Pantai Panjang, Pesona Indah di Sudut Bengkulu

Diapit Samudra Hindia dan Pasifik, Indonesia punya banyak wisata pantai dengan panorama memukau. Semua suguhkan pemandangan indah, tepat menghadap dua lautan luas tersebut. Salah satunya adalah Pantai Panjang, sudut elok yang sudah tak asing bagi warga Bengkulu.

Nama yang Unik

pantai_panjang_3_Fl9.jpg
Suasana sekitar pantai (c) Leonardo Gilang/Travelingyuk

Sepintas mendengar, Teman Traveler mungkin menganggap nama Pantai Panjang lumayan unik. Namun, nama tersebut tak muncul sembarangan lho. Sebutan tersebut diberikan lantaran destinasi ini memiliki garis pantai mencapai tujuh kilometer, dengan lebar pantai sekitar 500 meter.

Di sekitarnya sama sekali tidak ada karang, sehingga ketika air pasang hamparan pasirnya menjadi sangat luas. Benar-benar luar biasa, bukan?

Mudah Dijangkau

pantai_panjang_4_xfy.jpg
Senja di sekitar pantai (c) Leonardo Gilang/Travelingyuk

Pantai Panjang bisa dibilang punya lokasi strategis sehingga tak heran tempatnya selalu dipadati wisatawan. Fasilitas yang tersedia juga lumayan lengkap. Di sekitarnya pun terdapat banyak penginapan, cocok buat Teman Traveler yang ingin habiskan waktu lebih lama di sini.

Jarak pantai dari pusat kota hanya sekitar tiga kilometer, bisa Teman Traveler tempuh dalam perjalanan kurang lebih 15 menit. Begitu sampai, kalian bakal disambut pesona indah hamparan pasir luas. Berpadu apik dengan lautan biru. Sungguh sangat memukau.

Asyik untuk Bermain dan Berenang

pantai_panjang_5_X5X.jpg
Pantai ini punya hamparan pasir luas (c) Leonardo Gilang/Travelingyuk

Satu hal yang bikin pantai ini istimewa adalah hamparan pasirnya bakal terlihat makin luas saat air laut surut. Selain itu, di sekitarnya Teman Traveler juga bisa menemukan deretan pepohonan hijau. Paduan kedua pesona alam ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang menyempatkan mampir.

pantai_panjang_6_umE.jpg
Panorama keren di tiap sudut (c) Leonardo Gilang/Travelingyuk

Di sini Teman Traveler bisa mandi atau bermain air sepuasnya. Ingin bersantai pun bisa karena udara di sekitar pantai sangat menyegarkan. Semilir anginnya terasa sejuk lantaran jauh dari area industri. Di kejauhan kalian bisa melihat deretan pohon pinus yang bikin panorama sekitar makin eksotis.

Hamparan pasir di pantai ini juga terasa halus. Takkan membuat telapak kaki Teman Traveler sakit ketika melintas di atasnya. Tak heran jika area sekitar sini juga kerap dimanfaatkan warga maupun wisatawan untuk jogging di sore hari.

Menanti Senja Maupun Kemah Juga Oke

pantai_panjang_7_Qif.jpg
Panorama senja (c) Leonardo Gilang/Travelingyuk

Waktu terbaik mengunjungi Pantai Panjang adalah sore hari, sebab cuacanya tidak terlalu panas. Teman Traveler juga bisa menghabiskan waktu sembari menanti indahnya momen senja. Jika berminat merasakan suasana pantai di malam hari, pengunjung juga diperbolehkan mendirikan tenda di tempat yang sudah tersedia.

Berjemur dan Bersantai

pantai_panjang_8_CUl.jpg
Deretan gazebo untuk istirahat di pinggiran pantai (c) Leonardo Gilang/Travelingyuk

Kebanyakan wisatawan yang mampir ke sini menghabiskan waktunya untuk berjemur. Teman Traveler bisa memanfaatkan fasilitas sun bed plus payung yang sudah disediakan pengelola di kawasan pesisir. Sambil rebahan, kalian bisa merasakan hangatnya belaian sinar mentari. Bakal sangat efektif untuk melepas penat usai menjalani kesibukan sepanjang pekan.

Momen mentari terbenam alias sunset juga jadi sesuatu yang paling dinanti-nanti. Pemandangan senja di pantai ini memang terkenal sangat indah. Menjelang matahari tenggelam di balik cakrawala, lautan bakal memantulkan cahaya perak keemasan. Benar-benar amat memukau.

pantai_panjang_10_viS.jpg
Momen sunset yang selalu dinanti pengunjung (c) Leonardo Gilang/Travelingyuk
pantai_panjang_11_LQc.jpg
Wisatawan menikmati matahari terbenam (c) Leonardo Gilang/Travelingyuk

Sarana di sekitar pantai juga sudah cukup memadai. Selain penginapan, Teman Traveler juga akan menemukan kolam renang, mini market, kios penjual pulsa, penjual cendera mata, dan masih banyak lagi. Sangat pas dijadikan destinasi liburan bersama keluarga maupun sahabat di akhir pekan.

Itulah sedikit pengalaman saya liburan di Pantai Panjang. Buat Teman Traveler yang sedang keliling wisata Bengkulu, jangan lupa mampir ya. Bagaimana, mau ajak siapa untuk berjemur di pantai ini?

Tags
Bengkulu kontributor pantai panjang Travelingyuk wisata bengkulu
Share