Pantai Ngliyep, Destinasi Legendaris yang Tetap Hits

Pesona Malang selatan seolah tak pernah pudar. Kawasan ini dijejali banyak pantai indah nan eksotis, menanti untuk dijelajahi tiap pekannya. Tak heran jika wisatawan senantiasa menjadikan daerah ini sebagai primadona. Salah satu destinasi favorit yang kerap jadi tujuan adalah Pantai Ngliyep.

Dibanding pantai lain seperti Balekambang dan Goa Cina, keberadaan Pantai Ngliyep memang bisa dibilang cukup ‘senior’. Namun demikian, hingga kini keindahannya tetap terjaga dan bahkan jadi salah satu wisata hits di sekitaran Malang selatan. Seperti apa sih pesona yang ada di sana? Yuk, simak ulasan saya selengkapnya.

Secuil Kisah Ngliyep

img_9935_01_JVU.jpeg
Senja di Ngliyep (c) Tikka Dessy/Travelingyuk

Kawasan Ngliyep meruapakan area wisata dengan luas kurang lebih 10 hektar. Terdiri dari area hutan lindung, wisata pantai, penginapan, serta lahan parkir. Tak jauh dari bibir pantai, terdapat pulau kecil yang dinamakan Gunung Kumbang. Nah, pulau ini ternyata menyimpan cerita menarik Teman Traveler.

Menurut cerita yang beredar, Gunung Kumbang merupakan tempat melakukan ritual terkait Nyi Roro Kidul, sosok yang dipercaya sebagai penguasa laut selatan. Tiap tanggal 14 bulan Maulud dalam penanggalan Jawa, kawasan sekitar Ngliyep bakal sangat ramai karena biasanya diadakan ritual labuhan. Masyarakat sekitar bakal memberi korban kepala hewan ternak dan dilarung ke laut sebagai sesaji.

Konon ritual ini dulunya digelar untuk menolak wabah penyakit menular yang tengah menyerang penduduk setempat. Tradisi ini masih terus dipertahankan, namun kini tujuannya adalah mengucap syukur dan memohon lindungan pada Tuhan agar dijauhkan dari bencana.

Mudah Dicapai dari Malang

img_0013_01_qAs.jpeg
Spot Jembatan kayu (c) Tikka Dessy/Travelingyuk

Ngliyep merupakan pantai di Malang yang mudah dijangkau. Lokasinya di Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang. Jaraknya sekitar 60 km dari pusat kota Malang dan butuh waktu sekitar dua jam untuk menuju sini jika Teman Traveler menumpang mobil pribadi. Waktu tersebut bisa dipangkas hingga satu setengah jam jika kalian menumpang motor.

Akses dan kondisi jalan di sini relatif bagus karena sudah diaspal halus. Teman Traveler tinggal lurus ke arah ke Karang Kates atau Kepanjen. Setelah itu ikuti jalan besar menuju daerah Pagak. Selanjutnya perjalanan bisa diteruskan ke Donomulyo. Dari sini rutenya sudah cukup mudah lantaran di sekitarnya sudah ada banyak petunjuk arah menuju pantai.

Menikmati Indahnya Alam Sekitar

pantai ngliyep
Spot foto keren di Ngliyep (c) Tikka Dessy/Travelingyuk

Keindahan alam di sini tampak sangat natural dan relatif jarang dijamah wisatawan. Sangat cocok buat Teman Traveler yang ingin sejenak mengasingkan diri dari kebisingan kota atau melepas kejenuhan dari rutinitas.

Perpaduan pasir putih, laut biru, batu-batu karang, deburan ombak, tebing-tebing curam, serta hijaunya hutan lindung begitu mempesona. Semuanya bagai lukisan Tuhan yang luar biasa indah.

pantai ngliyep
Keindahan di sekitar kawasan pesisir (c) Tikka Dessy/Travelingyuk

Teman Traveler juga bisa lakukan aneka aktivitas seru di sini. Kalian bisa coba menjelajah pantai dari ujung ke ujung atau bahkan mampir ke pantai sebelah, mulai dari Gunung Kumbang hingga Parang Dowo.

Jika ingin menghabiskan waktu lebih lama, langsung saja mendirikan tenda di sekitar pesisir. Suasana malam di sini cukup indah kok. Langit sekitar bakal nampak bertabur bintang dan bulan bakal terlihat jelas kala purnama.

Fasilitas Lengkap

img_0006_01_CBF.jpeg
Ada penginapannya lho (c) Tikka Dessy/Travelingyuk

Pantai Ngliyep hadirkan fasilitas yang terbilang cukup lengkap, mulai dari area parkir luas, warung-warung penjual makanan, toilet umum, hingga penginapan. Tak hanya itu, akses menuju destinasi ini juga sangat baik. Jalannya sudah mulus beraspal. Bisa jadi alternatif wisata keluarga di akhir pekan.

Tiket Murah Meriah

pantai ngliyep
Saat weekday suasananya sangat sepi (c) Tikka Dessy/Travelingyuk

Teman Traveler tak perlu keluarkan biaya besar untuk bisa nikmati indahnya Pantai Ngliyep. Tiket masuk wisata ini hanya dipatok Rp15.000-an per orang. Sementara untuk retribusi parkir kendaraan, kalian cukup keluarkan Rp5.000-an untuk motor atau Rp 10.000-an untuk mobil. Bagaimana, sama sekali takkan menguras kantong bukan?

Itulah sedikit pengalaman saya menjelajah indahnya Pantai Ngliyep. Jika Teman Traveler ingin habiskan pekan dengan menyambangi beberapa wisata Malang, tempat satu ini bisa jadi pilihan tepat. Selain mudah dijangkau, keindahan yang ditawarkan juga sungguh memesona. Dijamin takkan mengecewakan.

Tags
Indonesia kontributor Malang pantai ngliyep Travelingyuk Wisata wisata malang
Share