Pantai Trikora, Wisata Bahari yang Mirip Lokasi Syuting Laskar Pelangi

Pulau Bintan yang berada di Kepulauan Riau merupakan salah satu destinasi yang tak pernah sepi pengunjung. Ini dikarenakan ada banyak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi. Salah satunya adalah Pantai Trikora yang sekilas mirip dengan lokasi syuting Film Laskar Pelangi. Kalau kalian ingin tahu lebih banyak, bisa simak ulasan berikut ini.

Miliki Garis Pantai Terpanjang di Bintan

pantai trikora
Memiliki garis pantai terpanjang di Bintan (c) Rosita/Travelingyuk

Pantai Trikora punya suatu kelebihan yang tak dimiliki wisata bahari lainnya. Yaitu memiliki garis pantai terpanjang sekitar 25 km. Oleh karenanya, pantai ini dibagi menjadi empat. Namun, para pengunjung lebih suka datang ke bagian tiga dan empat lantaran ada beberapa fasilitas yang tersedia.

Asal Usul Nama Trikora

Pantai Trikora
Ada dua versi asal usul nama (c) Rosita/Travelingyuk

Nama Trikora sendiri ternyata ada sejarahnya, namun ada dua versi menurut info setempat. Pertama, ada yang menyebut bahwa nama Trikora berasal dari sebutan three coral.

Sedangkan versi kedua, nama ini berhubungand dengan sejarah bangsa, yakni Tri Komando Rakyat. Konon, dulunya Pulau Bintan pernah dijadikan wilayah pertahanan terluar Indonesia pada saat masa pemerintahan Presiden Soekarno.

Karakteristiknya Mirip dengan Lokasi Syuting Laskar Pelangi

Mirip dengan lokasi syuting Laskar Pelangi (c) Rosita/Travelingyuk

Karakteristik Pantai Trikora sekilas memang mirip dengan lokasi syuting film Laskar Pelangi yang berada di Pulau Belitung. Perpaduan antara pasir putih dan bebatuan yang menjulang tinggi itulah yang jadi alasannya. Pemandangan seperti ini akan Teman Traveler temukan di pantai bagian 3 dan 4.

Lokasi Pantai Trikora

Lokasinya di Desa Malang Rapat (c) Rosita/Travelingyuk

Pantai satu ini berada di Desa Malang Rapat, Kecamatan Gunung Kijang, di Pulau Bintan. Demi mencapai wisata di Bintan ini, disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi ataupun menyewa. Butuh waktu sekitar 1 jam berkendara dari Bandara Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang untuk tiba di Pantai ini.

Itulah sekilas ulasan mengenai Pantai Trikora yang menjadi kebanggaan Pulau Bintan. Yuk segera realisasikan rencana liburan kalian ke sini. Ditunggu kedatangannya, ya.

Tags
Indonesia kepulauan riau kontributor Pantai Trikora Pulau Bintan Travelingyuk Wisata
Share