Pantai Papuma, Keindahan Alam Jember yang Abadi

Anggi Paramita

Anggi Paramita

On Indonesia
Pantai Papuma Pantai Papuma

Jember merupakan kota terbesar ke-3 di Provinsi Jawa Timur, setelah Surabaya dan Malang. Dengan wilayah yang sedemikian luas, kota ini memiliki banyak potensi wisata yang bisa diangkat. Mulai dari deretan pantai selatan yang indah, dataran tinggi dengan hawa sejuk, hingga ratusan bukit yang sayang dilewatkan, Jember menawarkan banyak pesona menawan. Salah satu yang wajib dikunjungi adalah Pantai Papuma.

Akses Menuju Jember

Teman Traveler yang ingin mengunjungi Jember bisa memilih dua alternatif transportasi. Untuk jalur darat bisa menggunakan Bus Patas, Bus Ekonomi, travel antar, maupun kereta api. Sementara bagi yang nyaman dengan perjalanan udara, bisa menumpang maskapai favorit dan turun di Bandara Noto Hadinegoro.   

Pantai Berombak Besar

Panorama senja di sekitar pantai (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Salah satu pantai paling terkenal di Jember adalah Papuma. Destinasi ini sebenarnya bernama Pantai Putih Malikan. Namun dirasa terlalu panjang hingga akhirnya disingkat Papuma dan terus populer hingga kini.

Papuma sendiri merupakan salah satu dari rangkaian pantai di laut selatan di Jawa Timur. Ombaknya cenderung besar, namun menawarkan keindahan luar biasa indah.   

Akses Mudah dan Murah

Hutan Jati, bakal dilewati sebelum sampai di Papuma (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Berada di Kecamatan Wuluhan, akses menuju Papuma sangat mudah. Teman Traveler bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Kalian bakal menempuh jarak sekitar 35 km dari pusat Kota Jember, dengan perjalanan kira-kira selama satu setengah jam.

Memasuki akhir pekan atau musim liburan, biasanya ada bus wisata khusus dari Jember menuju Papuma dan destinasi lainnya. Tarifnya dibandrol mulai Rp65.000 per orang plus fasilitas one day tour.

Tiket masuk wisata Jember ini juga cukup murah. Teman Traveler hanya perlu mengeluarkan Rp17.500 per orang saat masa liburan. Cukup terjangkau bukan?

Berenang dan Snorkeling

Pantai Papuma (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Banyak aktivitas seru bisa dilakukan di Pantai Papuma. Fasilitasnya pun cukup memadai, mulai dari parkir luas, penginapan sederhana, tempat ibadah, toilet, warung seafood, hingga penyewaan perahu nelayan.

Teman Traveler juga bisa berenang dan snorkeling di sini. Tetapi wajib hati-hati ya. Semua harus dilakukan dengan pengawasan petugas. Patuhi arahan mereka untuk menghindari kawasan tertentu. Jangan sampai ngotot berenang jika sudah mendapat peringatan datangnya gelombang besar.

Wisata Perahu

Perahu nelayan di Papuma, (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Penduduk sekitar Papuma banyak yang bekerja sebagai nelayan. Jika datang ke sini pagi hari, Teman Traveler bisa melihat rombongan nelayan yang baru pulang menangkap ikan. Deretan perahu aneka warna berlabuh rapi di pinggir pantai.

Beberapa penduduk juga menyediakan perahu sewaan bagi pengunjung yang ingin menjelajah perairan sekitar Papuma. Teman Traveler jangan sampai melewatkan kesempatan ini karena ada banyak gugusan karang menarik yang bisa kalian saksikan.

Kemping dan Outbond

Papuma juga sering digunakan untuk aktivitas kemping dan outbound oleh komunitas pecinta alam, anak muda, maupun keluarga yang ingin mengadakan acara kumpul-kumpul. Selain lahannya cukup luas, ada banyak gazebo yang bisa digunakan untuk beristirahat. Ditambah lagi rimbunan pohon menjaga udara tetap terasa sejuk meski di siang hari.

Berburu Foto

Deretan batu berwarna biru di Papuma (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Papuma juga bisa jadi tempat pas untuk berburu foto-foto apik. Teman Traveler yang hobi fotografi bisa datang ke sini untuk mengabadikan momen sunrise dengan latar belakang batu karang tinggi menjulang. Jangan lewatkan panorama matahari terbenam yang tak kalah mempesona.

Sunset di Papuma (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Ada banyak sudut indah yang bisa Teman Traveler eksplor di Pantai Papuma. Tak heran jika destinasi juga kerap dipilih sebagai lokasi sesi foto pre-wedding.

Mencicipi Kuliner Lokal

Teman Traveler bisa menemukan banyak penjual hidangan seafood di sekitar Pantai Papuma. Salah satu yang paling diminati adalah seafood bakar dengan sambal terasi. Aromanya saja sudah benar-benar menggoda selera.

Mulai dari cumi, udang, hingga ikan laut, semua disajikan dalam kondisi fresh dan tersedia dalam berbagai ukuran. Apalagi disantap sembari nikmati es kelapa muda, sangat cocok menemani suasana santai di tengah teriknya sinar matahari sekitar pantai.

Itulah beberapa keseruan dan keindahan yang bisa Teman Traveler nikmati di kawasan Pantai Papuma. Jadi bagaimana, adakah di antara kalian yang tertarik menghabiskan liburan di sini dalam waktu dekat?