Pantai Gatra, Wisata Murah Meriah di Malang

Wisata pantai Malang adalah daya tarik tersendiri di Jawa Timur. Ombak yang bergulungan dan angin pantai sepoi-sepoi selalu bisa mengusir rasa gusar. Salah satu pantai di Malang yang patut dikunjungi adalah Pantai Gatra, destinasi yang masih sangat alami, bersih, dan menawan. Ada apa saja sih di sini?

Keistimewaan Pantai Gatra

Keindahan dan kebersihan Pantai Gatra
Keindahan dan kebersihan Pantai Gatra

Gatra merupakan wilayah konservasi yang dilindungi. Menampilkan pemandangan keren dan bisa dibilang masih alami. Toko atau warung yang biasanya menjadi penyebab sampah-sampah berserakan tidak terlalu memenuhi bibir pantai. Seru kan kalau kita bisa menikmati segarnya angin laut, pasir putih yang tidak tercampur kotoran. Yap, di sini masih sangat bersih.

Akses Menuju Pantai

Mangrove menuju Pantai Gatra
Mangrove menuju Pantai Gatra

Untuk bisa sampai di Pantai Gatra, dari pusat Kota Malang bisa mengambil jalur Turen menuju ke Sendang Biru. Rute yang digunakan sama dengan tujuan Clungup atau Tiga Warna. Ada jalan setapak yang sudah dipaving, namun tak sampai ke bibir pantai. Untuk kendaraan beroda 4 harus diparkir di pintu masuk, sedang motor masih bisa menempuh melewati jalan kecil yang berbatu. Butuh treking sejauh 400 meter. Serunya, selama perjalanan menuju Gatra, kamu akan disuguhi pemandangan muara Clungup dan juga hutan mangrove.

Keasikan Pantai Gatra

Serunya main kano di Pantai Gatra
Serunya main kano di Pantai Gatra

Yang membedakan Gatra dengan pantai di Malang lainnya adalah kebersihannya yang masih terjaga. Di pintu masuk, kamu akan diminta keterangan tentang barang yang berpotensi menjadi sampah. Jangan sampai tidak membawanya kembali kalau tak ingin kena denda yang cukup mahal untuk setiap item yang hilang. Kamu bisa menikmati asiknya main kano dengan pemandu gratis yang super ramah, hanya cukup bayat 25 ribu untuk sepuasnya. Lokasi ini rupanya juga digunakan untuk camping seru bareng sahabat.

Waktu Terbaik untuk Mantai

Pantai Gatra menjelang sore hari
Pantai Gatra menjelang sore hari

Berangkatlah pagi-pagi dari kota Malang agar bisa menikmati Gatra dalam keadaan sedang cantik-cantiknya. Ombak-ombaknya kecil, membuatmu bisa berenang sampai tengah, menikmati birunya langit dan juga suasananya yang serasa di pulau milik pribadi. Rasakan sendiri serunya basah-basahan tanpa takut tenggelam karena laut yang tak dalam. Saat siang menjelang sore, air sudah surut sehingga karang-karangnya pun terlihat.

Murah Meriah

Wisata murah meriah pantai Gatra
Wisata murah meriah pantai Gatra

Traveling itu tak harus mewah. Yang murah meriah pun tak kalah memberikan kebahagiaan. Salah satu contohnya adalah ke Pantai Gatra. Setiap pengunjung dikenakan tarif 10 ribu rupiah, dan harga yang sama untuk motor yang dititipkan. Di dalam, kamu bisa menyewa kano hanya dengan 25 ribu, sudah bisa main sampai lelah. Kamu tak akan boros, karena tak ada toko souvenir yang menggoda. Hanya ada satu warung kecil di depan kamar mandi. Oh iya, mereka tak jual nasi, ya. Bawa saja dari rumah. Jadi jauh lebih hemat lagi, kan? Yang nggak kalah penting, sebelum berangkat, pastikan bensin kendaraan sudah terisi penuh, ya.

Wah, bisa nih rencanakan perjalanan singkat tapi super menyenangkan ini bareng sahabat untuk menghabiskan akhir pekan depan. Bagaimana, tertarik mencoba?

Tags
pantai gatra malang
Share