Sambal Khas Bima, Buat Pecinta Pedas Jangan Lupa Coba

Bisa dibilang, sambal menjadi menu tambahan wajib yang dihidangkan dalam berbagai masakan Indonesia. Karena hal itulah tidak heran banyak sekali jenis sambal di Indonesia, termasuk di Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB). Jika kamu menjelajahi wilayah yang mendapatkan julukan Kota Tepian Air, ada ragam sambal khasnya yang bisa dicoba lho. Ada apa saja sambal khas Bima?

Sia Dungga

Sia Dungga, via Instagram/elysusilawati.1707
Sia Dungga, via Instagram/elysusilawati.1707

Jenis pertama namanya adalah sia dungga. Sambal ini berbahan dasar bawang merah yang diriris tipis-tipis yang kemudian dicampur dengan perasan air jeruk nipis, cabai, dan tak ketinggalan garam. Nah, oleh masyarakat Bima, biasanya olahan ini akan disantap bersama dengan ikan bakar atau nasi hangat. Citarasa segar dari bawang merah akan membuat nafsu makan merekah. Penasaran mencobanya?

Doco Toma

Doco Tomat, via Instagram/fadlun_arifin
Doco Tomat, via Instagram/fadlun_arifin

Selanjutnya ada doco toma yang terbuat dari bahan dasar irisan tomat. Biasanya akan ada campuran mentimun, terung, kacang panjang, kemangi, cabai, taoge, dan tak ketinggalan diberi garam. Bahan-bahannya diiris kecil-kecil sehingga kesegarannya cukup terjaga dan tidak dimasak. Jadi, kamu masih bisa merasakan kesearannya ya. Ditambah satu lagi, nutrisinya juga banyak.

Tota Fo’o

Tota Fo’o, via Instagram/shofieayyy
Tota Fo’o, via Instagram/shofieayyy

Tota Fo’o memiliki artian sebagai sambal mangga. Merupakan olahan yang berbahan dasar mangga muda yang dikombinasikan dengan irisan tomat, bawang merah, cabai, garam, dan santan. Bentuk mangga muda di sini adalah dicincang, jadi akan memanjang. Dan yang dipilih adalah mangga muda yang masam. Bikin penasaran bukan?

Oi Mangge

Oi Mangge, via Instagram/dewynugrh
Oi Mangge, via Instagram/dewynugrh

Sepertinya masyarakat Bima suka dengan sambal dengan citarasa sedikit asam ya. Selain tota fo’o ada juga namanya oi mangge. Ini merupakan sambal khas Bima yang terbuat dari air rendaman asam yang dikombinasikan dengan bawang merah, cabai, daun kemangi, dan garam. Untuk santapan harian, sambal ini dipadukan dengan ikan asin dan air hangat. Kamu akan terpikat dengan rasa yang ditawarkan.

Buat kamu penggemar sambal, jangan lupa mencoba khas Bima ya. Citarasanya tentu saja berbeda dan kamu akan mendapatkan sesuatu yang baru. Bagaimana menurutmu, apakah menarik untuk dicoba?

Tags
Indonesia kuliner Bima sambal khas Bima
Share