Cicipi Paria Kambu Khas Makassar, Ubah Pahit Pare Jadi Gurih

Makassar adalah surganya makanan enak. Dari Coto Makassar yang kaya rempah dan bikin nggak bisa berhenti ngunyah, hingga segarnya es pisang ijo. Rasanya, belum puas jika tak merasakan masakan khas kota ini langsung dari asalnya. Ada lagi penganan yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Kota Daeng ini, yaitu paria kambu. Penasaran? Yuk simak ulasan berikut ini.

Kuliner Khas Bugis Makassar

Paria Kambu Kuah Santan via Instagram @maknyusbw

Makassar merupakan kota dengan penduduk dari berbagai etnis, salah satunya Suku Bugis. Tidak heran jika paria kambu begitu populer di Makassar. Paria atau biasa disebut pare, kambu dalam Bahasa Makassar artinya isi. Secara sederhana kuliner ini adalah pare isi daging, bisa ayam maupun ikan, lalu dimasak kuah santan. Pare Makassar ini bisa dijadikan lauk maupun sayur. Merupakan kuliner khas Bugis-Makassar yang selalu dinanti saat makan tiba.

Pengolahan yang Mengubah Pahit Menjadi Gurih

Paria Kambu khas Bugis Makassar
Paria Kambu khas Bugis Makassar via Instagram/@hestihhakim

Pare memiliki citarasa pahit, bisa dikatakan tidak banyak yang suka sayuran ini. Namun Teman Traveler harus coba dulu paria kambu olahan penduduk Bugis- Makassar. Bukan rasa pahit yang terasa, namun gurih dan sedap. Bumbu-bumbu yang digunakan dalam memasak inilah yang menyamarkan rasa pahit pare. Penggunaan santan sebagai kuah pun menambah rasa gurih. Selain itu, isian berupa daging ikan maupun ayam menambah kenikmatan dalam menyantap santapan enak ini.

Manfaatnya Untuk Tubuh

Paria Kambu
Paria Kambu via Instagram/waode_suryaningsih

Apakah Teman Traveler tahu bahwa sayur pahit ini memiliki khasiat yang baik bagi tubuh? Menurut laman alodokter.com, pare memiliki kandungan vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan folat. Sayur ini juga baik untuk pencernaan karena merupakan sumber serat. Selain itu, sayur yang memiliki tekstur bergelombang ini juga mengandung karbohidrat, namun rendah kalori dan hampir tidak mengandung lemak. Bisa dibilang tepat bagi yang ingin melakukan diet sehat. Tidak sampai di situ, pare juga diduga dapat mencegah pertumbuhan sel kanker.

Mudah Ditemukan di Makassar

Pare Makassar via Instagram @dapurbugis

Teman Traveler yang ingin menjajal citarasa khas paria kambu bisa melipir ke warung makan di Makassar. Bahkan ada pula warung yang khusus menjual khusus kuliner ini saja. Biasanya olahan pare satu ini dijadikan sebagai menu wajib saat bulan puasa, baik untuk sahur maupun buka.

Wah, jadi makin yakin kalau Makassar adalah surganya kuliner yang enak. Pastikan paria bambu masuk dalam daftar makanan yang wajib dicoba, ya. Bagaimana, apakah Teman Traveler termasuk pecinta pare?

Tags
Bugis Indonesia kuliner Makassar Paria Kambu Sulawesi Selatan
Share