Dermaga 2 Pantai Tanjung Luar, Wisata Baru di Lombok Timur yang Memanjakan Mata

Advertisement

Lombok Timur memiliki berbagai tempat wisata yang mencuri perhatian. Salah satunya Pantai Pink dengan keindahan pasir bersih berwarna merah mudah. Tak hanya itu, di Desa Tanjung Luar, Kecamatan Keruak juga terdapat sebuah destinasi wisata Lombok yang baru dikenali wisatawan. Namanya Dermaga 2 Pantai Tanjung Luar yang pesonanya bakal memanjakan mata. Seperti apa keindahannya? Berikut ulasannya dari Kontributor Travelingyuk, Sidik Al-Anshori

1. Berawal dari Dermaga yang Mangkrak

Dermaga 2 Tanjung Luar sumber: Bambang Ali Akbar
Dermaga 2 Tanjung Luar via Instagram.com/milacece44/

Awalnya, Pantai Tanjung Luar merupakan perkampungan nelayan biasa. Namanya dikenal karena sebagai penghasil cumi terbesar di Lombok Timur. Kemudian, dibangunlah dermaga 2 untuk kebutuhan transportasi barang untuk menunjang dermaga sebelumnya. Namun proyek pembangunan tersebut tiba-tiba mangkrak tanpa kejelasan. Melihat situasi tersebut, kelompok sadar wisata setempat yang bernama Pokdarwis Tanjoh pun berinisiatif memanfaatkan dan menyulap areal dermaga tersebut. Dari yang awalnya tak terurus di jadikan tempat wisata yang berhasil mencuri perhatian anak muda di Lombok Timur.

2. Fasilitas yang Disediakan di Sekitar Dermaga

Spot selfie yang mencuri perhatian
Spot selfie yang mencuri perhatian (c)Bambang Ali Akbar/Travelingyuk

Di sini juga sudah disediakan spot selfie yang bisa Teman Traveler gunakan untuk berfoto. Pokdariws setempat telah menambahkan ornamen serta berbagai jenis hiasan menarik yang bisa dijadikan untuk berfoto dengan latar lautan Pantai Tanjung. Di sini pula terdapat banyak warung yang menyediakan kuliner seperti ikan bakar dan lain sebagainya.

Spot selfie Pantai Tanjung Luar
Spot selfie Pantai Tanjung Luar (c)Bambang Ali Akbar/Travelingyuk

3. Akses Penyeberangan Menuju Pantai Pink dan Gili Pasir

Gili Pasir. sumber: instagram @keculet
Gili Pasir via Instagram.com/cv.janjalanlombok

Selain jelajah dermaga, ada banyak hal menarik yang dapat dilakukan di sini. Seperti berkunjung ke Pantai Pink dan Gili Pasir. Selain jalur darat, Teman Traveler bisa menggunakan jalur laut dengan menyewa jasa perahu yang ada di Dermaga 2 Pantai Tanjung Luar. Sebelum sampai di Pantai Pink, Teman Traveler akan diajak mampir di Gili Pasir yaitu sebuah pulau kecil unik yang hanya terdapat pasir dan dapat ditemukan ketika air laut surut.

4. Masyarakat yang Sadar dan Peduli Lingkungan

Pemanfaatan sampah plastik oleh pemuda setempat. sumber: foto milik sendiri
Pemanfaatan sampah plastik oleh pemuda setempat via Instagram.com/seamadeproducts

Selain sadar terhadap pariwisata, masyarakat desa Tanjung Luar yang 80% merupakan penduduk Suku Bajo juga peduli terhadap lingkungan. Hal tersebut dapat dilihat dari kegiatan yang dilakukan oleh pemuda dan masyarakat setempat untuk mengurangi sampah plastik di pantai. Kegiatan tersebut berupa sosialisasi kepada pelajar dan masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan pantai serta sosialisasi mengenai pemanfaatan sampah plastik dengan metode Ecobrick.

Itu tadi ulasan tentang Dermaga 2 Pantai Tanjung Luar. Walaupun tergolong baru, tempat ini sudah menjadi favorit di Lombok Timur. Tertarik untuk berkunjung? Jangan lupa ajak teman atau pasangan ya untuk jelajah wisata Lombok satu ini.

Advertisement
Tags
Indonesia Lombok Timur Nusa Tenggara Barat Travelingyuk wisata lombok
Share