Pasar Beringharjo, Surganya Belanja Cerdas di Jogja

Jika Teman Traveler sedang liburan di Jogjakarta, jangan lewatkan berburu oleh-oleh murah di Pasar Beringharjo. Pasar tertua Jogja ini menjual beraneka macam barang, mulai dari tas, sepatu, hingga baju. Semua dibanderol dengan harga bersahabat.

Buat Teman Traveler yang masih bingung ingin mencari oleh-oleh apa untuk sanak keluarga di rumah, Pasar Beringharjo bisa jadi destinasi yang tepat. Daripada penasaran, yuk simak bersama ulasan lengkap beserta beberapa tips belanja di sana.

Tidak Jauh dari Malioboro

20190724_155955_UHM.jpg
Berada di sekitaran Malioboro (c) Anggraini/Travelingyuk

Pasar Beringharjo berada di Jalan Margo Mulyo, Kecamatan Gondomanan. Jika sedang berada di sekitar Malioboro, mampirlah ke sini karena lokasinya berada tepat di sisi timur. Sangat mudah dijangkau Teman Traveler, dijamin takkan nyasar.

Beringharjo buka mulai sekitar pukul 05.00 hingga 17.00. Luas kawasannya mencapai dua setengah hektar dan terdapat rata-rata 6.000 orang di dalamnya. Jumlah tersebut bakal naik menjadi 16.000 di akhir pekan. Dijamin suasananya bakal penuh sesak. Tapi jangan khawatir, Teman Traveler bakal masih bisa belanja dengan nyaman kok.

Pasar Tertua Jogja

20190724_160135_1iB.jpg
Pasar tertua (c) Anggraini/Travelingyuk

Beringharjo konon merupakan pasar tertua dan memiliki nilai historis serta filosofis tinggi. Namanya sendiri jika diartikan dalam Bahasa Jawa bermakna ‘hutan pohon beringin’. Diberi sebutan demikian karena keberadaan pasar diharapkan bisa memberi kesejahteraan bagi masyarakat Jogja.  

Pasar ini digunakan sebagai tempat jual beli sejak 1758 dan telah jadi salah satu ikon sekaligus destinasi wisata utama Jogjakarta. Liburan ke Kota Gudeg rasanya takkan lengkap jika belum mampir untuk membeli oleh-oleh di sini.

Jual Aneka Barang dan Makanan

20190724_160149_Di5.jpg
Tangga berjalan yang memudahkan konsumen (c) Anggraini/Travelingyuk

Pasar Beringharjo tawarkan beragam barang menarik dengan harga murah. Tak perlu rogoh kocek terlalu dalam. untuk mendapatkannya. Bisa banget jadi alternatif untuk mencari oleh-oleh buat kerabat di rumah.

Meski pasar ini tergolong tradisional, penataan Beringharjo bisa dibilang cukup apik. Tersedia eskalator alias tangga berjalan yang memudahkan gerak-gerik wisatawan saat berbelanja. Mirip seperti pasar swalayan modern ya?

Buat Teman Traveler yang ingin berburu batik, Beringharjo bisa jadi pilihan. Selain harganya murah, ada banyak alternatif kios penjual yang bisa dipilih.

Di sini Teman Traveler juga bisa menemukan beberapa benda unik macam koleksi kaset era 50-an yang sudah sulit ditemukan. Ada juga koleksi uang lama dari berbagai negara, serta aneka kerajinan logam. Jika perut sudah mulai lapar, jangan khawatir. Di sekitar sini ada banyak makanan serta jajanan tradisional untuk memanjakan perut kalian.

Tips Berbelanja Murah

20190724_160332_b2X.jpg
Deretan baju (c) Anggraini/Travelingyuk

Untuk mendapatkan harga murah di Beringharjo, ada beberapa tips khusus yang bisa Teman Traveler praktekkan. Pertama adalah gunakan bahasa Jawa. Gunanya untuk memberi kesan bahwa kalian adalah warga Jogjakarta, sehingga bisa mendapat penawaran harga lebih murah. Umumnya pedagang di sini akan memasang harga sedikit mahal bagi pengunjung luar kota maupun wisatawan.

Tips kedua adalah belanja saat toko akan tutup, sekitar pukul 16.00. Di momen seperti ini pedagang biasanya takkan segan memberi diskon besar. Hal sama juga berlaku ketika toko baru buka karena banyak pedagang menganggap pembeli pertama sebagai penglaris rejeki.

Berikutnya, jangan lupa untuk menawar hingga separuh harga. Jangan lebih dari itu karena Teman Traveler beresiko dimarahi oleh sang pedagang. Oh ya, kios di lantai dua biasanya menerapkan harga pas dan tidak bisa ditawar. Jadi jika malas menawar, kalian bisa langsung menuju sana.

Itulah beberapa fakta dan tips belanja di Pasar Beringharjo yang bisa Teman Traveler praktekkan. Jika sedang liburan di Jogja dan butuh tempat untuk berburu oleh-oleh murah, jangan lupa mampir ke sini ya.

Tags
Jogja Jogjakarta kontributor Travelingyuk wisata jogja Wisata Jogjakarta
Share