Spot Sunset Terbaik di Kalimantan Barat yang Benar-benar Memikat

Banyak industri pertambangan tumbuh dan berkembang di Pulau Kalimantan. Hal serupa juga terdapat di Kalimantan Barat. Namun bukan berarti provinsi ini tak memiliki lokasi yang menarik untuk menjadi destinasi wisata. Beberapa daerah pesisirnya tetap menarik untuk dikunjungi. Seperti empat lokasi berikut, di mana kamu dapat menghabiskan sore dan melihat sunset yang indah.

1. Pantai Tanjung Batu

Pesisir Pantai Tanjung Batu [image source]
Pantai Tanjung Batu berada di Kecamatan Matan Hilir Selatan, Kabupaten Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat. Jarak destinasi ini dengan pusat Kota Ketapang berjarak sekitar 60 kilometer. Pemandangan dari pantai ini juga sangat indah, terlebih lagi saat sunset. Salah satu ciri khas pemandangan di sini ialah bebatuan yang terhampar sepanjang pantai.

Sunset di Pantai Tanjung Batu [image source]

2. Dermaga Camar Bulan

Pantai Camar Bulan [image source]
Di sini kamu bisa menikmati indahnya matahari terbenam di dermaga panjang yang terletak di Dusun Camar Bulan. Selain pantai dan dermaganya, Camar Bulan juga menjadi pusat konservasi penyu terpanjang di Indonesia. Panjangnya 63 km dari total 90 km garis Pantai Temajuk. Nelayan yang sedang memanen ubur-ubur juga dapat menjadi pemandangan yang menarik.

Dermaga Camar Bulan [image source]

3. Pantai Pagar Mentimun

Pantai Pagar Mentimun [image source]
Pantai Pagar Mentimun terletak di Dusun Pagar Mentimun, Desa Sei. Vegetasi di kawasan ini juga termasuk unik, pesisirnya ditumbuhi dengan pepohonan pinus. Sunset di Pantai Pagar Mentimun memiliki panorama yang indah karena surya tenggelam tanpa terhalang apapun.

Sunset di Pantai Pagar Mentimun [image source]

4. Pantai Tanjung Bajau

Pantai Tanjung Bajau dari atas Bukit [image source]
Di Tanjung Bajau kamu dapat menikmati dua perpaduan keindahan antara laut dan pegunungan. Banyak aktivitas yang dapat dilakukan di sini. Seperti menjelajah pantai, berkeliling di Jungle Track, memberi makan satwa, hingga menanti sunset. Kawasan Tanjung Bajau hanya berjarak sekitar 20 kilometer dari pusat Kota Singkawang.

Tepi pantai dengan bebatuan [image source]
Walaupun banyak terdapat industri dan pertambangan, bukan berarti kamu tidak bisa menemukan keindahan dan destinasi wisata. Menurutmu provinsi mana di Kalimantan yang paling menarik untuk dijelajahi?

Tags
Indonesia Kalimantan Barat Wisata
Share