Keindahan Pantai Ngliyep, Wisata di Malang dengan Mitos Nyi Roro Kidulnya

Liburan ke Malang terasa kurang puas jika hanya keliling kotanya saja. Cobalah ke arah kabupaten bagian selatan, ada banyak pantai eksotis dengan keunikan yang beragam. Termasuk Pantai Ngliyep yang indahnya tak terbantahkan. Belum lagi mitos Nyi Roro Kidul yang sampai saat ini masih tersebar di masyarakat sekitar. Penasaran dengan keindahannya? Berikut cerita dari Kontributor Travelingyuk, Nurul Huda.

Unik dengan Tebing di Sekitarnya

Keindahan Pantai Ngliyep yang mempesona
Keindahan Pantai Ngliyep yang mempesona (c) Nurull Huda/Travelingyuk

Pantai Ngliyep terletak di kabupaten Malang bagian selatan. Tempat wisata di Malang ini masih sangat alami yang dikelilingi tebing-tebing curam serta hutan tropis yang rimbun. Ombaknya pun cukup tenang, tetapi Teman Traveler tetap harus berhati-hati dan selalu taati peraturan yang ada ketika bermain air. Tips untuk liburan ke sini, sebaiknya datang tidak saat weekend atau hari libur, karena pengunjung cukup banyak. Datanglah saat weekday, dipastikan sepi seperti pantai pribadi.

Lanskap Alam yang Bikin Jatuh Cinta
Lanskap Alam yang Bikin Jatuh Cinta (c)Nurull Huda/Travelingyuk

Panorama Pantai dari Ketinggian

Teluk Putri yang cantik
Teluk Putri yang cantik (c) Nurull Huda/Travelingyuk

Ingin menikmati pantai ini dari sudut lain? Cobalah naik tebing yang berada di sisi kiri atau timur pantai. Lautan lepas yang berwarna biru menjadi pemandangan mengagumkan. Tepat di bawah bukit tersebut, ada Teluk Putri yang menjadi spot tersembunyi saat liburan ke Ngliyep. Tak perlu khawatir, ada jalan menuju pantai tersebut.

Pesona pantai di Malang
Pesona pantai di Malang (c) Nurull Huda/Travelingyuk

Gunung Kombang dengan Cerita Nyi Roro Kidulnya

Jembatan Gunung Kombang
Jembatan Gunung Kombang (c) Nurull Huda/Travelingyuk

Keindahan Teluk Putri bukanlah satu-satunya pesona Ngliyep. Ada juga Gunung Kombang. Teman Traveler dapat menikmati pulau ini dengan berjalan di sepanjang jembatan dan menaiki bukit, namun tetap berhati-hati karena ombaknya cukup besar. Berdasarkan mitos warga setempat, pulau ini merupakan tempat pertapaan Nyi Roro Kidul sebelum menjadi penguasa pantai selatan. Di atas bukti Gunung Kombang terdapat pura yang biasanya dijadikan sebagai tempat upacara Larungan oleh masyarakat setempat.

Ritual tahunan di Pantai Ngliyep
Ritual tahunan di Pantai Ngliyep (c) Nurull Huda/Travelingyuk

Setiap tahunnya Gunung Kombang digunakan masyarakat Kedungsalam untuk melakukan upacara labuhan atau ritual sebagai rasa syukur dan hormat kepada Ratu pantai selatan. Keunikan dari ritual ini yaitu, para pemasak diharuskan laki-laki dan dilarang mengenakan pakaian berwarna hijau, lalu mereka diharuskan untuk berpuasa. Pada saat memasak, lokasi harus bersih dari unsur perempuan.

Akses Menuju Pantai Ngliyep

Sudut lain dari pantai yang memukau
Sudut lain dari pantai yang memukau (c) Nurull Huda/Travelingyuk

Pantai ini berada di Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo. Dari kota Malang, berjarak 62 Km dan dapat ditempuh sekitar 2 jam perjalanan. Rute pantai Ngliyep cukup mudah. Ada dua rute yang bisa Teman Traveler pilih yaitu pertama rute Kepanjen-Pagak-Donomulyo-Ngliyep dengan kondisi jalan yang cukup landai dan relatif cepat. Rute kedua Malang Kota-Karang Kates- Donomulyo-Ngliyep dengan kondisi jalan berkelok dan menanjak. Untuk tiket masuknya sekitar Rp15.000 dan parkirnya Rp5.000/motor.

Pantai cantik di Malang Selatan
Pantai cantik di Malang Selatan (c) Nurull Huda/Travelingyuk

Pesona pantai di Malang memang tak perlu diragukan lagi. Bagaimana, tertarik untuk berkunjung ke Pantai Ngliyep? Tetap jangan lupa untuk menjaga kebersihan tempat wisata yang Teman Traveler! Selamat berlibur

Tags
Indonesia Jawa Timur Malang Travelingyuk wisata malang
Share