5 Pantai Jogja Favorit, Buktikan Sendiri Keindahannya

Bagi Teman traveler yang masih bingung menentukan lokasi liburan pekan ini, ada beberapa tempat seru yang harus disambangi saat keliling wisata Jogja. Pas banget buat kalian yang menyukai suasana tenang dan damai, sambil jalan-jalan di atas hamparan pasir putih, melihat deburan ombak. Setidaknya ada lima pantai Jogja yang keindahannya harus Teman Traveler buktikan sendiri. Mana saja?

Pantai Parangtritis

Naik kuda di Parangtritis (c) Esti Traveler/Travelingyuk

Salah satu pantai favorit wisatawan Jogja ini terletak di Kecamatan Kretek, Bantul. Di sini Teman Traveler bisa menjajal beberapa permainan seru seperti sandboarding di gumuk pasir, menaiki ATV, kereta kuda, atau mencoba asyiknya aero modelling.

Bagi Teman Traveler yang ingin habiskan waktu lebih lama di sini, terdapat fasilitas penginapan. Jika berminat membawa buah tangan untuk keluarga di rumah, kalian bisa membeli beragam suvenir khas Parangtritis yang ditawarkan pedagang sekitar. Oh ya, jangan lupa sempatkan mencoba kudapan khas setempat ya, yaitu undur-undur crispy.

Pantai Indrayanti

Indrayanti selalu ramai pengunjung (c) Esti Traveler/Travelingyuk

Pantai Indrayani juga enggak kalah seru buat pelesiran. Di sini Teman Traveler bakal dimanjakan pemandangan indah saat sunset maupun sunrise. Kalian juga bisa bersantai sambil minum kelapa muda di dekat bibir pantai.

Karakteristik Indrayanti hampir mirip dengan pantai-pantai di Bali. Di sini Teman Traveler bakal melihat cukup banyak wisatawan asing. Penasaran? Destinasi satu ini bisa kalian sambangi di Dusun Ngasem, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus.

Pantai Krakal Kukup

Pantai Krakal Kukup (c) Esti Traveler/Travelingyuk

Berikutnya ada Pantai Krakal Kukup. Destinasi satu ini memiliki cukup banyak gugusan tebing karang. Suasanya memang belum seramai pantai lain dalam daftar ini, namun, pemandangannya sangat indah. Air lautnya terlihat sangat biru, siapapun pasti gatal ingin segera bermain air di sini.

Pada saat-saat tertentu Teman Traveler akan menemukan jasa penyewaan alat snorkeling maupung surfing. Ingin segera berkunjung ke sini? Kalian cukup arahkan kendaraan ke Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul.

Pantai Baron

Pantai Baron (c) Esti Traveler/Travelingyuk

Pantai Baron bisa dibilang termasuk salah satu pantai klasik di Indonesia. Di sini Teman Traveler akan menemukan sebuah aliran sungai air tawar yang sering dimanfaatkan nelayan setempat untuk mencari ikan. Perahu mereka biasanya akan tampak berjejer rapi di sepanjang garis pantai.

Teman Traveler bisa melihat serunya aktivitas para nelayan saat tengah melaut. Jika perut sudah mulai lapar, cobalah beberapa kuliner lokal seperti olahan ikan, kepiting, kerang, atau cumi. Semuanya disajikan dalam kondisi segar dan bisa dibawa pulang untuk oleh-oleh.

Destinasi satu ini cukup mudah dijangkau dari pusat kota Jogja. Lokasi tepatnya ada di Rejosari, Kemadang, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul.

Pantai Drini

Pantai Drini (c) Esti Traveler/Travelingyuk

Objek wisata di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul ini menawarkan keindahan alam nan eksotis. Dikenal juga sebagai Pantai Perawan karena kondisi sekitarnya masih sangat bersih. Selain itu udara di sini juga terasa sejuk, ditambah dengan hamparan pasir putih mempesona.

Teman Traveler juga bisa melihat tebing menyerupai pulau kecil terapung di tengah lautan. Tebing tersebut menjadi tempat berdirinya sebuah mercusuar. Di sini wisatawan bisa melihat dengan jelas deretan rumput laut di antara karang dan biota laut lainnya.

Itulah beberapa pantai Jogja yang kerap jadi favorit wisatawan. Oh ya, ongkos masuk ke semua destinasi tersebut sangat murah lho, rata-rata hanya Rp10.000. Bagaimana Teman Traveler, kalian pernah menyambangi yang mana?

Tags
Jogja Jogjakarta kontributor Travelingyuk wisata jogja Wisata Jogjakarta
Share