Papua Nugini, Tetangga Indonesia yang Ternyata Indah!

Papua Nugini, salah satu negara yang berbatasan langsung dengan Indonesia selain Malaysia dan Timur Leste. Negara yang cantik ini terletak dibagian timur langsung berbatasan darat dengan Provinsi asal burung Cendrawasih. Meski berdekatan, nyatanya wilayah itu tak sepopuler Indonesia dengan destinasi wisata andalan. Pun tak seterkenal Raja Ampat atau Derawan, ternyata negara banyak pesona keindahan wisata Papua yang tak ada duanya loh. Penasaran?

1. Negara dengan Pantai Cantik yang Tak Terjamah

Negara dengan Pantai Cantik yang Tak Terjamah
Negara dengan Pantai Cantik yang Tak Terjamah [image source]
Indonesia boleh bangga dengan Raja Ampat hingga Derawan. Banyak tempat cantik nan eksotis yang dipuja banyak orang lantaran keindahan alamnya. Tak mau kalah dengan Indonesia, ternyata Papua Nugini juga memiliki banyak sekali tempat dengan pemandangan indah. Bahkan hampir semuanya masih alami dan tak banyak dikunjungi oleh wisatawan. Beberapa tempat yang menjadi tujuan wisatawan ini adalah Pantai Vanimo yang terletak di daerah utara Papua Nugini. Pantai cantik ini sendiri menjadi destinasi wisata favorit para peselancar karena memiliki ombak yang sangat besar dan indah.

2. Pemandangan Asik Gunung Berapi Khas Papua Nugini

Pemandangan Asik Gunung Berapi Khas Papua Nugini
Pemandangan Asik Gunung Berapi Khas Papua Nugini [image source]
Bukan hanya pantai, Papua Nugini juga memiliki daerah pegunungan nan eksotis. Di negara yang baru merdeka tahun 1975 tersebut  juga terdapat sebuah gunung cantik yang menjadi pemandangan langka. Mengapa langka? Karena tak semua wisatawan dapat melihat aktivitas dari Gunung berapi saat mengeluarkan larva cair yang mengalir dari puncaknya. Gunung aktif yang sering terdengar suara gemuruhnya itu bernama Gunung Ibu. Hingga saat ini, banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Papua Nugini tak pernah melewatkan keindahan dari Gunung Ibu.

3. Budaya yang Masih Murni Terjaga

 

Budaya yang Masih Murni Dijaga [image source]
Seperti masyarakat pedalaman di Papua, ternyata hampir semua warga Papua Nugini masih mempertahankan kebudayaan dari nenek moyang. Bahkan hanya sekitar 18 % persen saja masyarakat yang memutuskan tinggal di kota dan mengikuti pemerintahan negara. Selebihnya, mereka lebih memilih untuk menjalani aturan adat. Karena itu pula, banyak sekali wisatawan yang tertarik dengan budaya dari Papua Nugini. Jangankan soal budaya, bahasa sehari-hari yang digunakan oleh orang Papua Nugini juga masih bahasa turun temurun. Jika berkunjung ke Papua, kamu bakal melihat keunikan Papua yang memiliki lebih dari 820 bahasa pribumi yang digunakan. Keren!

4. Negara yang Jarang Dijelajahi

Negara yang Jarang Dijelajahi [image source]
Kendati memiliki keindahan alam yang tak ada duanya, ternyata jumlah wisatawan yang datang ke Papua Nugini sangat sedikit. Banyak dari mereka yang berpikir dua kali untuk memutuskan menjelajahi tanah Papua Nugini. Dari beberapa sumber, jumlah wisatawan yang datang ke negara tetangga Indonesia itu  hanya sejumlah 160 ribu turis per tahunnya. Jangankan turis asal luar, masyarakat Indonesia yang tempat tinggalnya hanya berbatasan darat dengan Papua Nugini saja jarang sekali masuk  ke negara tetangga tersebut. Tak heran jika Papua Nugini mendapatkan predikat sebagai negara yang jarang dijelajahi.

5. Kondisi Alam dan Letak Geografis

Kondisi Alam dan Letak Geografis [image source]
Bukan tanpa alasan jika banyak sekali wisatawan yang membatalkan kunjungan ke Papua Nugini. Alasannya karena kondisi alam dan letak geografis yang sangat susah ditempuh. Tak semaju Indonesia, Papua Nugini ternyata jauh ketinggalan soal perkembangan ekonomi, termasuk juga transportasi. Bukan lagi bebatuan, masih banyak jalan yang setapak yang digunakan oleh warga negara ini. Karena Fasilitas jalan yang terbatas ini, kebanyakan transportasi yang digunakan adalah pesawat. Tentu saja untuk muatan besar. Dari fasilitas yang tak menunjang tersebut, membuat banyak sekali wisatawan yang batal untuk pergi ke sini.

6. Amankah Papua Nugini Sebagai Tujuan Traveling?

Amankah Papua Nugini Sebagai Tujuan Traveling [image source]
Jika bertanya aman, mungkin banyak sekali yang menganggap bahwa Papua adalah negara menyeramkan. Dari fasilitas, tingkat kemiskinan hingga penyakit sangat jelas terlihat tak aman. Namun, bagi mereka yang hobi traveling menjelajah alam dan suka tantangan pasti akan percaya jika Papua Nugini aman untuk traveling. Untuk berjaga-jaga ketika berniat traveling ke Papua Nugini, lebih baik berkunjunglah ke tempat-tempat yang masih didiami oleh penduduk asli seperti Oro Fjord, Rondon Ridge, Sungai Sepik dan juga pantai Vamino. Meski sudah banyak wisatawan yang ada di sana, dijamin keindahannya masih terjaga hingga saat ini.

Nah, makin tertarik untuk traveling ke Papua Nugini kan?

Tags
maancanegara papua nugini wisata papua nugini
Share