Pantai Tapak Kera, Surga Kecil Tersembunyi di Tanah Lampung

Advertisement

Urusan panorama alam, Lampung menjadi juaranya. Dari ujung Utara hingga Selatan, area Lampung penuh dengan sajian panorama alam yang sangat memukau. Namun, masih banyak tempat wisata yang indah masih belum tergarap seperti penambahan fasilitas untuk kenyamanan pengunjung. Hingga banyak diantara destinasi wisata yang cukup tersembunyi dapat dibilang sangat perawan atau belum terjamah oleh banyak orang.

Pantai Tapak Kera dengan sajian bebatuan karang yang sangat menakjubkan
Pantai Tapak Kera dengan sajian bebatuan karang yang sangat menakjubkan. Foto via inews.id

Pantai Tapak Kara, adalah satud estinasi di Lampung yang menawarkan spot super indah dan memukau. Sajian wisata diarea pesisir pantai ini masih terbilang tersembunyi, terlebih karena akses menuju pantai ini sangat sulit dan tergolong ekstrim. Banyak area curam dan jalanan yang masih berbatu membuat pengunjung tak banyak yang berdatangan ke lokasi pantai Tapak Kera.

Akses Menuju Pantai Tapak Kera

Meski terbilang susah untuk dilaluinya, namun bagi traveler sejati rasanya wajib dicoba dan ini merupakan salah satu tantangan yang penuh dengan pengalaman tersendiri. Pantai Tapak Kera ini berlokasi di Dusun Kenjaru, Desa Merak Belatung, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan. Dari pusat kota Bandar Lampung dapat ditempuh perjalanan selama 2 jam perjalanan.

Jalan penuh dengan bebatuan karang yang sangat tajam sehingga perlu kewaspadaan ekstra
Jalan penuh dengan bebatuan karang yang sangat tajam sehingga perlu kewaspadaan ekstra. Foto via ayokelampung.com

Sesampai dipenitipan kendaraan kamu harus melakukan hiking selama kurang lebih 45 menit untuk dapat menikmati keindahan Pantai Tapak Kera. Pantai ini berada dibalik perbukitan karang yang cukup terjal sehingga perlu kewaspadaan penuh lantaran jalanan yang berbatu dan kadang mudah patah akibat karang yang tidak kuat untuk dipijak.

Sejarah Pantai Tapak Kera

Dari asal usul pesisir pantai Tapak Kera ini dulunya bernama Penapa Kekha yang memiliki arti kera sedang bertapa. Maklum saja, pantai ini dulunya sebagai tempat berkumpulnya para kera atau monyet hingga pengunjung enggan mengunjungi area pesisir pantai ini. Ketika air laut surut, para kera ini mulai memadati pasir dan bebatuan pantai untuk berjemur.

Bebatuan karang yang indah siap menjadikan spot latar belakang foto
Bebatuan karang yang indah siap menjadikan spot latar belakang foto. Foto via tripjalanjalan.com

Hingga waktu mengubah segalanya, kera-kera ini hilang entah kemana sampai detik ini pantai Tapak Kera tak ditemukan kera satupun. Sisi lain, banyak mitos yang bertebaran mengenai Pantai Tapak Kera salah satunya adalah siluman buaya, kini bisa diperkuat dengan adanya batu karang mirip dengan kepala buaya. Masyarakat juga menghimbau kepada traveler agar tetap berhati-hati untuk menjaga sikap dan ucapan ketika mengunjungi Pantai Tapak Kera.

Panorama Alam Pantai Tapak Kera

Karena sebagai Hidden gem pantas saja jika area pantai ini sangat bersih jauh dari polusi dan sampah. Untuk air launya pun sangat jernih, hingga membuat gradasi warna dari putih, hijau sampai kebiruan. Sisi lain terdapat bebatuan karang menjadikan pantai ini sangat eksotis. Batuan karang ini dapat kamu temui diberbagai ukuran. Bentuknya pun juga sangat alami.

Spot terbaik untuk berenang ketika air laut pantai Tapak Kera sedang surut
Spot terbaik untuk berenang ketika air laut pantai Tapak Kera sedang surut. Foto via jelajahnesia.com

Selain itu kamu dapat berenang menikmati segarnya air laut, namun kamu dapat berenang ketika air laut sedang surut. Bila air laut pasang, bersabarlah untuk tidak berenang karena ombak lautan ini cukup besar dan sangat berbahaya bagi kamu berenang akan potensi bertabrakannya tubuhmu dengan karang.

Spot Indah di Pantai Tapak Karang

Sajian sunset di Pantai Tapak Kera yang sangat menakjubkan
Sajian sunset di Pantai Tapak Kera yang sangat menakjubkan. Foto via jadesta.com

Berbagai spot menarik bisa kamu jadikan latar belakang foto seperti bebatuan karang yang eksotis, juga suasana sunset sore hari yang sangat memukau. Sajian sinar matahari sore hari yang menguning membuat suasana semakin syahdu dan romantis. Banyak sekali muda-mudi menghabiskan sore harinya diarea bebatuan karang Pantai Takap Kera.

Advertisement
Tags
wisata alam Indonesia wisata lampung wisata nusantara wisata pantai
Share