Pantai Lariti, Laut Terbelah di Timur Laut Kota Bima

Advertisement
Pantai Lariti via Shutterstock

Mengingat kisah Nabi Musa as. saat dikejar oleh tentara Firaun, lautan yang begitu luas bisa terbelah dua. Ternyata laut terbelah dua masih bisa kita lihat di zaman yang modern ini. Yups, lokasinya ada di Pantai Lariti. Yuk simak ulasannya.

1. Letak dan Tiket Masuk

Sunset (c) Khairunnas Mauliah/Travelingyuk

Pantai Lariti ini terletak di wilayah selatan Babupaten Bima, tepatnya di Desa Soro, Kecamatan Lambu Sape atau di timur laut Kota Bima, Nusa Tenggara Barat. Tiket masuk ke wisata ini cukup terjangkau sekitar Rp5.000/orang sudah termasuk sewa parkir motor, dan mobil.

Pantai Masih Surut (c) Khairunnas Mauliah/Travelingyuk

Pantai yang unik ini tidak jauh dari Pelabuhan Sape, yaitu gerbang laut yang menghubungkan ujung Pulau Sumbawa dengan Provinsi Nusa Tenggara Timur. Jarak tempuh ke wisata ini dari Kota Bima sekitar satu jam perjalanan dengan mengendarai mobil atau sepeda motor.

2. Pantai yang Unik

Menghabiskan Waktu Bersama Keluarga (c) Khairunnas Mauliah/Travelingyuk

Pantai Lariti ini merupakan pantai yang memiliki keunikan tersendiri dibanding pantai-pantai yang lain. Pengunjung yang datang bisa langsung menyaksikan keindahan alam yang luar biasa, yakni laut terbelah dua mirip dengan kisah Nabi Musa as.

Banyak Pengunjung yang Berenang (c) Khairunnas Mauliah/Travelingyuk

Pengunjung juga akan merasakan sensasi berjalan di atas air laut. Keindahan yang ada di pantai ini seakan membuat sepasang mata enggan untuk berkedip. Laut terbelah dua ini terjadi ketika air laut surut. Jadi, rasanya tidak lengkap jika para wisatawan yang berlibur ke Pantai Lariti tetapi tidak memanfaatkan moment yang satu ini.

3. Pemandangan Menawan

Memiliki Pengunjung yang Ramai (c) Khairunnas Mauliah/Travelingyuk

Selain dapat menyaksikan laut yang terbelah dua, pengunjung juga dapat melihat indahnya dua pulau besar dan beberapa pulau kecil disekitarnya. Keberadaan pulau-pulau ini membuat Pantai Lariti terlihat semakin eksotis sehingga layak untuk dikunjungi.

4. Waktu Kunjung

Berdenda Gurau Bersama Keluarga (c) Khairunnas Mauliah/Travelingyuk

Untuk bisa menaiki pulau atau bukit tersebut, pengunjung bisa berjalan kaki diatas pasir dengan melewati air laut yang terbelah dua. Sensasi berjalan diatas air laut semakin mempesona. Namun, laut yang terbelah dua hanya terjadi pada sore hari mulai dari pukul 16:00 WITA hingga 18:00 WITA. 

5. Pasir Putih dengan Ombak Tenang

Banyak Pengunjung yang Mengabadikan Momen (c) Khairunnas Mauliah/Travelingyuk

Selain itu, air lautnya yang biru jernih, pasir pantai yang berwarna putih ditambah ombaknya yang tidak terlalu besar membuat wisatawan yang datang akan merasakan ketenangan ketika berenang atau menyelam di pantai ini.

6. Fasilitas Pantai

Bermain Air (c) Khairunnas Mauliah/Travelingyuk

Demi menunjang pariwisata, berbagai fasilitas dibangun di Pantai Lariti ini seperti Musholla, warung makan, gazebo, toilet umum, spot foto, jasa penyewaan kamera, dan fasilitas penunjang lainnya. Pantai Lariti ini menjadi salah satu lokasi wisatawa yang wajib dikunjungi jika berlibur ke Bima.

Advertisement
Tags
Bima Pantai di Bima Pantai Lariti Bima
Share