Pantai Losari Makassar, Ikon Sunset yang Terancam Sirna

Arfan hamka

Arfan hamka

On Indonesia
Pemandangan Pantai Losari saat terbenam Pemandangan Pantai Losari saat terbenam

Kata Losari mungkin sudah terdengar lumrah bagi kebanyakan orang di Makassar. Pasalnya, selain menjadi salah satu ikon Makassar yang terkenal dengan sajian khasnya, kawasan ini juga menawarkan pemandangan sunset indah. Hamparan rona jingga lewat penetrasi cahaya mentari di balik cakrawala seolah jadi candu tersendiri, terutama bagi para penikmat senja di Pantai Losari.

Pemandangan matahari terbenam di Losari (c) Arfan Hamka/Travelingyuk

Sayangnya, keindahan tersebut mungkin tak bakal bisa dinikmati lagi di Losari dalam waktu dekat. Mengapa demikian? Daripada penasaran, yuk simak penjelasan saya berikut ini.

Proyek Center Point of Indonesia

Pengunjung datang menikmati panorama sunset (c) Arfan Hamka/Travelingyuk

Tepat di depan kawasan Pantai Losari kini sedang dikerjakan mega proyek reklamasi pantai dengan nama Center Point of Indonesia (CPI). Saya khawatir jika nantinya proyek tersebut rampung, wisatawan tak bisa lagi bebas menikmati panorama matahari terbenam karena terhalang bangunan-bangunan baru.

Jika melihat denah perencanaan proyek, di masa mendatang akan ada banyak gedung pencakar langit di kawasan CPI. Bukan tak mungkin struktur-struktur baru tersebut bakal menghalangi pemandangan sunset sekitar Losari. Lantas di mana lagi wisatawan bisa menikmati indahnya sinar mentari senja seperti di anjungan Losari?

Tempat Berfoto Populer

Langit sekitar Losari kala senja (c) Arfan Hamka/Travelingyuk

Kawasan Pantai Losari kini memiliki sebuah anjungan dengan luas sekitar 300 meter persegi, berhiaskan tulisan ‘Pantai Losari’ setinggi dua meter dan dicat warna putih. Menjelang matahari terbenam, area ini kerap jadi rebutan para wisatawan untuk berfoto. Mereka ingin mengabadikan momen dengan latar belakang yang ikonik.

Pemandangan matahari terbenam di sini jelas sangat berbeda dibanding pantai lain. Dari kejauhan Teman Traveler bisa melihat beberapa kapal yang sedang atau hendak berlabuh di Pelabuhan Makassar. Tampak sangat dramatis. Apalagi di sini kalian bisa memandang sang mentari secara utuh, terlihat bulat mempesona.

Strategis dan Seru

Tugu kapal Pinisi di dekat Losari (c) Arfan Hamka/Travelingyuk

Seiring tenggelamnya matahari di balik horizon, awan hitam akan mulai berarak. Benar-benar sebuah momen tak terlupakan. Deburan ombak dan angin sepoi-sepoi membuat suasana terasa kian syahdu. Tak heran jika pantai ini selalu dipadati pengunjung menjelang sore hari.

Lokasi Pantai Losari juga sangat strategis karena berada di jantung Kota Makassar. Aksesnya sangat mudah, hampir semua pete-pete (angkutan kota) memiliki jalur yang melewati Losari. Tak ayal jika kemudian banyak wisatawan kerap berebut berfoto dengan latar belakang indahnya panorama sunset di sini.

Itulah sedikit uneg-uneg saya mengenai kemungkinan sirnanya keindahan sunset di Pantai Losari. Bagaimana Teman Traveler, siap mengagumi eloknya salah satu kawasan ikonik Makassar ini?