6 Pasar Makanan Paling TOP di Dunia

Advertisement

Traveler yang suka makan pasti tertarik dengan kegiatan ini. Berlibur sambil belanja makanan di pasar tradisional. Nyatanya kegiatan berburu makanan atau camilan khas di destinasi berlibur punya sensasi yang tidak kalah menyenangkan dibanding belanja pakaian. Nilai tambahnya adalah perut menjadi kenyang plus tahu aneka makanan yang tidak ada di kota asal traveler.

Baik di Indonesia maupun mancanegara pasti memiliki pasar makanan dan setidaknya di dunia ini ada 6 pasar makanan yang paling keren dan punya pilihan camilan yang lezat. Mana sajakah pasar-pasar tersebut? Berikut Travelingyuk rangkum dari detikTravel, 6 pasar makanan paling top di dunia untuk memuaskan wisata belanja traveler.

1. Ferry Plaza Farmers Market, Amerika Serikat

Biarpun liburanya ke Amerika tidak harus selalu melihat-lihat indahnya gedung-gedung pencakar langit. Sesekali traveler harus sedikit menepi dan membaur dengan penduduk setempat. Salah satu caranya adalah dengan mengunjungi pasar tradisionalnya. Seperti misalnya ketika traveler liburan di Kota San Francisco, Ferry Plaza Farmers wajib menjadi salah satu destinasi yang dikunjungi. Pasar makanan ini sudah ada sejak tahun 1993 dan berada persisi di depan salah satu landmark paling terkenal di kota tersebut yaitu Ferry Building.

Ferry Building adalah sebuah terminal yang menjadi tempat sandaran kapal ferry yang akan menyeberang teluk San Francisco. Di pasar ini traveler bisa membeli aneka makanan seperti buah segar dan juga beragam camilan penggugah selera. Beberapa camilan andalan yang paling banyak disukai traveler adalah wafel Belgia, bola-bola nasi ala Korea dan masih banyak lagi.

Ferry Plaza Farmers Market, via instagram
Ferry Plaza Farmers Market, via instagram

Farmer Market buka pada hari-hari tertentu saja yaitu hari Selasa, Kamis dan Sabtu dengan waktu yang berbeda-beda. Pada Selasa dan kamis pasar ini buka mulai pukul 10 pagi sedangkan pada hari Sabtu buka lebih awal yakni pukul 08 pagi waktu setempat. Jika pasar ini tutup traveler tetap bisa menemukan toko penjual makanan di bagian dalam Ferry Building.

2. Borough Market, Inggris

Traveler pecinta belanja dan pecinta makan wajib berkunjung ke Borough Market yang ada di London. Pasar ini sangat terkenal seantero Inggris dan menjadi salah satu jujugan wisata belanja san juga kuliner bagi wisatawan mancanegara. Bayangkan saja di pasar ini terdapat warung biasa hingga restoran kecil yang menjual buah, sayur dan juga makanan berat serta camilan lezat. Bukan hanya makanan asli Inggris yang bisa ditemukan di pasar ini namun makanan khas negara lain juga ada, pokoknya lengkap deh.

Borough Market, via instagram
Borough Market, via instagram

Kalau urusan kuliner yang paling laris di Borough Market adalah sandwich khas Spanyol yang dijual di toko Brindisa. Sandwich ini disebut-sebut paling lezat jadi jangan heran jika kamu akan menemukan antrean panjang saat mau beli makanan ini. Satu lagi yang perlu traveler ingat bahwa pasar paling terkenal di Inggris ini hampir setiap hari selalu ramai dan akan memasuki masa puncak saat akhir pekan khususnya hari Sabtu. Jadi lebih baik hindari hari itu jika mau mendapatkan suasana yang lebih sepi.

3. La Merced Market, Meksiko

Mau mencicipi camilan khas Meksiko berupa Quesadillas? Camilan ini merupakan tortila yang biasanya diisi dengan keju Oaxaca dengan campuran daging dan lain-lain. Mungkin traveler bisa menemukan makanan ini di negara lain yang memiliki warung makan khas Meksiko, tapi tidak ada makanan yang lebih enak selain dibeli di negaranya langsung. Untuk itu wajib hukumnya bagi traveler yang berlibur di negara ini untuk mampir ke La Merced Market.

La Merced Market, via instagram
La Merced Market, via instagram

La Merced Market bukanlah pusat belanja makanan dan camilan yang baru di Meksiko. Pasar ini terletak di dekat pusat sejarah Mexico City dan menjadi yang terbesar di negara tersebut dengan lebih dari 3 ribu vendor berjualan di kawasan tersebut. Kebanyakan barang dagangan yang dijual di pasar ini adalah buah, sayur, bumbu dan juga makanan khas serta camilan tradisional.

4. Queen Victoria Market, Australia

Pasar ini sangat bersejarah di Australia sebab telah ada sejak tahun 1887. Sehingga akan sangat berkesan jika traveler menyempatkan waktunya untuk berbelanja di sana. Adalah Queen Victoria Market, sebuah pasar yang terletak di Melbourne. Meski umur pasar ini tidak muda tapi tampilannya tidak ketinggalan zaman malah terkesan modern. Ada sekitar 1000 kios di kawasan pasar yang buka setiap hari kecuali Senin dan Rabu tersebut.

Queen Victoria Market, via instagram
Queen Victoria Market, via instagram

Pasar di Melbourne ini sangat luas dan banyak dikunjungi turis. Salah satu cara agar bisa berkeliling pasar secara penuh adalah dengan mengikuti paket tur dengan biaya sekitar Rp. 373 ribu. Traveler akan diajak berkeliling pasar secara utuh sekaligus bertanya-tanya dengan para pedagang dan mereka juga mendapatkan kesempatan untuk mencicipi berbagai jenis sampel makanan di lokasi. Kuliner lokasi bisa dengan mudah ditemukan di pasar tersebut tapi yang paling terkenal dan paling banyak dicari wisatawan adalah kuliner khas Turki, borek dan menu khas lainnya termasuk sandwich bratwurst dengan 5 macam pilihan mustar.

5. Tiong Bahru Market, Singapura

Buat traveler Indonesia bisa datang ke salah satu pasar terbaik di dunia tidak jauh dari negaranya. Cukup menyeberang ke Singapura dan berbelanja di Tiong Bahru Market. Pasar ini adalah tempat berkumpulnya menu khas Singapura yang lezat seperti nasi ayam, sup herbal, wonton mee dan chwee kueh.

Tiong Bahru Market, via instagram
Tiong Bahru Market, via instagram

Traveler dapat menjumpai pasar ini di alamat 30 Seng Poh Road, Singapura. Semua kios makanan berada di lantai 2 jadi langsung saja ke lokasi yang ditunjuk jika sudah tidak sabar berburu makanan khas. Tips dari traveler yang pernah datang ke Tiong Bahru Market menyarankan untuk mencicipi chwee kueh di kios nomor #02-05. Katanya kios ini menjual chwee kueh paling lezat di sana.

6. La Vucciria, Italia

Pasar yang terakhir ada di Italia dimana akan membawa setiap traveler merasakan ketradisionalan negeri Pizza. Adalah La Vucciria, pasar tradisional dengan konsep di ruang terbuka alias outdoor. Pasar ini terletak di Kota Palermo, Sicilia, Italia. Barang-barang yang dijual di sana beragam mulai dari produk herbal, suvenir dan yang pasti aneka macam makanan.

La Vucciria, via instagram
La Vucciria, via instagram

La Vucciria buka setiap hari Senin hingga Sabtu mulai fajar menyingsing hingga pukul 14.00 waktu setempat. Meski traveler bisa menemukan aneka makanan khas Italia dan negara-negara lain di pasar ini tapi ada satu jenis makanan yang tidak boleh terlewatkan yaitu sandwich isi limpa. hampir semua kios makanan menjualnya sehingga tinggal memilih salah satu saja untuk mencicipi hidangan ini. Wisata kuliner di pasar ini akan semakin berkesan jika traveler tutup dengan menikmati makanan di Shanghai Trattoria. Rumah makan berkonsep outdoor yang memungkinkan tamunya menyantap hidangan di atas balkon sambil menikmati pemandangan sekitar. Mantab!

Advertisement
Tags
Borough Market Ferry Plaza Farmers Market La Merced Market Pasar Makanan Queen Victoria Market Tiong Bahru Market
Share