Pantai Kaliantan, Surga Pecinta Kitesurfing di Lombok

Advertisement

Berbicara mengenai keindahan alam Lombok, memang takkan ada habisnya. Pulau Seribu Masjid memiliki banyak pantai yang masih belum
terjamah wisatawan. Masing-masing memiliki karakteristik khas, berbeda satu sama lain. Termasuk, Pantai Kaliantan.

Karang Pantai Kaliantan yang khas (c) Rosita/Travelingyuk

Pantai perawan eksotik ini terletak di sebelah tenggara Lombok dan memiliki karakteristik tebing unik. Tak sedikit pula yang menganggapnya sebagai surga pecinta kitesurfing di Pulau Seribu Masjid.

Berada Lumayan Jauh dari Mataram

Suasana di Kaliantan yang masih alami dan tenang (c) Rosita/Travelingyuk

Jarak Pantai Kaliantan memang cukup jauh dari pusat kota Mataram, sekitar 72 kilometer. Lokasi tepatnya ada di Dusun Kaliantan, Desa Seriwe, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur. Perjalanan menuju sini bakal memakan waktu sekitar dua jam. Wajib menggunakan kendaraan pribadi, karena tak ada transportasi umum.

Teman Traveler bisa mengambil rute Mataram, lanjut ke Praya, kemudian ke Mujur, teruskan hingga Jerowaru. Kemudaian ambil arah Seriwe, dan sampailah kalian di Pantai Kaliantan. Beberapa kilometer menuju lokasi, kondisi jalan agak kurang baik. Pastikan kendaraan dalam kondisi prima.

Lokasi Kaliantan lumayan terpencil, sehingga tidak ada terlalu banyak petunjuk jalan menuju sini. Akan lebih mudah jika Teman Traveler bertanya panduan arah pada penduduk sekitar.

Terpencil dan Jarang Dijamah Wisatawan

Terpencil dan jarang dijamah wisatawan (c) Rosita/Travelingyuk

Tak banyak memang wisatawan yang berkunjung ke Kaliantan. Suasana sekitarnya masih terasa sangat alami, hening, dan menenangkan. Sangat layak dikunjungi jika Teman Traveler ingin mencari suasana syahdu sembari menikmati pemandangan khas pesisir.

Posisi Kaliantan berada di bawah perbukitan dan cukup jauh dari hingar binar keramaian. Hamparan pasirnya begitu bersih dan air lautnya berwarna biru segar. Garis pantai di sini juga cukup panjang, sekitar tujuh kilometer.

Karang di Kaliantan memiliki warna eksotis (c) Rosita/Travelingyuk

Topografi Kaliantan juga terbilang unik. Di sekelilingnya terdapat bukit
dan tebing karang berwarna eksotik. Keberadaan bentang alam ini kian menambah daya tariknya.

Surga Pecinta Kitesurfing

Bibir pantai dihiasi pasir putih bersih (c) Rosita/Travelingyuk

Akhir-akhir ini Pantai Kaliantan banyak disambangi pecinta kitesurfing.
Kebanyakan berasal dari kalangan wisatawan mancanegara. Kitesurfing adalah olahraga unik yang menggunakan papan selancar dan parasut, digerakkan memanfaatkan hembusan angin.

Kaliantan sangat ideal untuk kitesurfing, terutama jika dibandingkan dengan pantai lain di Lombok. Garis pantai di sini lebih luas dan panjang. Periode angin kencang di sini juga lebih lama dibanding kawasan lain, yakni selama tujuh bulan antara Maret hingga Oktober.

Lokasi Bau Nyale

Jika menginginkan pengalaman berbeda saat berkunjung ke Pantai
Kaliantan dan Pantai Kuta Mandalika, cobalah datang saat Upacara Bau Nyale. Tradisi perburuan cacing laut ini sudah jadi event tahunan di Lombok. Memiliki keterkaitan erat dengan Legenda Putri Mandalika.

Upacara Bau Nyale biasanya diselenggarakan setiap Februari. Jangan sampai dilewatkan jika Teman Traveler sedang berada di Lombok.

Itulah sekilas ulasan mengenai Pantai Kaliantan di Lombok Timur, yang sekaligus merupakan surga pecinta kitesurfing. Jika berkunjung ke kawasan ini, kalian juga bisa sekalian menyambangi Pantai Ekas, Pink, dan Tanjung Bloam.

Advertisement
Tags
Indonesia kontributor Lombok Travelingyuk wisata lombok
Share