Hal-hal Unik yang Terdapat di Pantai Ngudel Malang

Malang merupakan salah satu surga wisata alam. Tak hanya air terjun saja yang jumlahnya banyak, daerah yang mendapat julukan sebagai Kota Bunga ini juga memiliki deretan pantai di Malang dengan panorama yang cantik dan sangat recommended sekali untuk dijelajahi. Salah satunya yakni Pantai Ngudel yang terdapat di Desa Sidurejo, Kecamatan Gedangan, Malang. Untuk lokasinya sendiri berada persis di sebelah Pantai Ngantep. Nah, berikut fakta-fakta unik Pantai Ngudel Malang yang mungkin belum kamu ketahui sebelumnya.

1. Arti Nama Pantai Ngudel

Penamaan Pantai Ngudel dari batu, Via Instagram zhang_ve
Penamaan Pantai Ngudel dari batu, Via Instagram zhang_ve

Nama Pantai Ngudel tentu saja cukup unik dan terdengar aneh ya. Ternyata, nama “ngudel” ini sendiri berasal dari sebuah batu yang bentuknya menyerupai “udel” atau yang dalam bahasa Indonesianya memiliki arti pusar. Lokasinya batu ini tidak jauh dari bibir pantai, bisa dilihat dengan jelas. Biasanya batu ini yang menjadi spot favorit para traveler yang datang. Dan pantai ini termasuk pantai di malang yang aman untuk berenang, kamu bisa berenang di belangkang batu udel tanpa perlu khawatir terbawa ombak.

2. Toilet Umum Berada di Setiap Warung

Pantai Ngudel yang cantik, Via Instagram indahtiti
Pantai Ngudel yang cantik, Via Instagram indahtiti

Jika di pantai yang lainnya toilet atau tempat basuh setelah mandi berdiri sendiri, tidak dengan di Pantai Ngudel ini. Toilet atau tempat mandi ada di setiap warung-warung yang lokasinya tidak jauh dari pantai. Tak hanya toilet saja, juga sudah ada mushola, meskipun seadanya. Karena menyatu dengan warung-warung, memang kebanyakan toilet dijaga dengan baik kebersihannya.

3. Akses Menuju ke Pantai Ngudel Sudah Sangat Baik

Pantai yang istimewa, Via Instagram batumalangcom
Pantai yang istimewa, Via Instagram batumalangcom

Tak sedikit pantai di Malang yang memiliki akses jalanan yang masih kurang memadai, namun tidak dengan Pantai Ngudel ini. Meskpun termasuk pantai yang masih baru di Malang, jalanan menuju ke Pantai Ngudel sudah sangat baik. Jalanannya sudah beraspal sampai pada pintu loket untuk membayar tiket. Jalanannya juga cukup lebar, sehingga bisa dilewati kendaraan roda empat.

4. Lokasi di Sekitaran Pantai Dihiasi dengan Pohon Cemara Udang

Pohon cemara udang di sekitaran Pantai Ngudel, Via Instagram nurnazama
Pohon cemara udang di sekitaran Pantai Ngudel, Via Instagram nurnazama

Di Indonesia masih jarang sekali pantai yang dihiasi pohon cemara udang. Ada tapi tidak terlalu banyak, contohnya saja yang cukup terkenal adalah Pantai Lombang yang terdapat di Kabupaten Sumenep. Dan selanjutnya adalah Pantai Ngudel ini yang banyak ditanami pohon cemara udang. Bukan tanpa perjuangan, ternyata pihak pengelola menanam beberapa kali sampai akhirnya bisa rindang seperti sekarang ini. Jadi, karena adanya pohon cemara ini, suasana sekitar pantai masih cukup asri meskipun matahari sedang terik-teriknya.

Satu hal lagi yang perlu untuk kamu ketahui, kebersihan Pantai Ngudel ini cukup terjaga. Sehingga saat kamu berkunjung ke sana, yang ada hanyalah hamparan pantai yang cantik dengan pohon cemara udang yang berada di sekitarnya. Cantik dan asri.

Tags
alam indonesia Jawa Timur Malang Pantai Malang pantai ngudel pantai ngudel malang
Share