Dari Naga Sampai Nirwana, Hamparan Pantai di Kota Baubau Bikin Enggan Pulang

Sebagai kota yang cukup muda, Kota Baubau sudah bisa menjadi nomor delapan terbesar di Sulawesi dalam hal jumlah penduduk. Kota di provinsi Sulawesi Tenggara ini sangat kaya akan potensi alam yang istimewa, layak bersaing dengan pantai-pantai terindah di Indonesia. Pesonanya pun menakjubkan, bakal bikin kamu enggan pulang. Di mana saja? Catat daftarnya.

Pantai Nirwana

Pantai Nirwana, Baubau.
Pantai Nirwana, Baubau. via Instagram/sarmawatizamuli91

Nirwana artinya surga, dan pantai ini sangat layak menyandang nama itu. Pantai Nirwana yang terletak di sebelah selatan Kota Baubau memiliki hamparan pasir putih memikat, dengan laut yang tenang dan jernih. Gradasi warna putih di pantai hingga biru di laut terlihat sepenuhnya. Seolah belum cukup, Pantai NIrwana juga menjadi salah satu spot terbaik untuk menikmati sunset. Dengan akomodasi yang gampang dan lengkap, pantai ini wajib dikunjugi kalau kamu lagi ke Baubau.

Pantai Sulaa

Pantai Sulaa, Baubau.
Pantai Sulaa, Baubau. via Instagram/dreamtripofalifetime

Dalam hal pariwisata, Desa Sulaa sebenarnya lebih dikenal sebagai desa tenun di Baubau. Namun keindahan pantai di desa ini juga tak main-main. Sulaa punya berbagai macam pantai, dari yang berpasir putih dan landai, hingga yang berbatu. Berenang dan snorkeling juga bisa dilakukan di sini. Yang seru, pulang dari pantai bisa sambil beli tenun khas Baubau di Desa Sulaa.

Pantai Kamali

Pantai Kamali Bau Bau
Pantai Kamali Bau Bau via Instagram/@capt_jacksparow

Pantai ini cukup unik karena terletak di jantung Kota Baubau. Landmark pantai ini adalah patung naga hijau yang memang menjadi ikon kota tersebut. Dari patung naga dengan air mancur itu, pengunjung bisa melihat langsung ke laut lepas. Pantai ini adalah tempat favorit masyarakat Baubau untuk berkumpul dan bersantai bersama orang terdekat. Tak heran jika kerap ada acara hiburan yang digelar di kawasan ini.

Pantai Lakeba

Pantai lakeba, Baubau.
Pantai lakeba, Baubau. via Instagram/mw_tjondrowarsito

Pantai Lakeba juga punya pasir putih indah, tapi daya tarik utama pantai ini adalah keindahan matahari terbenamnya. Sunset di Lakeba memiliki jutaan makna yang tergambar dalam kilauan warna. Pengunjung pun banyak yang datang saat senja. Hal itu dimanfaatkan warga sekitar dengan mendirikan banyak kafe dan rumah penginapan. Pengunjung bisa menikmati sunset dari gazebo pinggir pantai atau anjungan yang menjorok ke laut.

Sulawesi Tenggara memang kaya akan wisata alam. Tak hanya air terjun, deretan pantai di Kota Baubau pun bisa menjadi destinasi sempurna di akhir pekan. Bagaimana, pantai mana dulu nih yang mau disambangi Teman Traveler?

Tags
Bau-Bau Indonesia pantai Sulawesi tenggara Wisata
Share