Pasar Apung Paling Fotogenik dan Menarik

Advertisement
Advertisement

Selain memiliki pasar tradisional biasa yang banyak bermunculan di kawasan desa. Indonesia masih memilih pasar apung yang beroperasi di beberapa sungai besar.  Menyediakan bahan makanan dan juga kuliner, tempat wisata ini juga unik dan cocok digunakan sebagai lokasi foto-foto. Berikut pasar apung paling fotogenik di Indonesia.

1. Pasar Terapung Muara Kuin, Kalimantan Selatan

Pasar Muara Kuin [via]
Pasar Terapung Mura Kuin adalah salah satu pasar paling terkenal di tahun 90-an. Kalau kamu pernah menyaksikan iklan dari salah satu TV Swasta pasti pernah liat nenek di atas perahu sedang jualan sayur dan buah. Ya, lokasi syuting iklan itu berlangsung di pasar apung Muara Kuin yang masih berjalan hingga sekarang.

Pasar Muara Kuin Kalimantan [via]
Pasar Muara Kuin merupakan pasar tradisional yang dijalankan sejak puluhan tahun yang lalu. Sebagian besar pedagang yang ada di sini menjual sayur dan buah-buahan yang dihasilkan oleh petani lokal. Di tempat ini kamu bisa berbelanja aneka sayuran atau makan di atas perahu.

Lokasi: sekitar Jalan Kuin Utara, Kuin Utara, Banjarmasin Utara, Kuin Utara, Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, kelurahan 70127, Indonesia

2. Pasar Terapung Lembang, Bandung

Pasar Apung Lembang [via]
Pasar Terapung Lembang sebenarnya bukan pasar tradisional seperti yang ada pada poin pertama. Pasar ini sengaja dikelola oleh pengembang untuk menambah daya tarik objek wisata Bandung dan menjembatani wisatawan yang ingin merasakan sensasi merasakan pasar apung tanpa jauh-jauh datang ke kawasan Kalimantan dan juga Sumatra.

Pasar Apung Lembang, Bandung [via]
Sebelum  memasuki kawasan ini, wisatawan diwajibkan untuk membayar tiket sekitar Rp10.000,00. Selanjutnya jika ingin membeli sesuatu, mereka harus menukarkan uang dengan uang kertas yang merupakan mata uang yang berlaku di sini.

Lokasi: Jalan Grand Hotel No. 33E, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391, Indonesia

3. Pasar Siring Piere Tendekan, Banjarmasin

Pasar Siring [via]
Pasar Siring Tendean adalah salah satu pasar tradisional yang banyak dikunjungi wisatawan di kawasan Banjarmasin. Mereka datang untuk menyaksikan aktivitas jual dan beli yang berjalan secara tradisional. Kamu bisa ikut beli makanan atau buah-buahan yang dijual oleh penduduk lokal.

Pasar Siring, Pierre Tendean [via]
Oh ya, sebelum dikembangkan dengan baik oleh pemerintah setempat, pasar ini sempat mengalami penurunan jumlah pengunjung. Pasar modern menjadi penyebab pasar ini tidak bisa berjalan dengan baik. Untungnya pasar tradisional ini dianggap aset besar sehingga promosi dan perbaikan terus dilakukan agar tidak hilang ditelan modernisasi.

Lokasi: Jl. Kapt Tendean No.20, Gadang, Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin, kelurahan 70122, Indonesia

4. Pasar Apung Nusantara, Batu

Pasar Apung Nusantara [via]
Tempat wisata Malang Raya ini seperti halnya pasar yang ada di Lembang. Pengelola sengaja membuatnya agar pengunjung yang datang bisa menikmati sensasi membeli makanan di atas perahu dan juga menikmati keindahan rumah-rumah tradisional yang dibangun di sekitaran aliran air buatan.

Pasar Apung Nusantara, Batu [via]
Pasar Apung Nusantara terletak di dalam Museum Angkut Batu. Pengunjung yang ingin menikmati pasar unik ini harus masuk ke dalam museum lalu membeli lagi tiket sekitar Rp10.000,00 untuk menikmati aliran air dan juga membeli makanan tradisional seperti nasi buk dari Madura, Srabi Solo, Bakso Pikul, dan masih banyak lagi.

Lokasi: Ps. Apung, Jl. Sultan Agung, Ngaglik, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65311, Indonesia

5. Pasar Lok Baitan – Kalimantan Selatan

Pasar Lok Baitan [via]
Pasar Lok Baitan di Kalimantan Selatan menjadi salah satu pasar paling unik yang wajib dikunjungi wisatawan. Di tempat ini, pengunjung tidak hanya akan merasakan sensasi beli buah dan sayur di atas kapal saja, tapi juga bisa berburu foto di atas perahu dan sekitarnya yang sangat indah.

Pasar Lok Baitan, Kalsel [via]
Waktu terbaik untuk mengunjungi pasar ini sekitar jam 6-7 pagi. Lebih siang lagi biasanya sudah tidak ada pedagang yang berjualan. Kalau pun ada, sangat sedikit sehingga sensasi pasar terapungnya tidak begitu terasa nyata. Kamu juga bakalan susah mendapatkan buah khas dari Kalimantan yang tidak bisa ditemui di daerah lain.

Lokasi: Jalan Sungai Martapura, Desa Sungai Tandipah, Kecamatan Sungai Tabuk, Sungai Tandipah, Sungai Tabuk, Banjar, kelurahan 70653, Indonesia


Inilah lima pasar apung yang tidak hanya menawarkan sensasi jual beli di atas sungai saja. Tapi juga tempat berburu foto yang cantik dan menarik.

Advertisement
Tags
floating market pasar apung
Share