Kulineran Lezat dan Maknyus di Pasar Semawis Semarang

Pernah tahu tentang Pasar Semawis di Semarang? Pasar malam yang berlokasi di kawasan Pecinan, tepatnya di sepanjang Jalan Gang Warung, kecamatan Semarang Tengah ini menjadi salah satu tujuan kuliner malam warga Semarang dan wisatawan lho.

Teman Traveler yang kebetulan sedang liburan di Semarang, wajib banget mampir ke Pasar Semawis. Selain bisa menikmati aneka sajian yang ada, kamu juga dapat membaur dengan warga lokal. Sebelum berangkat, yuk simak dulu beberapa tips berwisata kuliner di Pasar Semawis berikut.

Cuma Ada di Akhir Pekan

img_20191027_212200_Zwx.jpg
Jelajah Pasar Semawis (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Jangan asal datang ke Pasar Semawis. Karena pasar malam yang mulai buka pada jam 18.00 sampai jam 23.00 WIB tersebut cuma ada di hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. Supaya makanan yang dijual masih tersedia lengkap, Teman Traveler sebaiknya sudah bersiap berburu mulai jam 19.00 WIB atau selepas magrib. Kalau pengin melihat bagaimana proses para pedagang di sini memulai gelar lapak, datanglah sekitar pukul 17.30 WIB.

Jangan Bawa Mobil Pribadi

cars_parked_along_way_6147_YdF.jpg
Ilustrasi mobil pribadi via Pexels

Meski berada di lokasi yang cukup strategis dan mudah dijangkau, Teman Traveler sebaiknya tidak membawa mobil pribadi saat ke Pasar Semawis. Sebab lahan parkir yang tersedia cukup terbatas. Biar lebih nyaman, kamu bisa mengendarai motor atau menggunakan taksi online.

img_20191027_212704_mj6.jpg
Suasana pasar (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Tapi, seandainya Teman Traveler tetap harus membawa mobil ke lokasi, rekomendasi tempat parkir yang tersedia ada di Jalan Gang Baru, Jalan Gang Gambiran, Jalan Gang Besen, dan Jalan Gang Pinggir.

Jelajah dari Ujung Barat

46468068_800802860313000_2692663955009998197_n_26p.jpg
Gapura Pecinan Semarang via Instagaram/susie_suhartanto

Terbentang di sepanjang Jalan Gang Warung, sebaiknya Teman Traveler mulai menjelajah Pasar Semawis ini dari ujung barat. Sebab di ujung sebelah barat itulah pintu gerbang atau gapura kawasan Pecinan berada. Sebelum memulai kulineran, kamu bisa berswafoto dulu deh di lokasi tersebut.

Pastikan Kehalalan Makanan

img_20191027_212820_nSP.jpg
Salah satu stand makanan halal (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Bagi Teman Traveler yang muslim, perlu kehati-hatian ekstra saat menyambangi Pasar Semawis. Pasalnya, pasar malam ini tidak hanya menyediakan makanan halal, tapi juga kuliner non halal. Biasanya para pedagang sudah memasang tanda khusus jika makanan yang dijual adalah non halal. Tapi, untuk penjual yang tidak memasang tanda khusus tersebut, lebih baik kamu memastikan dulu kepada penjualnya sebelum membeli.

Membeli Kuliner Legendaris

img_20191027_213011_zbH.jpg
Dibakar sebelum disajikan (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Ketika perburuan Teman Traveler dimulai, jangan cuma mencari menu yang kamu favoritkan saja. Pastikan tidak melewatkan untuk mencicipi kuliner legendaris yang ada di Pasar Semawis. Di antaranya yaitu Es Puter Cong Lik yang eksis sejak tahun 1944 dan Pisang Plenet Pak Tuko yang sudah berjualan sejak tahun 1960.

Datang Saat Momen Imlek

img_0634_diS.JPG
Ilustrasi lampion (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Terakhir, jika Teman Traveler ingin merasakan suasana yang lebih meriah di Pasar Semawis, sempatkan berkunjung kemari saat momen Imlek. Di momen tersebut, sepanjang jalan bakal dipasang lampion-lampion yang menambah semarak suasana.

Nah, itulah tadi beberapa tips yang bisa Teman Traveler contek sebelum kulineran di Pasar Semawis. Jangan lupa mampir ya kalau sedang jalan-jalan di Semarang.

Tags
Indonesia Jawa Tengah kontributor kuliner pasar semawis semarang semarang Travelingyuk
Share