Oleh-oleh Khas Balikpapan, Berbagi Kebahagiaan Usai Liburan

Advertisement

Balikpapan merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki perkembangan ekonomi yang cukup maju. Fasilitas di Balikpapan juga cukup lengkap. Satu hal lagi yang membuat banyak orang terpikat untuk bekunjung ke Balikpapan, destinasi wisata di dalamnya sangat beragam. Ada destinasi wisata alam, buatan, sejarah, dan lain-lain. Kuliner di Balikpapan juga tak kalah lezat dengan daerah lainnya. Satu hal lagi, oleh-oleh Balikpapan juga beragam dan enak. Apa saja?

Mantau

Mantau bisa diisi sendiri, Via Instagram anakjajan
Mantau bisa diisi sendiri, Via Instagram anakjajan

Mantau memang kuliner khas Tiongkok, namun untuk versi Balikpapan ini cukup berbeda. Mantau atau yang disebut juga dengan Roti Sepan ini memiliki bentuk menyerupai bakpao. Bedanya, roti ini tidak diisi dengan daging atau isian lainnya. jadi kamu bisa mengisinya sendiri dengan isian sesuka hati. Ada mantau goreng dan ada pula yang dikukus. Oleh-oleh satu ini cocok sekali untuk sarapan pagi.

Olahan Kepiting

Peyek Kepiting, Via Instagram oleholehkhasbalikpapan
Peyek Kepiting, Via Instagram oleholehkhasbalikpapan

Balikpapan adalah salah satu kota di Indonesia yang terkenal memiliki banyak olahan laut, salah satu contohnya yakni kepiting. Jadi, sangat disayangkan sekali jika kamu sudah jauh-jauh ke Balikpapan dan tidak mencoba berbagai olahan kepitingnya. Ada kepiting saus tiram, kepiting tauco, dan juga kepiting asam manis. Ada pula olahan kepiting yang bisa kamu bawa sebagai oleh-oleh, misalnya saja abon ataupun juga keripik kepiting.

Amplang Kuku Macan

Amplang kuku macan, Via Instagram hanhanny
Amplang kuku macan, Via Instagram hanhanny

Pingin oleh-oleh yang gurih dan renyah dari Balikpapan? Kamu bisa membawa amplang kuku macan sebagai buah tangan. Meskipun namanya seram, tapi rasanya sangat enak. Untuk penamaannya yang unik, lantaran bentuknya mirip dengan kuku macan. Karena bentuknya yang tidak terlalu besar, sekali suap bisa masuk ke mulut.

Onde-onde Ubi Ungu

Onde-onde ubi ungu, Via Instagram lakshmiprasetyo
Onde-onde ubi ungu, Via Instagram lakshmiprasetyo

Oleh-oleh lain dari Balikpapan yang bisa dibawa pulang adalah onde-onde berwarna ungu dari ubi. Di kulit luarnya diberi wijen yang semakin memperkaya rasanya. Camilan yang sangat nikmat dan enak, tidak terlalu berat. Namun, buat kamu yang tidak suka dengan onde-onde ubi ungu ini, ada pilihan rasa lain yang bisa dicoba. Misalnya saja ada kacang hijau, cokelat, dan juga keju.

Bakpia

Bakpia khas Balikpapan, Via Instagram kulinerbalikpapan
Bakpia khas Balikpapan, Via Instagram kulinerbalikpapan

Bakpia tidak hanya milik Jogja saja, Balikpapan juga memiliki kuliner sejenis dengan nama yang sama. Bedanya, bakpia yang berasal dari Jogja ini memiliki ukuran yang jauh lebih besar. Sehingga, hanya satu buah saja akan membuat kamu kenyang lebih lama. Satu hal lagi yang mungkin akan membuat kamu senang menyantap bakpia ini, kulitnya renyah dan tidak terlalu manis. Varian rasanya banyak, tinggal pilih mana yang paling ingin dicoba.

Itulah setidaknya ada lima oleh-oleh khas Balikpapan yang bisa dibawa pulang ke rumah. Hitung-hitung sebagai bentuk berbagi kebahagiaan setelah liburan. Jangan lupa membeli oleh-oleh ya.

Advertisement
Tags
Balikpapan Indonesia kuliner balikpapan oleh oleh balikpapan oleh-oleh khas balikpapan
Share