Air Terjun Tirta Rimba, Nirwana Tersembunyi di Sulawesi Tenggara

Advertisement

Tak masalah walaupun harus menyeberang ke Pulau Buton untuk dapat sampai ke Kota Bau-Bau, Sulawesi Tenggara. Karena di kota dengan ikon patung naga berwarna hijau ini, terdapat banyak destinasi wisata yang memesona. Seperti beberapa destinasi ‘Air Jatuh’ (sebutan warga lokal untuk air terjun) yang ada di kota peninggalan Sultan Buton ini.

Biasa menjadi latar belakang foto para pengunjungnya [image source]
Air terjun Tirta Rimba adalah salah satu objek wisata alam di Bau-Bau. Eksotisme alam yang ditawarkan tak dimiliki objek wisata lain. Apalagi kalau bukan aliran airnya yang berbentuk unik seperti jamur. Selain itu, destinasi dengan tinggi sekitar 6 m dan lebar 5 m ini memiliki kolam-kolam kecil di bawahnya.

Airnya yang biru menjadi daya tarik tersendiri [image source]
Berada dalam kawasan hutan lindung, Tirta Rimba memiliki daya tarik tersendiri yang membuat pengunjungnya betah lama-lama. Di bawahnya terdapat kolam alami dengan ukuran 10 × 7 m dengan air yang sangat jernih. Kamu dapat menggunakan kolam untuk berenang atau sekedar berendam.

Bentuk unik dari batu di Balik Air Terjun [image source]
Objek wisata keren ini merupakan salah satu daerah konservasi dan pengawasan secara langsung dari pihak Kementerian Kehutanan Republik Indonesia. Di sini kamu dapat mendengarkan kicauan burung yang saling bersautan di atas pepohonan. Tak hanya itu, sebuah rongga besar di balik jatuhan air menjadi tempat favorit bagi pengunjung untuk dijadikan latar belakang foto mereka.

Jatuhnya air terjun yang tak terlalu deras [image source]
Namun sayang, air terjun yang terletak di Kelurahan Lakologou, Kecamatan Wolio ini belum memiliki pedagang makanan. Kalaupun ada, biasanya mereka bersifat musiman. Karena itu pula, ada baiknya jika segala perbekalan dipersiapkan sebelum melakukan perjalanan kemari.

Advertisement
Tags
Air Terjun Tirta Rimba Bau-Bau Kota Bau-Bau Pulau Buton Sulawesi tenggara
Share