Pantai Plengkung Banyuwangi, Surga Bagi Penghobi Selancar

Advertisement

Banyuwangi merupakan salah satu wilayah kota di ujung Timur Pulau Jawa. Daerah ini dikenal dengan pelabuhan Ketapang yang merupakan titik penyeberangan dari pulau Jawa ke pulau Bali salah satu destinasi wisata populer nusantara. Tak hanya Bali, Banyuwangi juga mulai terangkat akan pariwisatanya membuat daerah ini dilirik banyak pelancong nusantara hingga mancanegara, salah satunya adalah pantai Plengkung.

Pantai Plengkung menjadi tempat peselancar. Foto via Tempatwisataunik.com

Pantai Plengkung terkenal sebutan G-land berada alam area Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi menjadi tempat liburan yang menarik di ujung Timur Pulau Jawa. Pantai ini menyimpan banyak anekaragaman habitatnya dan terkenal dengan ombak besar dengan ketinggian 4 sampai 8 meter dengan panjang hingga 3 kilometer menjadi tujuan utama bagi mereka yang doyan selancar.

ombak Pantai Plengkung dengan pasir putihnya yang indah. Foto via kilat.com

Disebut sebagai G-Land adalah sebutan ombak besar di pantai Plengkung yang dahsyat. Sisi lain banyak yang menyebutkan jika pantai ini berbentuk melengkung mirip huruf G. Pantai ini tepat bersebelahan dengan alas Purwo, konon alas ini banyak yang mengatakan angker atau menjadi salah satu tempat untuk ritual masyarakat Jawa kuno. Hutan tropis nan lebat hingga banyak ditumbuhi lumut pada batang batang pohon membuat kawasan hutan ini terjaga dengan baik. Sisi lain alas ini menyuguhkan pemandangan hutan bambu yang terdapat di daerah sekitar tepi pantai.

pasir pantai yang begitu bersih dan menawan. Foto via asliindonesia.com

Kala pagi hari, pesona matahari pagi serta aroma udara khas hutan tropis yang segar disertai kehangatan matahari tampak begitu indah. Sorotan cahaya yang menembus pepohonan memberikan keindahan tersendiri bagi pengunjung hingga rasa nyaman dan tenang begitu terasa. Tak jauh dari hutan, terdapat sebuah bangunan camp menginap bagi para wisatawan asing yang datang untuk menikmati ombak Pantai Plengkung untuk berselancar. Di camp penginapan ini menjadi salah satu camp mereka untuk beristirahat dan menginap.

Pantai Plengkung ketika surut. Foto via liputan6.com

Saat surut pantai Plengkung ini menampakkan bebatuan karang yang begitu artistik dan menjadi pemandangan tersendiri dan unik. Tak hanya itu, habitat hewan laut bisa kamu lihat dan bersembunyi dibalik batuan karang ini. Untuk menuju lokasi kawasan Pantai Plengkung teman traveler bisa masuk dari pintu gerbang utama Taman Nasional Alas Purwo lalu di lanjut ke kawasan Camping Ground Pancur yang terdapat di dalam area lokasi Taman Nasional Alas Purwo.

Advertisement
Tags
wisata alam Indonesia wisata bahari wisata banyuwangi wisata nusantara wisata pantai
Share