Pantai Pelangi Jogja, Melihat Langsung Para Tukik yang Lucu

Teman Traveler tentu sudah tak asing dengan Pantai Parangtritis, Parangkusumo, Depok, maupun Gumuk Pasir. Deretan objek wisata Jogjakarta tersebut kerap jadi favorit wisatawan. Nah, belum lama ini ada destinasi anyar yang bisa kalian kunjungi di dekat sana. Namanya Pantai Pelangi.

Di Pantai Pelangi, Teman Traveler bisa menikmati pemandangan sekitar sekaligus berkenalan dengan tukik alias anak penyu. Seperti apa serunya? Yuk, simak pengalaman saya berikut ini.

Tak Jauh dari Parangtritis dan Gumuk Pasir

Petunjuk arah konservasi penyu (c) Gallant Tsany/Travelingyuk

Pantai Pelangi berada di sebelah timur Pantai Depok. Mulanya dibuka sebagai bagian dari pemekaran Parangtritis agar wisatawan tidak terlalu menumpuk. Kawasan populer tersebut memang bisa dibilang cukup overload, terutama di momen liburan.

Namun nyatanya, Pantai Pelangi masih relatif sepi. Padahal kawasan yang dibuka sejak 2009 ini berada tak jauh dari sederet lokasi wisata favorit seperti Parangtritis dan Gumuk Pasir.

Bibir Pantai Landai

Suasana sore di Pantai Pelangi (c) Gallant Tsany/Travelingyuk

Berbeda dengan tetangganya, Pantai Depok, bibir Pantai Pelangi justru landai. Sangat cocok buat Teman Traveler yang ingin bermain air. Namun tetap berhati-hati ya, mengingat ombak di sini cukup besar. Apalagi di kawasan sekitar belum ada regu SAR sebagai pengawas.

Tenang, Sempurna untuk nikmati Sunset

Panorama ketika sunset (c) Gallant Tsany/Travelingyuk

Seperti sudah disebut sebelumnya, hingga kini Pantai Pelangi belum terlalu terkenal. Padahal petunjuk arah menuju tempat ini cukup jelas. Di bagian depan sebelum tempat parkir, ada tulisan ‘Pantai Pelangi’ berukuran cukup besar. Namun ketika saya berkunjung, hanya ada kurang dari 10 orang di tempat ini.

Sepertinya sebagian wisatawan masih penasaran ingin membuktikan keindahan Parangtritis atau berburu foto apik di sekitaran Gumuk Pasir. Namun bukan berarti pantai satu ini tidak menarik lho.

Lantaran belum terlalu populer, suasana di sekitar sini relatif sepi. Bagi Teman Traveler yang ingin nikmati suasana pantai tanpa gangguan banyak orang, lokasi ini sungguh sempurna. Lingkungan di sini juga bersih, bebas dari sampah non-organik.

Tempat Penangkaran dan Pelepasan Tukik

Area penetasan telur alami (c) Gallant Tsany/Travelingyuk

Daya tarik lain pantai ini adalah keberadaan penangkaran penyu. Pada waktu-waktu tertentu, penyu akan naik ke daratan dan bertelur di sekitar sini. Penyu-penyu tersebut dulunya lahir di penangkaran, sebelum akhirnya dilepas ke lautan.

Tukik dalam konservasi (c) Gallant Tsany/Travelingyuk

Telur yang ditinggalkan para penyu di sekitar Pantai Pelangi dulunya sering diburu hewan pemangsa dan manusia, sebelum akhirnya tim konservasi mendirikan lokasi penetasan tukik alias anak penyu.

Tempatnya memang tidak cukup besar, namun cukup untuk menampung semuanya. Begitu para tukik menetas dan sudah cukup dewasa, mereka akan dilepas kembali ke lautan.

Tukik yang baru menetas (c) Gallant Tsany/Travelingyuk

Meski tak ada jaminan semua tukik tersebut selamat dan kembali pulang, setidaknya usaha dari tim konservasi sudah meningkatkan populasi penyu yang sempat menurun. Acara pelepasan tukik sudah jadi agenda tahunan di sini. Teman Traveler pun boleh ikut serta jika ingin, menarik bukan?

Sunset dengan suasana syahdu (c) Gallant Tsany/Travelingyuk

Itulah sedikit pengalaman saya jalan-jalan ke Pantai Pelangi dan menyapa langsung para tukik. Benar-benar sebuah pengalaman liburan yang unik dan tak terlupakan. Teman Traveler wajib coba, terutama jika sedang jalan-jalan di Jogjakarta. Selamat berakhir pekan!

Tags
Jogja Jogjakarta kontributor Travelingyuk wisata jogja Wisata Jogjakarta
Share