4 Pantai Indah di Gunungkidul, Cocok untuk Rayakan Tahun Baru

Advertisement

Tahun baru sebentar lagi akan datang nih. Sudah saatnya Teman Traveler merencanakan di mana lokasi yang tepat untuk merayakan tahun baru. Nah, bagi kalian yang sedang ada di Jogja, Travelingyuk punya rekomendasi. Mau tahu apa saja? Simak pantai indah di Kabupaten Gunungkidul berikut ini. 

1. Pantai Jungwok  

pantai indah di gunungkidul
Pantai Jungwok via instagram/r.nafisaa

Pantai pertama yang bisa jadi pilihan bernama Jungwok. Kalau kalian berkunjung ke pantai ini, maka bersiaplah untuk terhipnotis dengan putihnya pasir yang terbentang luas dan birunya laut yang dapat memanjakan mata. Kemudian, kalian juga dapat menyaksikan aneka biota laut seperti bintang laut, bermacam-macam jenis ikan hingga rumput laut. 

Menariknya lagi, Teman Traveler bisa bermalam dengan tenda di pantai ini. Alasannya karena wisata alam satu ini suasananya cukup sepi. Jadi, sangat cocok untuk kalian yang ingin menenangkan diri atau menghabiskan malam tahun baru sambil melihat pemandangan laut. Apabila kalian ingin ke sini, datang saja ke Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul

2. Pantai Greweng 

pantai indah di gunungkidul
Pantai Greweng via instagram/ayunn18_

Selanjutnya, ada Pantai Greweng yang berlokasi di Desa Tepus, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul. Wisata satu ini merupakan lokasi yang garis pantainya tidak sampai 1 km. Lalu untuk ombaknya juga tidak terlalu besar, sehingga cocok untuk berenang. 

Walaupun masih kalah populer dengan pantai lainnya, namun pemandangan yang ditawarkan tidak main-main. Ditambah lagi suasananya yang cukup sepi, membuat pantai ini serasa milik pribadi. Oleh karenanya, banyak pengunjung yang camping di sana dalam kurun waktu satu atau dua hari. 

Nah, apabila kalian tertarik mengunjunginya, ada berbagai macam harga tiket di sini. Bagi yang membawa motor cukup membayar Rp3.000 atau Rp5.000 kalau menginap. Sementara pengendara mobil akan dikenakan biaya parkir Rp5.000 atau Rp10.000 jika menginap. 

3. Pantai Watu Lumbung 

Pantai Watu Lumbung via instagram/hay.atull

Teman Traveler juga bisa mampir ke Pantai Watu Lumbung. Salah satu pantai di Jogja ini punya banyak sekali keunikan di dalamnya. Pertama, berupa karang yang menjorok ke tengah laut dan apabila dilihat secara seksama, akan seperti pulau kecil di tengah perairan. Kemudian, di sekitar pantai juga banyak sekali lubang yang sangat indah kalau dijadikan spot berfoto. Lalu, untuk pasirnya sendiri, berwarna putih bersih. 

Maka dari itu, banyak sekali pengunjung yang tidak puas menghabiskan waktu sehari di sana. Mereka akan memilih menginap supaya puas menjelajah keindahan pantai satu ini. Bagi yang penasaran, datanglah ke area Balong, Girisubo, Kabupaten Gunungkidul. Untuk masuk ke sini, kalian hanya perlu membayar parkirnya, Rp5.000 bagi motor dan Rp10.000 untuk mobil. 

4. Pantai Jogan 

Pantai Jogan via instagram/paketwisatajogja 

Terakhir, ada Pantai Jogan yang berada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Wisata satu ini menarik banyak orang untuk berkunjung karena air pantai dan air terjun menjadi satu.

Kemudian, keindahannya pada saat matahari terbenam adalah fenomena yang paling ditunggu. Dengan gemercik air terjun yang tidak pernah kering, air laut yang mulai tenang, beberapa karang yang agak besar timbul di bibir pantai dan warna jingga dari matahari tenggelam semakin menambah romantisme sore. 

Untuk menikmati pemandangan tersebut, pengelola pantai memperbolehkan pengunjung camping di sekitar pantai. Namun, harus meminta izin terlebih dulu dan tidak lupa menjaga kebersihan pantai. 

Itulah beberapa pantai indah di Gunungkidul yang cocok untuk habiskan malam tahun baru. Semuanya memiliki keindahan masing-masing, sehingga bisa dipilih sesuai selera. Jadi, kalian ingin pilih pantai yang mana nih untuk rayakan pergantian tahun?

Advertisement
Tags
Indonesia Kabupaten Gunungkidul Pantai indah di Gunungkidul Wisata Yogyakarta
Share