Pesona Pantai Kartini Jepara, Keindahan yang Istimewa

Siapa sih yang tidak kenal Jepara? Kota kecil di ujung utara pulau Jawa ini merupakan salah satu kota penghasil kerajinan mebel yang sudah terkenal hingga ke Mancanegara. Salah satu ciri khas yang dimiliki dari mebel Jepara adalah gaya ukiran kayunya yang mempesona. Selain  dikenal sebagai kota Ukir, Jepara juga memiliki panorama alam pantai yang Indah. Berbagai pantai di Jepara berjajar rapi di bibir utara pulau Jawa, ada Pantai Kartini, Pantai Bandengan, Pantai Bondo, Pantai Pungkruk dan masih banyak lagi.

Kali ini Venicka Arlia Putriana, kontributor Travelingyuk akan bercerita tentang pesona Pantai Kartini Jepara yang terkenal dengan Kura-Kura Raksasanya.

Pantai Kartini Ikon Kota Jepara

Pantai Kartini dengan kura-kura raksasa, Via Instagram jannah_janul
Pantai Kartini dengan kura-kura raksasa, Via Instagram jannah_janul

Salah satu ikon kota Jepara adalah adanya Kura-Kura Raksasa yang berdiri di kawasan Pantai Kartini Jepara. Pantai yang terletak kurang lebih 2,5 kilometer dari pendopo Kota Jepara ini memiliki luas sekitar 3,5 hektar. Pantai ini memiliki akses yang mudah dan tiket masuk yang relatif murah, yaitu hanya berkisar pada harga Rp5.000 hingga Rp12.500 saja. Harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan pemerintah daerah.

Rute Menuju ke Pantai Kartini

Pantai yang sangat mempesona, Via Instagram andityaj
Pantai yang sangat mempesona, Via Instagram andityaj

Untuk rute menuju Pantai Kartini, sangat mudah diakses karena destinasi wisata Jepara ini berada di samping jalan raya yang sudah bagus. Jika menggunakan mobil pribadi atau kendaraan bermotor, Anda cukup ikuti saja beberapa papan petunjuk di sekitar kota Jepara. Pantai ini berada 3 kilometer sebelah barat pendopo kabupaten Jepara.

Sedangkan jika naik transportasi umum dari arah mana saja, turunlah di SD N 1 Bulu Jepara. Kemudian Anda memilih berjalan kaki atau naik becak yang ada di sana. Tarifnya cukup murah kok, hanya berkisar pada Rp10.000 saja. Sesampainya di gerbang pintu masuk Pantai Kartini, Anda akan disambut dengan halaman parkir yang luas dan sudah bisa melihat lautan khas pesisir utara.

Kegiatan Asik Dilakukan di Pantai Kartini

Napak tilas Ibu Kartini di pantai, Via Instagram aries_balola
Napak tilas Ibu Kartini di pantai, Via Instagram aries_balola

Pantai Kartini memiliki pasir yang putih dengan desiran ombak yang tenang. Sehingga pantai ini aman digunakan untuk berenang anak-anak. Selain aman untuk berenang, pantai ini juga penuh dengan berbagai wahana yang akan membuat Anda dan keluarga merasa nyaman termasuk saya. Saya sebagai penduduk asli kota ini saja tak bosan-bosannya untuk terus mengunjungi pantai ini meskipun sudah berulang kali. Apalagi dengan dibangunnya berbagai spot foto yang menarik membuat destinasi ini semakin unik dan berbeda dengan pantai lainnya.

Fasilitas yang Ditawarkan Pantai Kartini

Pesona istimewa, Via Instagram inash05
Pesona istimewa, Via Instagram inash05

Di area seluas 3,5 hektar ini, ada berbagai fasilitas seperti toilet, masjid, hotel penginapan, rumah makan, pusat oleh-oleh dan aksesories. Banyak juga gazebo untuk bersantai, taman yang indah, wahana permainan anak seperti mandi bola, mobil-mobilan, catur raksasa, kereta mini, wahana Kura-kura Ocean Park dan masih banyak lagi yang lainnya.

Pantai Kartini di Jepara, Via Instagram rif_alexa
Pantai Kartini di Jepara, Via Instagram rif_alexa

Untuk bisa menikmati wahana Kura-kura ocean park, Anda akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp12.500, pada hari biasa dan Rp17.500 pada hari libur atau akhir pekan. Di dalam Kura-kura Ocean Park ini, Anda akan menikmati berbagai koleksi ikan seperti ikan hiu, kakap, kura-kura dan masih banyak lagi. Selain itu ada juga berbagai sarana edukasi yang menarik untuk anak-anak

Itulah sedikit cerita mengenai pesona Pantai Kartini Jepara. Ada berbagai hal menarik lainnya yang bisa Anda nikmati di sana. Dijamin Anda tidak akan menyesal karena Jepara memang istimewa. Saya sarankan untuk tidak berkunjung ke pantai ini saat libur lebaran. Karena biasanya pantai ini terlalu sesak dan ramai. Tidak cukup nikmat untuk bersantai jika terlalu ramai. Kira-kira begitu. Jadi kapan mampir ke Pantai Kartini ini?

Tags
alam indonesia Jawa Tengah Jepara Pantai Kartini di Jepara
Share