Pantai TPI Malang, Berbuka Sambil Dimanja View Abrasi

Jika Teman Traveler berkunjung ke Lumajang, cobalah menyambangi Pantai TPI Malang (Tempat Pelelangan Ikan) di Kecamatan Tempursari. Dengan hamparan pasir hitam, pantai ini menyuguhkan pemandangan indah. Paduan dengan laut dan pegunungan sekitar hasilkan nuansa berbeda.

Buka dengan Sajian Laut, Ditemani View Pantai

Cumi-cumi bumbu pedas (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk

Di tepi pantai Teman Traveler akan menemukan deretan tanaman hijau dan pohon cemara. Cocok buat kalian yang hobi berfoto-foto dengan nuansa alam.

Selain nikmati panorama indah, di sini Teman Traveler bisa menikmati aneka hidangan olahan laut dengan harga terjangkau. Rasanya sungguh nikmat, apalagi disantap langsung di tempat. Kalian bisa makan sembari menikmati view langsung ke arah laut.

Wisatawan berada di Pantai TPI (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk

Berbagai menu makanan laut seperti ikan bakar dan cumi-cumi pedas tersedia di sini. Pantai TPI Malang sendiri buka setiap hari, mulai pagi hingga sore. Namun memasuki masa Ramadan seperti sekarang, pengunjung biasanya lebih ramai datang di sore hari, menjelang waktu berbuka.

Sajian makanan di Pantai TPI (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk

Berbuka dengan sajian olahan laut plus aneka es jeruk segar atau kelapa muda tentunya membuat berbuka jadi makin nikmat. Sensasi kenikmatan tersebut bisa Teman Traveler rasakan di Pantai Tempat Pelelangan Ikan, bukan hanya sendiri melainkan ramai-ramai bersama rombongan. Tempat ini memiliki area cukup luas.

Fenomena Unik Abrasi di Pantai TPI Malang

Abrasi mengikis sejumlah rumah dan bangunan (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk

Hal lain yang membuat Pantai TPI Malang makin unik dan berbeda adalah sering terjadinya abrasi. Fenomena alam tersebut membuat sebagian pesisir pantai terkikis dan sejumlah bangunan rusak. Anehnya, pemandangan tersebut justru menjadi daya tarik tersendiri.

Sejumlah rumah dan tempat makan juga lumayan terdampak abrasi, sehingga sebagian terpaksa tutup. Namun jangan khawatir Teman Traveler, masih banyak kok kedai atau warung yang buka. Selain itu, sisa-sisa bangunan sekitar pantai juga menjadi daya tarik sendiri yang membuat tempat ini semakin unik.

Mudah Dijangkau dari Malang

Sisa bangunan terkena abrasi (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk

Pantai TPI bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun empat. Jika Teman Traveler berangkat dari arah Malang, langsung saja arahkan kendaraan ke Lumajang hingga menemukan petunjuk arah menuju Kecamatan Tempursari. Setelah itu, kalian tinggal lanjutkan perjalanan ke arah selatan hingga sampai di TPI.

Bagaimana, siap ngabuburit di tempat seindah Pantai TPI Malang? Mau ajak siapa saja, nih?

Tags
Indonesia Jawa Timur kontributor Malang Travelingyuk wisata malang
Share