Pantai Kuri, Wisata Bahari Sulawesi Selatan yang Memesona

Pantai Kuri berada di wilayah Dusun Kuri Caddi, Desa Nisombalia, Kecamatan Marusu, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Destinasi ini cukup populer di kalangan wisatawan domestik. Setiap akhir pekan, pengunjung bakal tampak memadati objek wisata mempesona ini.

Pantai Berbatu

Pantai berbatu (c) Vinchent Pata/Travelingyuk

Panorama di sekitar Pantai Kuri bakal terlihat makin eksotis saat sore. Apalagi ketika matahari mulai terbenam di balik cakrawala. Pemandangannya bakal luar biasa indah.

Di sepanjang garis pantai Teman Traveler akan menemukan banyak gugusan batu. Hal ini akan memudahkan kalian untuk menjelajah kawasan sekitar. Namun tetap berhati-hati ya, karena bukan tak mungkin kalian menapak di batu dengan permukaan licin.

Cocok untuk Wisata Keluarga

Sebagian besar pengunjung Pantai Kuri adalah orang dewasa dan anak-anak. Destinasi satu ini memang cocok dijadikan pilihan wisata keluarga. Selain udara sekitarnya yang sejuk, terdapat banyak warung makan yang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk beristirahat sembari mengisi perut.

Keliling Naik Perahu Nelayan

Lorong di hutan mangrove (c) Vinchent Pata/Travelingyuk

Selain keindahan di kawasan pesisir, Pantai Kuri juga memanjakan wisatawan lewat panorama indah lorong-lorong di sekitar kawasan hutan mangrove. Udara di sini terasa sejuk. Suasananya juga cukup teduh dan menenangkan.

Kebanyakan pengunjung senang menghabiskan waktu di sekitar sini dengan bersantai sembari menikmati hawa segar. Jika tertarik, Teman Traveler juga bisa menyusuri lorong-lorong mangrove dengan menyewa perahu nelayan.

Dusun Kuri Caddi sendiri memang kerap dijuluki sebagai kampung nelayan. Salah satu produknya yang paling terkenal adalah kepiting bakau. Tak heran jika banyak wisatawan kerap mengunjungi tempat ini untuk sekaligus membeli kepiting bakau tangkapan warga setempat.

Pesona Lingkungan Alami

Hutan mangrove yang masih alami (c) Vinchent Pata/Travelingyuk

Hutan Mangrove di Dusun Kuri Caddi bisa dibilang masih sangat alami. Ekosistemnya benar-benar terjaga. Cocok dijadikan sebagai tempat bersantai maupun refreshing bersama keluarga, kerabat, maupun teman. Rasakan asyiknya menikmati panorama mangrove sembari bersantai.

Tempat penelitian (c) Vinchent Pata/Travelingyuk

Selain berfungsi sebagai destinasi wisata, kawasan hutan mangrove di sini juga kerap dimanfaatkan para mahasiswa dan dosen setempat untuk melakukan penelitian, mengambil sampel uji coba, maupun aktivitas akademik lainnya.

Lingkungan yang masih alami sangat cocok bagi mereka yang bergelut di bidang perairan, kehutanan, maupun kelautan. Banyak informasi penting bisa diambil demi pengembangan wawasan di masa mendatang.

Bisa Dijangkau dengan Sepeda Motor

Parkir motor (c) Vinchent Pata/Travelingyuk

Asyiknya lagi, destinasi satu ini sudah bisa dijangkau menggunakan sepeda motor, meski perjalanan menuju sini bakal cukup menantang. Jaraknya juga lumayan jauh dari Makassar.

Tapi jangan khawatir Teman Traveler, semua lelah yang kalian rasakan bakal langsung terbayar dengan pemandangan dan kesejukan udara di sekitar Dusun Kuri Caddi. Dijamin kalian bakal merasa betah dan enggan untuk buru-buru pulang. Bagaimana, sudah ada yang tertarik menghabiskan liburan akhir pekan di wisata Sulawesi Selatan ini?

Tags
kontributor Maros Sulawesi Selatan Travelingyuk wisata maros
Share