Pasar Malam Sekaten Jogja, Main Seru ke Rumah Hantu Hingga Kulineran Enak

Salah satu event tahunan di Yogyakarta yang selalu ditunggu-tunggu telah berlangsung yakni Pasar Malam Perayaan Sekaten atau Pasar Malam Sekaten. Gelaran yang berlangsung pada tanggal 2 November hingga 19 November ini berlokasi di Alun-Alun Utara Yogyakarta. Perayaan ini banyak menawarkan hal-hal seru yang bisa dicoba. Apa saja keseruannya? Berikut penuturan dari Kontributor Travelingyuk, Annissa Saputri.

Berburu Barang dengan Harga Miring

Barang obral dan promo oleh Annissa Saputri
Barang obral dan promo (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Pasar Malam Perayaan Sekaten memang selalu mendapat sambutan yang meriah terlebih bagi masyarakat Yogyakarta sendiri. Beraneka macam barang seperti pakaian, sepatu, mainan, aksesoris gadget ditawarkan dalam lapak-lapak berjejer rapi. Sang penjual pun mengobral barang-barangnya dengan harga yang miring. Tak sedikit juga mereka memberikan promo menarik untuk pembeli.

Aksesoris gadget oleh Annissa Saputri
Aksesoris gadget (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Aksesoris gadget dan komputer memang yang paling banyak menarik perhatian. Tak hanya itu, lapak penjual sepatu dan pakaian pun juga menjadi incaran pengunjung. Selain harga dibanderol rendah, Teman Traveler juga masih bisa menawar, lho. Area belanja barang-barang dengan harga miring ini ada di area sisi utara menjadi satu dengan area kuliner. Meski dengan harga murah, harus tetap pintar-pintar memilih ya.

Berkunjung ke Rumah Hantu

Uji nyali di Rumah Hantu oleh Annissa Saputri
Uji nyali di Rumah Hantu (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Bagi yang suka uji nyali, berkunjung ke Rumah Hantu bisa dicoba, nih. Wahana Rumah Hantu di sini tak hanya satu wahana saja. Kita bebas bisa memilih mau mencoba masuk di Rumah Hantu yang mana. Tiket masuk per orang adalah Rp10.000. Dan bersiaplah untuk bertemu makhluk-makhluk misterius penghuni Rumah Hantu.
Memasuki Rumah Hantu akan disambut dengan sound yang mencekam. Teman Traveler akan dibawa masuk ke dalam lorong-lorong gelap dan naik turun tangga. Pemeran utama di wahana ini pun tak ketinggalan memberi sambutan pada pengunjung dengan sosoknya. Berani uji keberanian Teman Traveler di sini?

Berburu Kuliner Tradisional Hingga Kekinian

Area stand kuliner oleh Annissa Saputri
Area stand kuliner (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Tak lengkap rasanya jika ke Sekaten tidak mencicipi berbagai kuliner yang dijajakan. Mendominasi area Pasar Malam, stand penjual kuliner dari makanan ringan, minuman, hingga makanan berat tersedia untuk memanjakan lidah pengunjung. Kuliner tradisional seperti es gandhoel, gethuk, lupis, atau sate kere bisa kita jumpai dengan harga yang terjangkau.

Sate cumi dan bakso bakar oleh Annissa Saputri
Sate cumi dan bakso bakar (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Kuliner yang sedang hits pun juga banyak dicari oleh pengunjung. Sebut saja Sate Cumi, Dragon Breath, dan Arum Manis Karakter yang jadi primadona. Ada lagi Asinan Mangga yang selalu banyak antrean di setiap lapaknya. Untuk menyegarkan tenggorokan, jangan khawatir di sini ada banyak aneka minuman yang ditawarkan.

Lotis mangga oleh Annissa Saputri
Lotis mangga (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Menikmati Malam dari Ketinggian dengan Bianglala

Wahana bianglala oleh Annissa Saputri
Wahana bianglala (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Salah satu wahana yang jadi favorit adalah bianglala. Wahana ini selalu memiliki antrean yang panjang. Namun tenang saja, tak hanya satu namun ada banyak bianglala yang bisa kita naiki. Dengan tiket seharga Rp10.000 kita akan dibawa berputar dalam kabin berbentuk sangkar burung. Ketika di atas kita bisa merasakan dinginnya angin dengan pemandangan pasar malam dari ketinggian yang penuh dengan kerlap-kerlip lampu.

Dari atas bianglala oleh Annissa Saputri
Dari atas bianglala (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Uji Adrenaline dengan Wahana Seru

Wahana Kora-Kora oleh Annissa Saputri
Wahana Kora-Kora (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Selain bianglala ada wahana lain yang bisa Teman Traveler coba. Ingin yang lebih menantang kita bisa coba wahana seperti kora-kora, ombak banyu, jet coaster, dan kursi terbang. Untuk harga tiketnya cukup terjangkau, yaitu Rp10.000 per orang per wahana. Kora-kora sendiri menjadi wahana ekstrem yang banyak peminatnya. Di dalam wahana berbentuk kapal ini kita akan diombang-ambingkan di udara. Tak hanya itu ombak banyu pun selalu penuh oleh penumpang. Wahana ini cocok bagi Teman Traveler yang punya keberanian tinggi dan suka tantangan. Ada yang berani coba?

Wahana Ombak Banyu di Pasar Malam Sekaten oleh Annissa Saputri
Wahana Ombak Banyu di Pasar Malam Sekaten (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Pasar Malam Perayaan Sekaten memang memiliki daya tarik tersendiri. Perayaan ini selalu mengingatkan akan kenangan masa kecil kita. Jika ingin bernostalgia kembali, gelaran ini masih akan berlangsung hingga 19 November. Masih ada waktu untuk Teman Traveler rasakan keseruannya. Ada yang punya kenangan di sini?

Tags
Indonesia Jogja Travelingyuk wisata jogja Yogyakarta
Share