Pantai Gemah Tulungagung, Wisata Memesona dengan Aneka Wahana

Advertisement
Advertisement

Pernah dengar nama pantai Gemah? Destinasi ini terletak di Tulungagung yang menawarkan beragam wahana dan permainan seru. Karena itu pula, tempat ini tidak pernah sepi baik saat weekend maupun hari-hari biasa. Tempat parkir selalu padat, hingga rombongan bus ber-plat kendaraan luar kota. Lalu apa sih istimewanya? Berikut penuturan dari Kontributor Travelingyuk, Reezumiku.

Unik dengan Pepohonan Cemara di Bibir Pantai

Pohon cemara yang rindang
Pohon cemara yang rindang (c) Reezumiku/Travelingyuk

Pantai Gemah berada di pesisir selatan Tulungagung dengan arah pantainya menghadap ke timur. Lokasi tersebut berada di wilayah Desa Keboireng, Kecamatan Besuki. Sebelum Jalur Lintas Selatan (JLS) mulai dibangun, pantai ini termasuk salah satu tempat yang tersembunyi. Setelah adanya JLS, terbukalah tabir keindahan yang memiliki pesona alam indah tersebut. Tiket masuk Pantai Gemah juga murah yaitu Rp5.000 di hari senin-jumat, dan Rp7.500 saat weekend. Sementara parkirnya Rp2.000/motor, Rp5.000/mobil, dan Rp10.000/bus atau elf.

Wisata di Tulungagung ini unik karena  memiliki pepohonan cemara di sepanjang bibir pantai. Tempatnya teduh dan rindang, sangat nyaman untuk berteduh dari sengatan sinar matahari. Area ini biasanya juga digunakan sebagai tempat parkir, serta lokasi strategis bagi pengunjung yang ingin bersantai sambil menggelar tikar.

Incip Olahan Seafood Segar di Gemah

Ikan Segar
Ikan segar (c) Reezumiku/Travelingyuk

Ke pantai belum lengkap jika tidak mencicipi menu seafood, apalagi yang masih segar. Di sepanjang jalan Jalur Lintas Selatan, sudah banyak warung-warung sederhana untuk disinggahi sambil menatap pemandangan panorama Samudra Hindia. Sementara di pinggir Pantai Gemah juga telah tersedia gubuk-gubuk sederhana dengan aneka olahan seafood.

Ikan bakar asap
Ikan bakar asap (c) Reezumiku/Travelingyuk

Harga ikan kisaran Rp4.000 hingga Rp45.000, tergantung ukuran dan jenisnya. Hasil laut seperti Kerapu, Kakap Merah, Salem, Mubara, Tuna, Cumi, maupun yang lain biasanya diasapi atau dibakar lebih dulu. Pengunjung bisa membeli untuk oleh-oleh maupun dimasak langsung dengan berbagai olahan plus sambal lezat. Nyam-nyam, bikin laper deh.

Jelajah Pantai dengan Sewa ATV

Naik ATV
Naik ATV (c) Reezumiku/Travelingyuk

Kalau sudah kenyang, saatnya mengeksplor semua wahana yang tersedia. Salah satu yang bisa dicoba yaitu naik kendaraan ATV. Ada dua jenis ATV di sini, yaitu ATV 250 cc (ukuran besar) dengan tarif Rp100.000 per jam dan ATV 150 cc (ukuran kecil) seharga Rp80.000 per jam. Jika merasa terlalu mahal, bisa menyewa setengah jam dengan harga separuhnya saja kok. Kendaraan tersebut bisa dinaiki dua hingga empat orang.

Wahana roda dua juga ada. Teman Traveler yang ingin memacu adrenalin bisa naik motor trail. Harga sewanya Rp60.000 per jam atau Rp30.000 per 30 menit. Waktu tersebut sudah bisa dipakai menjelajah hingga Pantai Bayem yang terletak di sebelah Gemah. Namun pengendara ATV maupun motor trail harus tetap hari-hati karena ramainya pengunjung

Pemandangan Cantik dari Flying Fox

Flying fox
Flying fox (c) Reezumiku/Travelingyuk

Takut ketinggian? Bila tidak, mari kita bermain flying fox yang merupakan salah satu wahana terbaru di Gemah. Panjangnya 200 meter dengan ketinggian 40 meter. Sekali naik, Teman Traveler harus membayar Rp25.000 per orang. Sensasinya luar biasa karena pemandangan yang terpampang langsung adalah lautan luas. Petugasnya juga ramah-ramah dalam menjelaskan segala kelengkapan safety. Ingin punya kenangan tak terlupakan? Teman Traveler bisa mencoba merekam diri sendiri saat meluncur maupun mengabadikan pemandangan indah yang ada di depan mata.

Pacu Adrenalin dengan Naik Banana Boat

Seru naik banana boat
Seru naik banana boat (c) Reezumiku/Travelingyuk

Tak hanya flying fox, masih ada wahana lain yang bisa dicoba. Salah satunya banana boat. Per orang harganya Rp40.000 dengan kapasitas muatan maksimal 10 orang. Perahu akan membawa kita berputar di laut dengan kecepatan sedang hingga kencang, lalu membalikkan ban tiba-tiba. Tapi jangan khawatir, Teman Traveler yang tidak bisa berenang pun bisa mencoba, karena sudah dilengkapi pelampung dan didampingi petugas yang berpengalaman.

Tak mau basah? Teman Traveler juga bisa naik perahu dengan membayar Rp10.000 per orang. Waktu berkeliling lautan selama 20-30 menit. Ombaknya cukup tenang di siang hari. Kita bisa melihat tambak-tambak udang yang mengapung di tengah laut. Pemilik perahu juga tidak segan menjelaskan berbagai area yang dilalui perahu. Kita bisa mengenal beberapa daerah di sekitar Pantai Gemah.

Lengkapi Liburan dengan Berswafoto

Spot foto
Spot foto (c) Reezumiku/Travelingyuk

Jika tidak ingin merogoh kantong lebih dalam, banyak kok kegiatan yang bisa dilakukan secara gratis di sini. Anak-anak dapat bermain pasir, berenang di tepi pantai, foto-foto di beberapa spot instagenic, atau sekedar berbaring di bawah pohon sambil menyeruput es kelapa muda (es degan). Fasilitas kamar mandi, bilik ganti, maupun mushola juga tersedia melengkapi kebutuhan pengunjung dengan biaya rata-rata Rp2.000.

Jadi, gimana? Masih ragu untuk berkunjung ke Tulungagung? Pasti tak akan bosan apalagi menghabiskan akhir pekan di Pantai Gemah. Segera agendakan waktu dan nikmati liburanmu.

Advertisement
Tags
Indonesia Jawa Timur Travelingyuk Tulungagung Wisata Tulungagung
Share