Pantai Indrayanti, Wisata Alam Jogja yang Keindahannya Tak Terganti

Rizky Nusantara

Rizky Nusantara

On Indonesia
Pantai Indrayanti Jogja Pantai Indrayanti Jogja

Tak hanya dikenal dengan wisata budaya, Jogja juga memiliki pesona laut yang memukau. Pantai yang berjajar dari Bantul hingga Gunung Kidul ini memiliki pesona yang sayang untuk dilewatkan. Salah satunya adalah Pantai Indrayanti. Berikut adalah penuturan Kontributor Travelingyuk, Rizky Nusantara mengenai pengalamannya berkunjung ke salah satu pesona di Gunungkidul ini. Simak lebih lanjut tentang tempat wisata di Jogja Pantai Indrayanti ini.

Pernah Berganti Nama

Pantai Indrayanti
Pantai Indrayanti (C) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Pantai Indrayanti adalah satu diantara banyaknya pantai yang ada di Jogja. Wisata ini juga dikenal dengan nama Pantai Pulang Sawal. Nama yang satu ini mungkin hanya akan dikenal warga sekitar. Akhirnya nama tersebut diganti karena ‘Pulang Sawal’ dianggap kurang menjual dan terkesan terlalu kuno. Oleh karena itu, wisata cantik ini pun kemudian diberi nama Pantai Indrayanti.

Sejarah Singkat Pantai

Gradasi warna Pantai Indrayanti
Gradasi warna Pantai Indrayanti (C) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Ada yang tahu, mengapa harus diberi nama Indrayanti? Kebanyakan pantai atau nama tempat wisata akan selalu berhubungan dengan lokasinya. Tetapi, tidak untuk pantai yang satu ini. Nama ndrayanti ternyata diambil dari nama restoran yang berada di dekat pantai.

Banyak para pengunjung yang datang ke restoran ini setelah puas bermain air. Oleh karena itu, pantai ini diberi nama Indrayanti sesuai dengan nama restorannya. Sempat ada protes dari pemilik restoran. Namun para pengunjung masih saja menyebut pantai ini dengan nama Indrayanti. Kedua tempat tersebut seakan tidak bisa dipisahkan.

Daya Tarik Pantai

Bukit Watu Gilap
Bukit Watu Gilap (C) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Memasuki kawasan ini para wisatawan akan disambut dengan beberapa warung yang berjajar. Aneka makanan dijual dengan harga yang relatif murah. Barulah, pasir-pasir putih akan menyambut para wisatawan dengan hangat.

Pantai ini memiliki gradasi warna yang aduhai. Berpadu dengan dua karang yang kokoh membuat tempat ini menjadi sangat menarik. Tidak hanya bermain air saja,  tetapi berfoto di berbagai sudut pantai pun bisa dilakukan dengan menggunakan kamera yang mumpuni.

Menikmati Pantai Pulang Syawal ini memang tidak bisa hanya sebentar. Terlebih lagi, kedua karang yang berdiri di kanan dan kiri pantai ini membuat setiap wisatawan diwajibkan untuk naik dan melihat keindagan sekitar dari atas. Karang tersebut diberi nama Bukit Watu Gilap. Dengan membayar Rp5ribu, Teman Traveler pun bisa menikmati kecantikan sunset dari ketinggian..

Jangan takut untuk menginap.  Sudah banyak penginapan dengan berbagai macam bentuk dan dengan harga yang bisa disesuaikan dengan fasilitas. Mau yang kelas backpacker atau koper pun ada di sini.

Rute Dan Lokasi Menuju Pantai

Pandangan dari atas bukit
Pandangan dari atas bukit (C) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Pantai Pulang Syawal berada di wilayah Gunungkidul tepatnya, 66 KM dari Kota Yogyakarta. Atau kurang lebih 2 jam dengan kondisi jalannya yang berkelok-kelok. Bagusnya, jalanan menuju ke pantai ini sudah sangat baik. Pemerintah Gunungkidul paham benar akan potensi yang dimilikinya.

Alamat Pantai ini sendiri berada di wilayah Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul. Menuju ke Tepus pun tidak terlalu sulit. Banyak sekali petunjuk jalan yang bisa dijadikan pedoman. Bisa juga menggunakan aplikasi map untuk lebih jelasnya lagi.

Pantai Indrayanti atau Pantai Pulang Syawal adalah pesona keindahan Yogyakarta yang sayang dilewatkan. Dengan harga tiket masuk sebesar Rp10 ribu, pesona lain dari sisi Jogja pun bisa dinikmati sepuasnya. Bagaimana, Teman Traveler sudah pernah berkunjung ke sini?