Jangan Bilang-Bilang ya Kalau Wonogiri Punya Objek Wisata Secantik ini

Wonogiri menjadi nama yang tidak asing di Jawa Tengah, kota penghasil gaplek itu tenar dengan segala hal yang mengagumkan. Asal kamu mau menaruh perhatian lebih ke tempat-tempat seperti Wonogiri dan tidak mulu-mulu ke Bali atau tempat lain, pasti sektor pariwisatanya akan berkembang pesat. Posisinya yang ada di tengah-tengah Pulau Jawa, bisa dibilang strategis dan cocok untuk turis dari segala penjuru Nusantara, bahkan juga dunia.

Dari sekian banyak tawaran wisatanya, salah satu yang terkenal adalah Waduk Gajah Mungkur. Tempat itu memang keren dan pantas jadi andalan dan kebanggaan masyarakat Wonogiri. Namun, masih ada pilihan lain yang nggak kalah menarik, kamu bisa menjelajahinya untuk membuktikan bahwa keindahan ada di kota yang berbatasan dengan Gunung Kidul, Ponorogo, hingga Pacitan tersebut. Seperti apa wajah Wonogiri? Berikut ini ulasan selengkapnya.

1. Air Terjun Banyunibo Manyaran

Banyunibo [image source]
Air Terjum Banyunibo bisa kamu tempuh lewat Kecamatan Manyaran, tepatnya menuju Dusun Ngluwur, Desa Kepuhsari. Jalannya menanjak karena lokasi air terjun ada di sekitar puncak gunung. Kami menyarankan agar kamu membawa kendaraan pribadi terutama sepeda motor yang kuat menanjak. Dari pemukiman terdekat, di mana kamu bisa menitipkan kendaraan di salah satu rumah warga, lanjutkan petualangan dengan berjalan kaki salam 15 menit. Meski tersembunyi di pegunungan, Air Terjun Banyunibo termasuk ramai pengunjung, mereka ingin merasakan segarnya guyuran air terjun. Di tempat ini tidak bisa berenang karena air yang jatuh langsung menghantam bebatuan.

2. Taman Wonoasri Seper

Taman Wonoasri [image source ]
Taman Wonoasri Seper berada di lahan milik Perhutani yang difungsikan sebagai tempat wisata. Semula hanya kawasan hutan pinus, namun berkat kerjasama dengan penduduk sekitar ditambah peran investor, muncul sebuah taman dengan aneka bunga-bunga dan fasilitas untuk bersantai menikmati kesejukan alam. Taman yang tepatnya berlokasi di Jatipurno, Wonogiri itu, memiliki arena outbound, hingga kegiatan berkuda dan baru-baru ini dibangun juga rumah pohon sebagai panggung selfie.

3. Watu Cenik

Watu Cenik [image source]
Watu Cenik adalah spot untuk melihat pemandangan keren di Wonogiri, masyarakat setempat menyebutnya dengan kawasan wisata Gantole 1 yang posisinya lebih rendah dari Gantole 2. Potensi tempat ini sebagai destinasi wisata cukup mendapat perhatian. Terbukti saat ini ada sebuah bangunan penanda yang bertuliskan “Watu Cenik”. Para pengunjung yang ingin berfoto jadi semakin banyak, dan nama Watu Cenik kian terkenal. Jika kamu sudah terpesona, maka tunggu apa lagi, yuk langsung saja ke Dusun Sendang, Gantole. Sebuah titik, tempat kita melihat Wonogiri dari Ketinggian.

4. Pantai Dhadapan

Pantai Dhadapan [image source]
Seperti nama tokoh dalam cerita Ande-ande Lumut ya? Namun tempat ini adalah sebuah pantai dengan tebing-tebing karang besar dengan ombak menggulung membawa suara alam yang menenangkan. Lokasi Pantai Dhadapan ada di Dusun Klampeyan, Kecamatan Paranggupito. Di tempat ini terdapat patok tapak batas antara Wonogiri dan Yogyakarta karena memang menjadi pantai paling barat Wonogiri. Naiklah ke bukit-bukit karangnya, di sana ada jejak peninggalan masa lampau berupa gentong tanah liat dan tungku perapian.

5. Jurug Kemukus

Jurug Kemukus [image source ]
Jurug Kemukus adalah air terjun dengan tiga tingkat. Yang paling atas memiliki ketinggian sekitar 30 meter. Di sampingnya terdapat tebing yang tinggi dan curam. Sedangkan tingkat berikutnya memiliki ketinggian sekitar 40 meter. Akses menuju lokasi wisata keren ini bisa kamu telusuri hingga masuk wilayah Baturetno, kemudian memilih jalur menuju Dusun Ngampel, Kecamatan Karangtengah. Dari tempat parkir, para pengunjung harus berjalan kaki sejauh 1 km, hingga bisa melihat dengan mata kepala sendiri, bagaimana butiran air terbawa angin hingga menerpa wajah.

6. Telaga Claket

Telaga Celaket [image source ]
Bosan dengan gedung-gedung kota yang tinggi? Itu saatnya kamu mencari pelampiasan berupa keindahan sejati di Telaga Celakat, sebuah danau keren yang dikelilingi olah bukit hijau dan pepohonan rindang. Posisi telaga ini ada di Desa Sendang Ijo, Kecamatan Selogiri, tidak begitu jauh dari Bendungan Colo, Sukoharjo. Salah satu surga alam yang tersembunyi ini bisa dijadikan lokasi foto prewed atau sekadar santai bersama keluarga.

7. Pantai Nampu

Pantai Nampu [image source ]
Pantai Nampu adalah destinasi wisata yang jadi langganan sebagian besar masyarakat Wonogiri. Memiliki area bukit kapur yang dihantam oleh ombak-ombak. Jika naik ke atas bukit di tepi pantai, kamu bisa melihat birunya lautan yang serasi dengan hamparan pasir putih di Pantai Nampu. Belum ada angkutan umum untuk sampai ke tempat ini, jadi kamu harus mengandalkan kendaraan pribadi menuju ke Desa Dringo, Kecamatan Paranggupito. Sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Wonogiri.

8. Gunung Besek

Gunung Besek [image source ]
Gunung Besek mulai populer dan banyak nampang di sosial media, namun ternyata spot foto keren ini tergolong wisata ekstrem di Wonogiri, karena jalur berbatunya licin, apalagi di musim hujan. Jika datang ke sini, kamu harus berhati-hati. Secara administratif lokasinya di Desa Bugelan, Kecamatan Kismantoro. Banyak yang datang menghadapi medan yang menantang untuk melihat pemandangan keren dari ketinggian.

9. Kawasan Giri Manik

Giri Manik [image source ]
Kawasan Giri Manik adalah tempat wisata alam yang belum banyak diketahui wisatawan. Itu karena letaknya jauh dan harus ditempuh dengan berjalan kaki menembus hutan di lereng Gunung Lawu. Satu kali jalan kamu bisa mengunjungi tiga air terjun yaitu Condro Moyo, Manik Moyo dan Tejo Moyo. Yang ada dalam foto ini adalah Manik Moyo di Kecamatan Slogohimo.

10. Kedung Lumbung

Kedung Lumbung [image source]
Kedung Lumbung nampak seperti kolam dengan air berwarna kehijauan dengan tebing batu sebagai tepian. Sayang banget jika jauh-jauh ke Kedung Lumbung tapi tidak berenang untuk merasakan kesegaran mata air pegunungan. Untuk sampai di Kedung Lumbung, jalur setapak melewati hutan, sawah, serta kebun harus kamu hadapi. Namun terlebih dahulu gunakan kendaraan pribadi ke Kedung Aren, Sendang. Ikuti pertunjuk arah hingga pemukiman terdekat lalu parkirkan kendaraan di sana. Nikmati perjalananmu sambil menghirup udara segar. Meski tidak terlalu luas, Kedung Lumbung cukup dalam.

Itulah beberapa tempat menakjubkan di Wonogiri, yuk liburan mendatang ke sana, pasti seru sekali.

Tags
Dalam negeri Jawa Tengah traveling Wisata Wonogiri Wonogiri
Share