Pantai Dampar, Cantik dengan Tebing Pelindung nan Eksotis

Advertisement
Advertisement

Lumajang diam-diam menyimpan banyak pesona alam menakjubkan lho Teman Traveler. Mulai dari pantai, air terjun, gunung, hingga perbukitan. Pantai Dampar bukan pengecualian. Destinasi ini bahkan juga memiliki danau besar yang bisa dijelajahi dengan sampan. Yuk, simak ulasannya bersama.

Keindahan di Dusun Dampar

img_6466_nSj.JPG
Lokasi Pantai Dampar di peta via Google Maps

Sesuai namanya, pantai ini terletak di sisi selatan Pulau Jawa, tepatnya di Dusun Dampar, Desa Bades, Kecamatan Pasuruan, Kabupaten Lumajang. Bisa ditempuh dengan berkendara sekitar satu jam dari pusat kota. Sepanjang perjalanan Teman Traveler bakal disuguhi indahnya pemandangan perkebunan warga yang rata-rata ditanami kelapa.

Rute menuju sini relatif mudah. Selain itu jalurnya juga sudah lumayan bagus. Namun tetap hati-hati, sebab di titik tertentu ada jalan sempit yang sedikit berlubang. Tak jarang sejumlah truk pasir kerap melintas di sini.

Jika merasa kebingungan, Teman Traveler bisa coba bertanya arah pada warga sekitar. Mereka semua sangat ramah kok.

Fasilitas Lengkap

dsc_0172_MnE.JPG
Suasana di Pantai Dampar (c) Andika Rochman/Travelingyuk

Tiket masuk Pantai Dampar bisa dibilang sangat terjangkau. Cukup bermodal Rp5.000, Teman Traveler sudah bisa dapatkan pemandangan luar biasa cantik. Sementara untuk fasilitasnya sendiri cukup lengkap, mulai dari parkiran luas, toilet, musholla hingga warung ikan bakar sudah tersedia lengkap di sini.

Kawasan sekitar Dampar buka tiap hari, namun masih jarang disambangi wisatawan. Mungkin karena menjelang malam angin di sini sangat kencang. Namun asyiknya, dari sini Teman Traveler bisa melihat indahnya Nusa Barung, sebuah pulau tak berpenghuni di seberang laut. 

Keunikan Dampar

dsc_0220_Lzu.JPG
Tebing menjulang tinggi (c) Andika Rochman/Travelingyuk

Kawasan sekitar Dampar dikelilingi tebing tinggi yang menjulang sekitar 20 meter. Keberadaannya ampuh melindungi pengunjung dari panasnya matahari. Meskipun demikian, Teman Traveler tetap disarankan untuk menggunakan sunblock ya.

Terlepas dari hal tersebut, Dampar sangat cocok buat Teman Traveler yang ingin nikmati suasana tentram, jauh dari kebisingan dan polusi. Hembusan angin sepoi-sepoi akan membuat liburan kalian makin terasa syahdu.

dsc_0202_oKH.JPG
Ombak di sekitar pantai (c) Andika Rochman/Travelingyuk

Selain itu masih ada beberapa spot cantik yang bisa Teman Traveler jadikan tempat berfoto. Lingkungan di sekitar Dampar sendiri masih tergolong asri dan bersih dari sampah.

Jika Teman Traveler ingin berenang, siap-siap kecewa. Di sini pengunjung dilarang bermain-main terlalu jauh ke arah laut, sebab ombaknya cukup besar dan berbahaya.  

Tips Berkunjung

dsc_0194_wOM.JPG
Tebing di sekitar pantai (c) Andika Rochman/Travelingyuk

Jika Teman Traveler berencana mampir ke Dampar, pastikan untuk mempersiapkan semuanya dengan matang. Salah satunya adalah kamera, penting untuk abadikan semua momen menyenangkan. Selain itu siapkan juga beragam peralatan piknik yang dibutuhkan. Jangan lupa juga untuk menjaga kesehatan agar perjalanan tetap terasa nyaman.

Itulah sedikit ulasan mengenai Pantai Dampar, sebuah keindahan yang relatif jarang diekspos oleh wisatawan. Jika Teman Traveler berencana liburan ke Malang atau sekitarnya, jangan lupa mampir ke sini ya.

Advertisement
Tags
kontributor Lumajang Travelingyuk Wisata Lumajang
Share