Menantang Gulungan Ombak di Pantai Watu Karung Pacitan, Berani?

Rosita

Rosita

On Indonesia

Sebagai kabupaten di ujung barat Jawa Timur, Pacitan memiliki berbagai daya tarik wisata yang wajib dikunjungi. Dikenal dengan julukan Kabupaten 1001 Goa, wilayah ini menghadap langsung ke arah Samudera Hindia. Tak heran jika deretan pantai di sini rata-rata memiliki ombak besar. Salah satu yang wajib dikunjungi adalah Pantai Watu Karung.

Indahnya pemandangan garis pantai dari perbukitan (c) Rosita/Travelingyuk

Nama destinasi ini sudah tak asing lagi di telinga para pecinta olahraga selancar/ surfing. Ombak yang dihadirkan di sini konon sangat menantang dan sudah selevel dengan beberapa pantai lain di dunia.

Menghadap Samudera Hindia

Watu Karung saat sedang surut (c) Rosita/Travelingyuk

Pantai Watu Karung terletak di Desa Watukarung, Kecamatan Pringkulu, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Namanya boleh jadi tak setenar Klayar, yang juga berada di wilayah sama. Meski demikian, bagi para peselancar pantai ini sudah lumayan populer.

Bagaimana tidak, posisinya sangat strategis, langsung menghadap ke arah Samudera Hindia. Ombak bagus sangat mudah ditemukan di sini. Teman Traveler yang hobi berselancara jelas wajib berkunjung ke Desa Watukarung.

Hanya 60 Menit dari Pusat Kabupaten Pacitan

Pemandangan Watu Karung dari kawasan perbukitan sekitar (c) Rosita/Travelingyuk

Berangkat dari pusat Kabupaten Pacitan, hanya butuh waktu kurang lebih 60 menit untuk mengunjungi Pantai Watu Karung. Teman Traveler akan menempuh jarak sekitar 38 km. Selama perjalanan menuju wisata Pacitan ini, kalian melewati jalan berkelok-kelok, menanjak, dan juga menurun yang jadi khas daerah pegunungan. 

Ombak Kelas Dunia

Pemandangan sore di Watu Karung (c) Rosita/Travelingyuk

Seperti yang disebutkan sebelumnya Watu Karung dikenal dengan ombak besar dan jadi salah tujuan wajib bagi para pecinta surfing. Ombak yang dihasilkan di sini termasuk tipe reef break, sangat disukai peselancar. Amat menantang dan tidak bisa ditemui di semua pantai.

Namun selain selancar, ada kegiatan menarik lain yang bisa Teman Traveler lakukan di destinasi ramah kantong ini. Kalian bisa menyewa perahu nelayan dan bergerak ke spot-spot memancing. Jika tak ingin mengeluarkan biaya ekstra, silahkan menebar umpan di deretan tebing sekitar pantai. Namun sebaiknya selalu berhati-hati, karena ombak di sini cukup besar.

Spot Camping Asyik

Karang di tengah Watu karung (c) Rosita/Travelingyuk

Perbukitan dan sabana luas di Pantai Watu Karung bisa jadi tempat asyik untuk mendirikan tenda. Bagi Teman Traveler yang hobi kemping, pantai ini juga merupakan salah satu lokasi kemah favorit di Pacitan. Apalagi pemandangan matahari terbenam di sini juga sangat indah. Suasananya juga terasa syahdu, ditemani suara nyanyian ombak.

Jika tidak suka menginap di tenda, Teman Traveler tak perlu khawatir. Menemukan homestay di kawasan sekitar sini bukan hal sulit. Pilihannya juga beragam, tinggal menyesuaikan budget dan fasilitas.  

Siapapun pasti bakal betah berlama-lama Watu Karung. Bagian barat jadi kawasan populer di sini. Teman Traveler bisa bermain pasir dan air sepuasnya. Tanpa terasa, waktu akan berlalu begitu cepat. Bagaimana, kapan kalian berencana berkunjung ke sini?