10 Pantai di Jogja, Secuil Pesona Alam Daerah Istimewa yang Bikin Malas Pulang

Advertisement

Jogja memang istimewa. Selain kulinernya yang juara, wisata Jogja juga memiliki keindahan yang bikin malas pulang. Jika ingin menikmati pesona alam Daerah Istimewa Yogyakarta, Parangtritis bukan satu-satunya, lho. Nah berikut adalah daftar 10 pantai di Jogja yang wajib masuk daftar destinasi untuk liburanmu selanjutnya.

1. Pantai Ngetun

Perbukitan Pantai Ngetun Via Instagram @pesonajogja

Terletak di daerah Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Pantai Ngetun memiliki bukit Indah yang bisa jadi spot foto yang bagus. Dengan pemandangan perbukitan dan laut lepas yang sangat megah, Teman Traveler bisa bermain di bebatuan yang berada di bibir pantai.

Pantai Ngetun sendiri memiliki bibir pantai yang tidak begitu besar, namun dihalangi oleh dinding perbukitan yang membuat pantai ini terasa istimewa. Ditambah lagi, masih belum banyak yang tahu tentang pantai di Jogja satu ini. Serasa di pantai milik pribadi, ya.

Pemandangan Pantai Ngetun via Instagram @bocahpedalaman

Saat berkunjung ke Ngetum, jangan lupa untuk mendaki tebing yang jadi pembatas pantai. Merupakan titik yang sempurna untuk mendapat foto pemandangan berupa ombak, perbukitan, serta bibir pantai dalam satu frame.

2. Pantai Sili

Bibir Pantai Sili via Instagram  @aznan_arifin

Ingin bersantai sore di pantai dengan tempat duduk malas? Jogja juga punya loh, Teman Traveler. Datang saja ke pantai Sili yang berada di daerah Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta. Dekat dengan lokasi Ngetun, pantai ini bisa jadi rute kamu selanjutnya saat berada di kecamatan Tepus.

Bukti pantai Sili via Instagram @esterafrilyaa

Berda dengan pantai Ngetun, pantai Jogja ini sudah banyak mengalami perawatan sehingga menyediakan fasilitas bagi pengunjung. Terdapat juga bukitan yang bisa teman traveler gunakan untuk berfoto dengan pemandangan laut lepas. Wisata ini juga menyediakan gazebo-gazebo yang bisa digunakan untuk kamu bersantai dengan menikmati pemandangan pantai.

3. Pantai Kesirat

Pantai kesirat via Instagram @youngtraveljogja

Pantai Kesirat terletak di daerah Karang, Girikarto, Panggang, Gunung Kidul. Memiliki daya tarik berupa pegunungan yang berada di atas bibir laut. Kalau kamu datang kesini, kamu juga bisa merasakan berkemah di padang rumput yang berada di atas bukit dengan pemandangan laut selatan. 

Bukitan pantai Kesirat via Instagram @naufal_dedi

Pasir pantai yang disediakan tidak luas, namun pesona bukit dan laut lepas sungguh sangat indah. Pantai Kesirat juga mempunyai spot berkemah yang cukup luas. Teman Traveler jadi bisa menginap di tenda dengan menyaksikan pemandangan bukit dan lautan.

4. Pantai Baron 

Pantai Baron via Instagram @marahuda

Berada sekitar 40 Km dari pusat kota Jogja, Pantai Baron berada di daerah Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Disaat air laut surut, Teman Traveler akan menemukan pantai di depan bibir pantai. Pemandangan yang cukup unik untuk dinikmati. 

Tidak cuma itu Teman Traveler, terlihat beberapa perahu nelayan yang bersandar di pantai ini. Kamu juga bakal dapat ikan segar dengan harga yang miring, lho.

Pantai Baron via Instagram @ebprasetyoo

5. Pantai Ngrenehan

Pantai Ngrenehan via Instagram @youngtraveljogja

Kecamatan Saptosari adalah lokasi dari Pantai Ngrenehan yang juga merupakan pantai di Jogja dengan nelayan. Teman Traveler juga bisa mendapatkan ikan dengan harga yang miring untuk disantap langsung dengan suasana pantai.

Pantai Ngrenehan Jogja via Instagram @kurnicloud_

6. Pantai Wediombo

Danau kecilpantai Wedi Omboh via Instagram @sundatraveler

Berada 80 Km dari pusat Kota Jogja, Pantai Wedi Ombo punya banyak kejutan buat para pengunjungnya. Wedi dalam bahasa jawa artinya pasir dan ombo artinya luas, dan benar pantai ini memang memberikan batas pantai yang cukup luas untuk kamu nikmati.

Ayunan pantai Wediombo via Instagram @annisa.dn__

Tidak cuma pasir, Pantai Wedi Ombo juga menawarkan wahana alami buat kamu yang ingin berenang di air laut namun takut terseret air dan tenggelam di laut lepas. Namun, tetap harus waspada saat berenang, karena tidak menutup kemungkinan ombak besar akan datang.

7. Pantai Indrayani

Pantai Indrayani via Instagram @diana_kusm

Pantai Indrayani berada di daerah Kecamatan Tanjungsari Jogja. Kalau kamu ingin berkunjung, Teman Traveler perlu melanjutkan perjalanan dari Kota Jogja sejauh 66 Km. Pantai di Jogja satu ini memiliki bibir pantai yang cukup panjang. Terlebih, ada spot foto di tengah-tengah pasir pantai yang membuat pengunjungnya makin senang karena bisa bernarsis ria.

Pantai Indrayani via Instagram @ferrowbradley

TIdak cuma bibir pantai yang panjang, di batas pantai juga terdapat bukit yang bisa menambah keindahan kamu saat berfoto. Jangan sampai ketinggalan persona Pantai Indrayani, ya Teman Traveler.

8. Pantai Drini

Spot foto pantai Drini via Instagram @triachristiana

Pantai Drini jelas tak ketinggalan dalam daftar wisata alam Jogja yang menawan. Drini merupakan pantai nelayan, Teman Traveler juga bisa berburu ikan murah di sini. 

Terletak di sebelah timur Pantai Baron, Drini bisa menjadi destinasi selanjutnya saat jelajah pantai di Jogja. Terdapat juga spot foto yang sangat Instagenic dengan pemandangan pantai dan lautan lepas, serta bukitan yang sangat apik.

Pantai Drini via Instagram @abellabc

9. Pantai Ngerawe

Taman pantai Ngerawe via Instagram @fandiryan 

Pantai Ngrawe terbilang sudah sangat siap sebagai tempat wisata. Tersedia berbagai fasilitas, mulai dari tempat duduk, hiasan, rerumputan dan pohon palem yang sudah tertata. Kalau kamu ingin menemukan tempat berlibur dengan spot foto yang banyak, Pantai NGrawe bisa menjadi destinasi wajib saat keliling wisata Jogja.

Tangga menuju pantai Ngerawe via Instagram @sindyrestiwi

10. Pantai Sedahan

Pantai Sedahan via Instagram @fredyharyos

Jika Teman Traveler ingin berkemah, Pantai Sedahan merupakan lokasi yang tepat. Coba rasakan sensasi menginap di pantai yang satu ini. Siap-siap bangun pagi dengan pemandangan laut yang memesona.

Tenda di pantai Sedahan via Instagram @agusnihsan

Pantai Sedahan memiliki dinding bukit yang mulai terkikis oleh air laut, menambah pemandangan yang membuat mata kita segar. Salah satu yang membuat pantai ini menarik adalah bibir pantai yang cukup panjang, sehingga kamu bisa bermain sepuasnya.

Daftar 10 pantai di Jogja tersebut bisa menambah alasan Teman Traveler untuk berkunjung ke Kota Gudeg. Rencanakan liburanmu dari sekarang. Bagaimana, mau menikmati keindahan pantai mana dulu, nih?

Advertisement
Tags
Indonesia Jogja pantai di jogja Pantai Gunung Kidul pantai jogja Wisata Wisata di Jogja wisata jogja
Share