Gili Kondo, Surga Tersembunyi di Timur Lombok

Advertisement

Salah besar jika menganggap Lombok hanya mempunyai Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air. Tiga Gili tersebut memang yang paling populer dan paling banyak dikunjungi wisatawan tetapi ada banyak gili lain yang keindahannya tidak kalah dari Tiga Gili tersebut. Salah satu yang perlu wisatawan sambangi adalah Gili Kondo.

Gili Kondo adalah satu dari 33 gili keren di pesisir timur Pulau Lombok. Sisi ini menag jarang dijelajahi wisatawan sehingga suasananya masih sepi dan lebih alami. Lokasinya berada di Selat Alas yang memisahkan Pulau Lombok dengan Sumbawa. Secara administratif Gili Kondo adalah wilayah dari kabupaten Lombok Timur, provinsi Nusa Tenggara Barat.

Gili Kondo, via instagram
Gili Kondo, via instagram

Berbeda dari Tiga Gili di sisi barat Pulau Lombok, Gili Kondo adalah pulau yang tidak berpenghuni dan digunakan sebagai konservasi terumbu karang. Pun demikian di dalam pulau kecil ini terdapat cottage yang diperuntukkan bagi wisatawan yang berkunjung dan mau menginap. Sayang banget jika ke Lombok tidak mampir ke pulau ini apalagi sebagian besar pantai pulau ini punya pasir putih yang berkilau.

Gili Kondo dilihat dari tengah laut, via instagram
Gili Kondo dilihat dari tengah laut, via instagram

Inilah beberapa hal keren yang bakal wisatawan dapatkan saat berkunjung ke Gili Kondo. Pertama saat berada di pesisir pantainya wisatawan bisa menyaksikan matahari terbenam di balik Gunung Rinjani. Hal keren kedua adalah, disekitar Gili Kondo terdapat gili-gili lain yang paling dekat adalah Gili Bedagan dan Gili Bidara, bahkan pada saat laut surut wisatawan bisa ke Gili Bidara dengan jalan kaki yang hanya terpisah jarak 500 meter.

Satu lagi kegiatan yang pantang dilewatkan saat di Gili Kondo yaitu snorkeling. Ada setidaknya 12-20 spot snorkeling di Gili Kondo. Wisatawan tinggal memilih yang paling disukai atau dicoba semuanya. Sebab semua spot snorkeling di pulau ini memang keren, bayangkan saja hanya di kedalaman 1-2 meter saja wisatawan sudah bisa menemukan gugusan terumbu karang cantik dan ikan-ikan warna-warni.

Alam bawah laut Gili Kondo, via instagram
Alam bawah laut Gili Kondo, via instagram

Lantas bagaimana cara menuju ke Gili Kondo? Pulau ini berada di tengah Selat Alas, untuk sampai ke sana wisatawan harus menyeberang menggunakan kapal dari Sambelia dengan jarak tempuh sekitar 20-30 menit. Sedangkan untuk sampai di Sambelia, wisatawan terlebih dahulu bisa start dari Mataram dengan naik transportasi darat selama 2-2,5 jam. Berikut peta Gili Kondo dilihat dari Google Map.

Advertisement
Tags
Gili Kondo Lombok Timur
Share