Pantai Cemara Sewu, Keindahan Wisata Alam di Selatan Kabupaten Bantul

Advertisement

Bukan Jogja namanya bila tidak mempunyai deretan pantai yang aduhai. Beberapa kabupaten di bagian selatan provinsi ini menawarkan paduan hamparan pasir putih dan lautan cantik yang bikin mata terpukau. Salah satunya Pantai Cemara Sewu yang tergolong destinasi wisata baru. Namanya baru saja menarik perhatian pecinta traveling.

Letak pantai ini berada di Kabupaten Bantul dan keindahan pohon cemara yang menakjubkan. Makin penasaran kan? Berikut penuturan dari Kontributor Travelingyuk, Rizky Nusantara.

Unik dengan Pepohonan Cemara

Pohon Cemara
Pohon Cemara(c)Rizky Nusantara/Travelingyuk

Keindahan objek wisata ini tidak jauh beda dengan Pantai Goa Cemara. Daya tariknya berupa cemara yang berjejeran di sekitar pantai, jumlahnya mencapai 1.000 pohon. Suasananya begitu menyegarkan dengan pemandangan istimewa yang tak mudah ditemukan di tempat lain.

Tak hanya pepohonan yang rindang, Teman Traveler akan menemukan pintu masuk yang terbuat dari beberapa kayu yang tertancap seperti sebuah pagar. Tak lupa gapura bertuliskan Selamat Datang yang dibuat dari bambu.

Fasilitas di Sekitar Pantai yang Memadai

Penjual mainan di Pantai
Penjual mainan di Pantai (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Setelah memasuki pintu masuk, pengunjung akan akan dibawa ke lahan yang cukup luas. Semilir angin yang berhembus terasa menyejukkan hati. Berjalan sekitar 200 meter, pengunjung akan disambut dengan beberapa gazebo. Ada pula hammock yang bisa dimanfaatkan sebagai spot foto menarik. Tak hanya indah, kebersihan tempat ini juga masih terjaga. Bahkan, ada petugas yang selalu memperhatikan kebersihan.

Bagi wisatawan muslim jangan khawatir, Pantai Cemara Sewu juga menyediakan masjid. Tempat wudhu yang cukup luas. Jadi, Teman Traveler bisa menjalankan ibadah sholat tepat waktu. Selain gazebo dan mushola, pantai ini juga memiliki banyak warung makan menawarkan sajian kuliner mengenyangkan. Ada juga yang menawarkan mainan bahkan alat untuk bersantai di pantai. Seperti baju, serta topi. Tak perlu khawatir, harganya cukup bersahabat loh.

Gapura Pantai Cemara Sewu
Gapura Pantai Cemara Sewu (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Pantai Cemara Sewu merupakan salah satu objek wisata yang berada di kawasan Selatan. Karena itu pula, Teman Traveler harap berhati-hati ketika bermain ombak. Pasalnya, ombak di sini terkenal ganas dan menakutkan. Meski namanya kalah pamor dari Pantai Goa Cemara, objek wisata ini masih bisa jadi rekomendasi. Apalagi ada beberapa wahana yang bisa dicoba. Seperti ayunan, naik kuda, atau tur dengan mobil.

Selain berfoto dengan pemandangan pantai, jangan lupa untuk abadikan momen seru Teman Traveler di jembatan buatannya. Spot ini terkenal banget karena cukup instagenic.

Akses Menuju Pantai Cemara Sewu

Gazebo di Pantai Cemara Sewu
Gazebo di Pantai Cemara Sewu (c)Rizky Nusantara/Travelingyuk

Lalu, berapa harga tiket masuk pantai yang eksotis ini? Bisa dibilang tidak ada tiket masuk alias gratis dan hanya membayar biaya parkir saja sebesar Rp3.000 untuk motor. Kenapa gratis? Hal ini karena kawasan tersebut berada di tengah-tengah antara Pantai Parang Trits dan Pantai Depok. Jadi untuk biaya masuk, kawasan tersebut ikut dengan biaya retribusi antara kedua pantai tersebut. Untuk lokasinya sendiri mudah ditemukan dengan mengikuti rute Pantai Depok.

Pantai Cemara sewu merupakan kawasan yang unik. Mungkin juga bisa mengalahkan keindahan pantai lain di sekitarnya. Bagi yang penasaran, jangan lupa berkunjung ke sini saat berada di Bantul ya!

Advertisement
Tags
Bantul Indonesia Jogja Travelingyuk wisata bantul Yogyakarta
Share