Hutan Mangrove Cantik di Jakarta dan Bekasi, Lokasi Ngadem untuk Traveler Sekitaran Ibu Kota

Jakarta memang terkenal dengan mobilitas yang tinggi serta gedung-gadung pencakar langitnya. Meskipun begitu bukan berarti warga Ibu Kota tak memiliki destinasi wisataa yang hijau buat ngadem lho. Ada beberapa tempat yang bisa ditawarkan, misalnya saja hutan mangrove. Inilah hutan mangrove di Jakarta dan Bekasi, jadi jujukan rekreasi warga Ibu Kota.

Hutan Mangrove PIK

Asri dan Instagenic, via Instagram/uswatun2698
Asri dan Instagenic, via Instagram/uswatun2698

Salah satu yang paling terkenal di Jakarta adalah Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk (PIK) Alamat tepatnya berada di Jl. Garden House RT.6/RW.1, Kamal Muara, Penjaringan, Jakata Utara. Jam bukanya mulai dari 07:00 sampai dengan 18:00 WIB. Untuk tiket masuknya, Rp25.000, turis lokal dan Rp250.000 untuk mancanegara.

Mangrove PIK, via Instagram/why_ajie
Mangrove PIK, via Instagram/why_ajie

Wisata yang juga memiliki nama Taman Wisata Alam Angke ini memiliki luas sekitaran 99 hektar. Banyak tempat-tempat cantik yang bisa dikunjungi. Tak salah tempat ini jadi begitu ramai dan kondang. Salah satu pilihan wisata buat ngadem juga buat warga ibu kota.

Muara Gembong, Bekasi

Mangrove Muara Gembong, via Instagram/srisusanti449
Mangrove Muara Gembong, via Instagram/srisusanti449

Muara Gembong merupakan wisat ayang dibangun atas kerja sama Pemprov Jawa Barat dan Pertamina EP. Di sini banyak spot selfie, tentunya ini memang menyasar wisatawan milenial yang gemar foto-foto ya.

Lokasinya berada di Desa Pantai Mekar, Kecamatan Muara Gembong, Bekasi. Lahan ini memiliki luas kurang lebih 3 hektar dengan didominasi tanaman mangrove. Biaya masuk ke tempat ini murah meriah, hanya Rp5.000 saja.

Muara Tawar, Bekasi

Mangrove Muara Tawar Bekasi, via Instagram/riamwty_
Mangrove Muara Tawar Bekasi, via Instagram/riamwty_

Masih di Bekasi ada yang namanya Muara Tawar yang juga daya tarik utamanya adalah mangrove atau hutan bakau. Lokasinya berada di Desa Segaraja, Tarumajaya, Bekasi. Aksesnya memang belum terlalu baik, tapi setidaknya masih bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi. Lokasinya cukup asri, bisa jadi wisata edukasi untuk anak-anak.

Mangrove di Pulau Pramuka

Mangrove Pulau Pramuka, via Instagram/kay.kecil
Mangrove Pulau Pramuka, via Instagram/kay.kecil

Ada juga di Kepulauan Pramuka, hutan mangrove yang cantik. Wisata ini termasuk baru karena dibuka pada tanggal 19 April 2018. Lokasi tepatnya ada di kawasan Balai Taman Nasional Pulau Pramuka, Kelurahan Pulau Panggang, Kabupaten Seribu.

Daya tarik utamanya tentu saja hutan mangrove yang asli. Ditambah tiket masuk yang murah, makin banyak pengunjungnya. Tiketnya Rp5.000 per orang Senin sampai Jumat. Sementara Sabtu dan Minggu dipatok Rp7.5000 per orangnya.

Jajaran hutan mangrove ini setidaknya bisa menjadi lokasi ngadem buat kamu yang pengin jalan-jalan ya Teman Traveler.

Tags
Bekasi hutan mangrove di Jakarta dan Bekasi Indonesia Jakarta
Share