Pantai Ngandong, Pesona Rahasia di Pesisir Gunungkidul Jogja

Reksita Wardani

Reksita Wardani

On Indonesia
Pantai Ngandong

Gunungkidul seolah tak pernah berhenti menggoda wisatawan dengan deretan pantai cantiknya. Ada banyak pilihan pantai pasir putih dengan pemandangan memesona, siap membuat siapapun jatuh hati. Salah satunya Pantai Ngandong, terletak di antara Pantai Sundak dan Pantai Sadranan. Dibanding beberapa pantai lainnya di Gunungkidul, Pantai Ngandong memang belum begitu populer. Namun keindahan dan potensinya sama sekali tak boleh diragukan. Daripada penasaran, mari kita simak penuturan kontributor Travelingyuk – Reksita Wardani.

Rahasia Dibalik Pesisir

Perairan di Pantai Ngandong (c) Reksita Wardani/Travelingyuk
Perairan di Pantai Ngandong (c) Reksita Wardani/Travelingyuk

Berada di Desa Sidoarjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Pantai Ngandong memang belum sepopuler Pantai BKK (Baron, Kukup, Krakal) maupun Pantai Indrayanti. Namun demikian,  pesonanya siap memanjakan siapapun yang datang berkunjung.

Lokasinya yang cukup tersembunyi membuat Ngandong bagaikan sebuah pantai rahasia. Tak heran jika banyak wisatawan kerap terkecoh ketika ingin menemukan jalan masuknya. Padahal jalurnrya  mudah saja, cukup arahkan kendaraan ke Pantai Sundak dan berikutnya Teman Traveler tinggal berjalan kira-kira lima menit ke Ngandong.

Permadani Putih Luas Mempesona

Permukaan air jernih (c) Reksita Wardani/Travelingyuk
Permukaan air jernih (c) Reksita Wardani/Travelingyuk

Sepanjang Pantai Ngandong terdapat tanah landai luas berhiaskan hamparan pasir putih yang elok. Uniknya, ketika laut mengalami pasang di pagi hari, bakal terlihat sedikit pasir hitam di bibir pantai. Bicara soal ombak, arus di Ngandong cukup tenang. Banyak pengunjung bebas bermain air di sekitar sini.

Di salah satu sudut pantai terdapat sebuah bukit cantik. Lokasi ini biasa dimanfaatkan pelancong mengambil foto panorama dari ketinggian. Bukit berhiaskan karang tersebut juga menjadi pembatas langsung antara Ngandong dengan salah satu pantai tetangganya, yaitu Sundak.

Jelajah dengan Perahu Nelayan

Deretan warung khas pantai (c) Reksita Wardani/Travelingyuk
Deretan warung khas pantai (c) Reksita Wardani/Travelingyuk

Pantai Ngandong menyajikan pemandangan sedikit berbeda dibanding pantai tetangganya. Di sekitar sini Teman Traveler akan menemukan deretan perahu. Tak mengherankan, mengingat lokasi ini juga sekaligus merupakan domisili sejumlah nelayan pantai selatan.

Deretan perahu tersebut berpadu apik dengan jajaran warung khas pantai di sisi kanan dan kiri. Membentuk komposisi pemandangan sempurna. Tak jauh dari kawasan pesisir, terdapat Tempat Pelelangan Ikan dan sejumlah penginapan.

Asyiknya lagi, perahu-perahu yang berjejer rapi tersebut bukan sekedar hiasan lho. Teman traveler bisa menyewa dan memanfaatkannya untuk berkeliling di laut sekitar. Biaya sewanya bisa dinegosiasikan sendiri dengan pemilik kapal.

Asyiknya Bermain Saat Pantai Surut

Pengunjung jelajahi pantai ketika surut (c) Reksita Wardani/Travelingyuk
Pengunjung jelajahi pantai ketika surut (c) Reksita Wardani/Travelingyuk

Salah satu yang unik dari pantai rahasia ini adalah perbedaan menonjol saat air laut pasang dan surut. Ketika air sedang pasang, Teman Traveler akan mendapati ombak bisa menyentuh tepi pantai. Sementara ketika air surut, pengunjung justru bisa berjalan jauh meninggalkan pesisir.

Ketika itu terjadi, hamparan luas karang Pantai Ngandong bakal terlihat jelas. Lengkap dengan berbagai biota lautnya di bawah permukaan air jernih. Pengunjung biasanya akan berebut berfoto dekat karang pembatas Pantai Sadranan atau berburu ikan hias.

Lanjutkan Petualangan ke Sadranan

Karang di Pantai Sadranan (c) Reksita Wardani/Travelingyuk
Karang di Pantai Sadranan (c) Reksita Wardani/Travelingyuk

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, garis pantai Ngandong tersambung langsung dengan Pantai Sadranan. Cukup berjalan kaki menyusuri jalur tersebut, Teman Traveler bisa langsung melanjutkan petualangan ke Sadranan.

Trik tersebut juga bakal membuat liburan Teman Traveler terasa lebih hemat. Tak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk tiket masuk maupun parkir. Sekali jalan, sudah bisa menjelajah dua sampai tiga pantai sekaligus. Seru kan?

Bagaimana, sudah ada rencana untuk menghabiskan liburan di Pantai Ngandong? Yuk, segera bersiap untuk berangkat ke Gunungkidul, Yogyakarta.