Pantai-Pantai dengan ‘Gerbang’ Alami di Bawah Tebing

Advertisement

Pasir putih adalah daya tarik utama bagi sebagian besar orang yang datang ke pantai. Meski demikian, sebenarnya keindahan pantai tak dapat dinilai dari hal itu saja. Elemen-elemen lain juga dapat menjadi tolak ukur unik atau tidaknya destinasi tersebut. Seperti beberapa pantai dengan terowongan alami yang terletak di bawah tebing. Bentuknya unik, menjadi seperti gerbang di tengah tebing raksasa. Pemandangan itu dapat ditemukan di tempat-tempat ini.

1. Pantai Koomang, Enggano

Pantai Koomang dengan karang bolong di tengah tebingnya via instagram/@fianbkl

Nama pulau ini mungkin masih terdengar asing di telinga traveler. Karena Pantai Koomang yang berada di Pulau Enggano ini belum banyak terekspose. Tapi masalah potensi dan pemandangannya, tempat ini mampu bersaing. Pantai berpasir putih dan batuan besar didukung dengan air laut yang jernih adalah pemandangan utama di Pulau ini.

Perairan Pantai Koomang yang masih jernih, via instagram/@fianbkl

2. Pantai Bawana, Nusa Tenggara Timur

Pantai Bawanna di Sumba dengan terowongan karangnya via instagram/@finapukies

Tak bisa dipungkiri, tempat ini memang memiliki panorama pantai yang memukau. Pesisirnya memiliki pasir putih yang bersih serta dihiasi beberapa batu karang kecil. Sedangkan bagian lautnya diisi oleh perairan berwarna hijau tosca dengan ombak yang cukup kuat. Tak berhenti di situ, daya tarik lainya adalah tebing karang setinggi kurang lebih 5 meter dengan lubang di tengahnya.

Lubang tengah karang yang berada di pesisir pantau, via instagram/@mariskajanuar

3. Pantai Pasih Uug, Nusa Penida

Berada di tebing setinggi 100 meter via instagram/@dewiifitr

Destinasi di Nusa Penida ini sudah cukup populer di kalangan wisatawan. Memang keindahannya tidak dapat dipungkiri. Karang besar dengan tinggi sekitar 150 meter ini memiliki lubang besar di tengahnya. Lubang tersebut menjadi saluran masuknya air ke dalam cekungan.

Perairan Pasih Uug yang masih sangat jernih via instagram via instagram/@v34t_

4. Pantai Karang Bolong, Kebumen

Lobang di dalam karang yang membentuk cekungan via instagram/@anggi_balqis

Pantai ini berada di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Konturnya yang landai didukung dengan hamparan pasir yang cukup luas, menjadikan tempat ini sebagai salah satu destinasi wisata yang diminiati di Kebumen. Tak jauh dari hamparan pasir tersebut terdapat karang besar yang memiliki lubang hingga membentuk cekungan.

Berada di pesisir pantai via instagram/@anggi_balqis

Jika sudah puas dengan pasir putih, sepertinya ini waktumu untuk menjelajah pantai-pantai dengan keunikan baru. Indonesia memiliki banyak pantai dengan karakter yang berbeda-beda. Pantai di Jawa tentu akan berbeda dengan pantai yang ada di Bangka Belitung. Seperti empat pantai di atas. Pantai unik seperti apa yang pernah kamu temukan?

Advertisement
Tags
Bali Indonesia Jawa Tengah Nusa Tenggara Timur Wisata
Share