Bukit Watu Goyang, Wisata Tersembunyi di Bantul yang Indahnya Menakjubkan

Daerah Bantul memiliki beberapa tempat wisata baru yang hits banget di sosial media. Salah satunya adalah Hutan Pinus Mangunan. Sebenarnya, destinasi wisata di kawasan ini sangat banyak, sayangnya masih relatif sepi dan belum dikenal banyak orang. Salah satunya Bukit Watu Goyang yang tetap indah dan mengagumkan dilihat dari sudut manapun. Tak percaya? Yuk, simak cerita lengkap dari Kontributor Travelingyuk, Pradika Purboretno berikut.

Destinasi Cantik di Sudut Bantul

Bebeda dengan Hutan Pinus Mangunan, kawasan bukit Watu Goyang ini tidak memiliki hutan. Pesona utamanya berupa watu goyang yang dalam bahasa Jawa, watu adalah batu, sehingga artinya batu goyang. Nama tersebut diambil karena batu besar di puncaknya bisa bergoyang.

Jalanan setapak berbatu
Jalanan setapak berbatu (c) Pradika Purboretno/Travelingyuk

Untuk dapat menikmati keindahannya, hanya perlu mengeluarkan uang Rp2.500. Teman Traveler bakal dimanjakan dengan berbagai spot ciamik untuk berfoto ria. Jika tak ingin lelah selama perjalanan, Teman Traveler bisa menyewa jeep menuju puncak. tarifnya sekitar Rp75.000,- per orang untuk perjalanan pulang pergi. Kawasan ini juga telah difasilitasi toilet serta warung makan.

Spot pertama
Keindahan alam dari atas bukit(c) Pradika Purboretno/Travelingyuk

Aneka Spot Foto yang Instagenic

Untuk mencapai puncaknya, Teman Traveler harus menaiki anak tangga buatan yang terdiri dari bebatuan kecil dan tanah tersusun rapi. Di belokan pertama, terdapat jalan setapak kecil berbatu yang dihiasi dengan berbagai macam bunga. Jika beruntung, ada bunga matahari dan celosia yang menyapa sepanjang perjalanan. Di ujung jalan setapak ini terdapat sebuah gazebo kecil untuk istirahat. Dari ini, perjalanan dilanjutkan dengan menaiki anak tangga lagi untuk menuju puncak.

Spot Foto di Bukit Watu Goyang
Spot Foto di Bukit Watu Goyang(c) Pradika Purboretno/Travelingyuk

Sebelum puncak, banyak tempat menarik yang bisa dijadikan sebagai spot foto. Seperti replika helikopter yang mirip banget dengan aslinya. Replika ini sendiri terbuat dari anyaman bambu. Di sebelahnya , terdapat spot foto lainnya, yaitu semacam lingkaran yang berlantai hijau. Yap, mirip dengan helipad versi mini.

Replika Helikopter
Replika Helikopter(c) Pradika Purboretno/Travelingyuk

Belum puas? Lanjutkan perjalanan menuju puncak. Ada batu goyang yang menjadi ikon objek wisata di Bantul ini. Letak batu ini tidak tertanam di bukit melainkan hanya berdiri dengan bantuan penyangga saja. Karena itu pula, pengunjung dilarang menaikinya karena sangat berbahaya. Jika ingin berfoto, mampir lah ke samping batu goyang. Ada jembatan yang terbuat dari kayu dan bambu dengan kapasitas maksimal, 20 orang. Jembatan ini cukup panjang dan mengelilingi bukit.

Jembatan di samping watu goyang
Jembatan di samping watu goyang(c) Pradika Purboretno/Travelingyuk

Cara Menuju Watu Goyang

Dengan perjalanan kurang lebih 45 menit dari kota Jogja, rute menuju Watu Goyang sangat mudah ditemukan. Dari perempatan terminal Giwangan, tinggal lurus saja ke selatan lalu belok kiri. Arah yang sama dengan menuju Makam Raja-Raja Mataram di Imogiri. Di pertigaan sebelum Makam Raja, belok ke kanan yang ke arah Hutan Pinus.

Jembatannya cukup panjang
Jembatannya cukup panjang(c) Pradika Purboretno/Travelingyuk

Watu Goyang adalah destinasi kedua setelah Bukit Bego, yang bisa ditemui dari rute ini. Ada banyak papan petunjuk yang bisa dijadikan patokan. Ingin lebih akurat, tinggal ikuti rute di Google Maps atau bertanya kepada penduduk sekitar. Selama perjalanan, sebaiknya hati-hati karena banyak tikungan dan jalannya cukup menanjak curam.

Bagaimana, tertarik untuk berkunjung ke Bukit Watu Goyang kan? Sedikit tips, jangan lupa isi baterai kamera karena banyak spot kece dengan pemandangan alam yang menakjubkan di sini. Pastikan pula berkunjung dengan sahabat-sahabatmu agar semakin seru.

Tags
Bantul Indonesia Jogja Travelingyuk wisata bantul Yogyakarta
Share