Inilah Deretan Pantai di Balikpapan untuk Asupan Vitamin Sea Kamu

Kota tersibuk di Kalimantan Timur, mungkin inilah istilah yang tepat untuk Balikpapan. Tidak hanya populer dengan wisata sejarahnya, atau penangkaran buaya Teritip, Balikpapan juga memiliki wisata alam yang tak kalah menarik untuk disinggahi. Teman Traveler bisa melepas penat ke pantai di Balikpapan yang akan diulas di bawah ini. Catat ya.

Pantai Banua Patra

Pantai Banua Patra via Instagram @dunia.etam

Pantai yang berlokasi di kawasan Prapatan, Balikpapan ini merupakan spot yang tepat untuk Teman Traveler pecinta sunset karena merupakan pantai paling ujung barat. Berjarak sekitar 10 kilometer dari pusat Kota Balikpapan. Banyak berjejer pedagang makanan menggunakan gerobak menjajakan panganan mulai dari makanan ringan sampai makanan berat. Terdapat banyak bebatuan besar di kawasan laut Pantai Banua Patra sehingga tidak disarankan untuk berenang di kawasan ini.

Pantai Monumen Perjuangan Rakyat

Pantai Monpera via Instagram @septyansantoso

Pantai di Balikpapan indah selanjutnya adalah Pantai Monumen Perjuangan Rakyat atau biasa disebut Monpera, bertempat di Jalan Jenderal Sudirman Klandasan Ulu, Balikpapan kota. Di pantai ini dibangun monumen untuk mengenang jasa para pejuang Kalimantan Timur dalam melawan penjajah. Pantai Monpera biasanya digunakan untuk mengadakan acara hiburan seperti pasar malam, pertunjukan seni, dan banyak lainnya. Selain menikmati pantai ini, Teman Traveler juga bisa mampir ke restoran seafood, yaitu Rumah Makan Tip Top.

Pantai AURI Sepinggan

Pantai AURI Sepinggan via Instagram @jamil_pujianto

Pantai ini terletak di Sepinggan, Balikpapan Selatan yang dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor sekitar 30 menit. Teman Traveler bisa menuju ke pantai ini dengan mulus karena aksesnya mudah dan letaknya masih di tengah kota. Pantai AURI Sepinggan ini juga berjarak cukup dekat dengan Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, kurang lebih 4 kilometer saja. Terdapat gazebo-gazebo yang bisa digunakan untuk duduk atau piknik dengan kawan. Bagi yang ingin foto instagenic bisa melipir ke jembatan kayu yang masih berada di kawasan ini, sekaligus menikmati sunset pantai di Balikpapan satu ini.

Pantai Ambalat

Pantai Balikpapan
Pantai Ambalat via Instagram @ooscuit

Terletak di perbatasan Kota Balikpapan membuat Pantai Ambalat cukup ramai wisatawan terutama saat akhir pekan tiba. Tepatnya berada di Kelurahan Amborawang Laut Kecamatan Samboja Kabupaten Kutai Kertanegara. Konon nama Ambalat diambil dari singkatan Amborawang Laut. Teman Traveler bisa menikmati keasrian pantai ini karena banyak tumbuh pohon cemara di kawasan ini. Fasilitas salah satu pantai di Balikpapan pun cukup lengkap mulai dari gazebo, warung bahkan cottages dengan beragam harga. Juga disediakan tempat untuk menyewakan peralatan berenang bagi yang ingin merasakan kesegaran air laut Pantai Ambalat.

Ternyata sangat bervariasi ya pilihan melepas penat di Balikpapan, seperti pantai-pantai yang terletak tidak jauh dari pusat kota. Akses menuju ke lokasi pun mudah dan terbilang terjangkau. Apakah Teman Traveler juga termasuk pencari vitamin sea?

Tags
Balikpapan Indonesia Kalimantan Timur pantai Wisata Alam
Share