kuta Mandalika

Pantai Kuta Mandalika
Pantai Kuta Mandalika via shutterstock.com

Gempa bumi yang membuat ratusan pendaki Rinjani terjebak ini memang terasa di semua kawasan di dataran pulau Lombok. Namun, bencana tersebut tidak mengakibatkan retakan atau kerusakan di banyak tempat. Apalagi kawasan pesisir Lombok Tengah tepatnya di Pantai Kuta Mandalika yang cukup jauh dari lokasi terparah. Hiruk pikuk wisatawan yang datang juga tidak sedikit, sehingga sektor pariwisata ini tak terganggu.

2. Kepulauan Gili

Gili Trawangan
Gili Trawangan via shutterstock.com

Gempa berkekuatan 6,4 SR yang berpusat di kemarin ternyata dirasakan oleh wisatawan di kawasan Kepulauan Gili. Dilansir dari beberapa sumber, bencana alam tersebut tidak berdampak pada sektor pariwisata di kawasan ini. Bahkan wisawatan di Gili Trawangan, Meno dan Gili Air masih ramai. Di kepulauan ini juga tidak terjadi kerusakan baik bangunan warga atau pun perhotelan.

3. Pantai Senggigi

Pantai Senggigi
Pantai Senggigi via shutterstock.com

Salah satu tempat wisata unggulan Nusa Tenggara Barat adalah Pantai Senggigi. Letaknya di sebelah barat pesisir Pulau Lombok yang menawarkan hamparan pasir eksotis. Pemandangannya makin sempurna ketika mendekati matahari tenggelam. Pantai Senggigi juga tidak terkena dampak gempa di Lombok Timur. Meski getarannya terasa, hanya beberapa pot saja tergeser. Retakan bangunan juga tidak ditemukan di kawasan ini.

4. Desa Sade

Desa Sade
Desa Sade via shutterstock.com

Meski hanya getaran yang terasa, objek wisata di Lombok Tengah juga tidak terkenal dampak dari gempa. Salah satunya Desa Sade yang merupakan desa wisata yang mempertahankan adat suku sasak. Bangunan rumah yang tradisional serta keramahan penghuni desa ini menawarkan pengalaman menakjubkan tak bakal ditemukan di tempat lain.

Nah, itulah tempat wisata unggulan yang masih aman pasca gempa di Lombok Timur. Hingga tanggal 31 Juli kemarin, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) merilis 16 korban yang meninggal dunia. Untuk berjaga-jaga, tetap waspada setiap saat.

Tags
Gempa Lombok Indonesia Lombok Lombok Timur Nusa Tenggara Barat
Share