Eksotisnya Pantai Jogan, Surga Dunia di Jogja

Menjelajahi Jogja tidak cukup hanya sehari atau dua hari, mengingat banyaknya destinasi wisata indah yang patut dikunjungi. Seperti Jogan yang menjadi salah satu dari puluhan pantai di kawasan Gunung Kidul, Jogja. Tempat ini mempunyai pesona yang bikin Teman Traveler betah di sini. Bagaimanakah pesonanya?

Eksotisme Pantai Jogan

Pantai Jogan Jogja
Deburan Ombak Pantai Jogan (c) Moppy Apriyadi/Travelingyuk

Pantai Jogan memiliki panorama lautan yang luar biasa indah. Selain itu, karang-karang di sini dihuni oleh ratusan bayi kepiting berwarna transparan.

Namun demikian, ada satu keunikan di sini yang membuat para pelancong terkagum-kagum. Bukan sekadar pantai dan lautan, namun di sini terdapat air terjun. Hal ini tentunya tidak biasa, mengingat air terjun umumnya ditemui di kawasan pegunungan.

Akses Menuju Pantai

Pantai Jogan Jogja
Menyusuri Tebing (c) Moppy Apriyadi/Travelingyuk

Pantai Jogan berlokasi di Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Jogja. Bila Teman Traveler berangkat dari pusat Kota Jogja, maka akan memakan waktu perjalanan sekitar 2 jam.

Akses menuju Pantai Jogan termasuk mudah, dapat dilalui dengan kendaraan pribadi maupun umum seperti bus. Untuk tarifnya, Teman Traveler cukup mengeluarkan biaya sekitar Rp10.000an yang sudah termasuk tiket masuk ke Pantai Siung dan Nglambor.

Kalau menggunakan roda dua maka ada tambahan biaya parkir Rp3.000an dan mobil Rp5.000an, sedangkan bus atau rombongan pariwisata Rp20.000an.

Dari tempat parkir, Teman Traveler tinggal jalan kaki menuju bibir pantai. Jaraknya cukup dekat di mana pengunjung harus menuruni anak tangga. Berhubung lumayan licin, sebaiknya gunakanlah alas kaki yang nyaman dan tepat.

Air Terjun Mengalir ke Lautan

lrm_export_261822502241988_20190828_122855082_m8q.jpeg
Suasana Lautan (c) Moppy Apriyadi/Travelingyuk

Air terjun di Pantai Jogan berasal dari mata air yang berada tak jauh dari tebing. Ketinggiannya sekitar 10 meter yang jatuh langsung ke lautan. Kalau Teman Traveler beruntung, ada kalanya dapat menyaksikan guyuran air yang begitu deras.

Bagi pengunjung yang tidak bisa turun ke bawah, dapat menikmati keindahan pantai dari atas tebing dekat air terjun. Selain keindahan pantai yang eksotis, pantai jogan juga menyuguhkan sensasi romantis menikmati senja di penghujung hari.

Tak hanya menikmati keindahan Air Terjun Pantai Jogan, Teman Traveler dapat melakukan kegiatan lain. Sebut saja menaiki tebing di bagian timur pantai untuk melihat Jogan dari ketinggian. Bisa juga bermain di bibir pantai sembari mencari kelomang atau kepiting kecil.

Nah, bila sudah merasa lapar tidak perlu khawatir. Sebab ada pula warung-warung di pinggir pantai.

Sekalian Berkunjung ke Pantai Sekitarnya

Pantai Jogan Jogja
Pantai Jogan di Jogja (c) Moppy Apriyadi/Travelingyuk

Buat pengunjung yang sudah memasuki kawasan pantai di Jogja, sempatkan juga untuk mengunjungi Nglambor dan Siung setelah puas menjelajahi Jogan. Nah, jika Teman Traveler mencari tempat menginap di sini. Tersedia di area Pantai Nglambor, terdapat beberapa homestay di sekitarnya.

Bila Teman Traveler berencana menjelajahi wisata bahari di Jogja, maka masukkan Pantai Jogan ke dalam daftar kunjungan. Persiapkan itinerari yang lengkap, ya. Biar liburan makin maksimal.

Tags
Indonesia kontributor Pantai Jogan pantai jogja Travelingyuk Wisata wisata jogja
Share