Pantai Karang Sanur, Dimanja Sunrise Epik

Ketika menginjakkan kaki di Pulau Dewata pertama kali, destinasi apa yang pertama terpikirkan oleh Teman Traveler? Mungkin banyak yang langsung membayangkan ingin mampir ke pantai ya? Wajar saja, mengingat ada pantai-pantai di Bali yang super keren. Salah satu yang pantang kalian lewatkan adalah Pantai Karang Sanur.

Pantai Karang Sanur diam-diam destinasi ini kerap jadi favorit wisatawan dan fotografer. Terutama bagi mereka yang ingin nikmati panorama sunrise nan epik. Seperti apa sih keindahan di sana? Yuk, simak ulasannya.

Jaraknya Cukup Dekat

img_5911_Da3.jpg
Paduan warna jingga dan pastel (c) Fery Setiawan/Travelingyuk

Jika Teman Traveler menginap di sekitar Denpasar, bakal butuh waktu sekitar 25 menit untuk sampai ke sini. Kalian bisa menumpang sepeda motor maupun mobil. Namun andai memilih bermalam di sekitaran Sanur, kalian cuma butuh waktu 10 menit untuk menuju Pantai Karang.

img_5914_ZB4.jpg
Nampak seperti negeri dongeng (c) Fery Setiawan/Travelingyuk

Alternatif lain, Teman Traveler bisa pula menyusuri pantai sembari naik sepeda atau berjalan kaki sambil menikmati udara pagi. Pastinya bakal menyenangkan. Apalagi suasana di awal hari pasti masih cukup tenang serta syahdu.

Menunggu Matahari Terbit

pantai karang sanur
Bale-bale bisa digunakan untuk duduk santai sambil menanti mentari terbit (c) Fery Setiawan/Travelingyuk

Begitu Teman Traveler sampai di tempat, kalian bakal menemukan sejumlah gazebo atau balebale yang bisa digunakan duduk santai sambil menunggu terbitnya matahari. Biasanya, ada beberapa warung yang sudah buka, jadi kalian bisa sekalian menikmati secangkir kopi atau teh hangat.

Jika sedang membawa tikar, Teman Traveler juga bisa lho piknik ala-ala bersama teman. Lapar? Tenang saja. Di sekitar Pantai Karang biasanya bakal ada beberapa penjual lumpia yang menawarkan dagangannya dengan harga Rp5.000 saja per porsi.

pantai karang sanur
Fotografer tampak berburu sunrise (c) Fery Setiawan/Travelingyuk

Teman Traveler kemungkinan akan bertemu beberapa fotografer maupun mahasiswa yang biasa mengambil foto matahari terbit di sini. Kalian bisa berkenalan atau mengobrol dengan mereka. Siapa tahu nantinya jadi kawan traveling. Pastinya bakal mengasyikkan bukan?

Pemandangan Magis Pagi Hari

pantai karang sanur
Beberapa orang mulai menunggu sunrise (c) Fery Setiawan/Travelingyuk

Begitu matahari mulai menampakkan sinarnya, Teman Traveler bakal langsung berdecak kagum lantaran pemandangan yang tercipta sangat indah. Jika sedang beruntung, corak jingga dan pastel bakal menghiasi langit sembari mentari keluar dari peraduannya. Jadi pastikan selalu memeriksa ramalan cuaca. Usahakan mampir ke sini ketika cuaca cerah.

img_5922_MA2.jpg
Gunung Agung nampak di kejauhan (c) Fery Setiawan/Travelingyuk

Jika cuaca sedang cerah, Teman Traveler akan bisa melihat gagahnya Gunung Agung dari kejauhan. Terlihat sangat jelas dan epik. Pantulan di laut bakal bikin pemandangan terlihat makin indah. 

Hal yang Perlu Dipersiapkan

pantai karang sanur
Mataharinya seperti ada dua ya? (c) Fery Setiawan/Travelingyuk

Lantaran pantai ini merupakan salah spot favorit untuk melihat sunrise di Sanur, Teman Traveler sebaiknya tiba 30 menit lebih awal. Kalian bisa cek perkiraan waktu matahari terbit di aplikasi smartphone. Jangan lupa pakai jaket karena udara pagi di sekitar sini bisa terasa sangat dingin.

pantai karang sanur
Warna pastel yang terpancar membentuk sayap (c) Fery Setiawan/Travelingyuk

Jangan lupa siapkan handphone atau kamera dengan baterai penuh untuk mengabadikan momen indah ini ya! Siapkan tripod dan memory stick! Terkesan remeh, tapi dua alat tersebut sangat penting, apalagi jika kalian hobi membuat video timelapse

Cara Menuju Pantai dan Biaya Masuk

img_5941_AmO.jpg
Matahari mulai terbit (c) Fery Setiawan/Travelingyuk

Untuk menuju Pantai Karang, Teman Traveler bisa langsung mengandalkan panduan dari aplikasi Maps yang ada di smartphone. Jika masih takut tersesat, bisa tanya petunjuk arah pada warga sekitar. Sementara untuk biaya masuk tidak ada sama sekali, cukup bayar parkir antara Rp2.000 hingga Rp5.000-an. Bahkan jika berjalan kaki atau mengayuh sepeda, kalian tak perlu bayar sepeser pun.

Itulah pengalaman saya memburu sunrise epik di Pantai Karang Sanur. Jika Teman Traveler sedang menjelajah wisata Bali dan sekitarnya, jangan lupa mampir ke sini ya. Selamat jalan-jalan.

Tags
Bali Indonesia kontributor pantai karang sanur Travelingyuk Wisata wisata bali
Share