Pantai Biru Langit, Serpihan Surga Lombok Tengah

Selain memiliki banyak air terjun indah, Lombok Tengah, juga punya beberapa pantai dengan pemandangan luar biasa elok. Salah satunya adalah Pantai Biru Langit, yang tak kalah eksotis dibanding Pantai Kuta Mandalika atau destinasi terkenal lainnya.

Saking indahnya, Pantai Biru Langit sering dijuluki banyak orang sebagai kepingan surga. Lokasinya tersembunyi di balik perbukitan, bisa jadi alternatif tujuan wisata selain Kuta atau Selong Belanak. Yuk, simak ulasannya.

Berada di Desa Mekar Sari

Keindahan perairan sekitar pantai (c) Lukmanul Hakim/Travelingyuk

Bagi Teman Traveler yang sudah pernah jalan-jalan ke Lombok tengah, khususnya di bagian selatan, pastinya sudah tak asing lagi dengan nama-nama seperti Pantai Kuta Mandalika, Selong Belanak, maupun destinasi populer lainnya.

Destinasi yang cukup tersembunyi (c) Lukmanul Hakim/Travelingyuk

Namun tahukah Teman Traveler, sebenarnya masih ada satu pantai lagi yang tak kalah eksotis. Terletak di Desa Mekar Sari, Kecamatan Praya Barat, spot yang cukup tersembunyi ini jarang diketahui wisatawan lokal maupun mancanegara. Namanya adalah Pantai Biru Langit.

Air Jernih Berwarna Biru

Perairan dengan warna biru cerah (c) Lukmanul Hakim/Travelingyuk

Sebutan Biru Langit diberikan warga sekitar lantaran air di sekitar sini berwarna biru cerah. Lokasi pantai tersembunyi ini dikelilingi oleh bebatuan terjal yang membentuk formasi indah.

Perjalanan Panjang

Menikmati pemandangan dari ketinggian (c) Lukmanul Hakim/Travelingyuk

Perjalanan menuju Pantai Biru Langit jauh dari kata mudah. Teman Traveler wajib menyipkan fisik karena kalian harus menempuh perjalanan antara satu setengah sampai dua jam, melewati bukit terjal yang dipenuhi semak belukar. Lingkungan di sini memang belum terjamah sama sekali.

Usai perjalanan panjang dan melelahkan tersebut, Teman Traveler akan dimanja panorama pantai dan perairan indah dari ketinggian kurang lebih 200 meter. Airnya terlihat menyatu dengan langit. Berpadu apik dengan deburan ombak menghempas bebatuan di perbukitan terjal.

Kawasan perbukitan yang lumayan terjal (c) Lukmanul Hakim/Travelingyuk

Suara hembusan angin dan deburan ombak semakin menambah kesan eksotis. Teman Traveler dijamin wisatawan bakal enggan beranjak dari sini. Keindahan sekitarnya memang layak disebut serpihan surga tersembunyi di Lombok Tengah.

Gili dan Gunung Bongkor Jaran

Gili Gansing (c) Lukmanul Hakim/Travelingyuk

Pantai Biru Langit didominasi bebatuan dan perbukitan. Di area sekitar sini ada sebuah pulau kecil yang diberi nama Gili Gansing. Sebutan tersebut diberikan karena bentuknya yang menyerupai gangsing.

Bukit Bongkor Jaran (c) Lukmanul Hakim/Travelingyuk

Teman Traveler juga bisa melihat indahnya Bukit Bongkor Jaran, atau dalam Bahasa Indonesia berarti punggung kuda. Jika diperhatikan secara seksama, lekukannya mirip dengan kuda.

Lingkungannya Masih Alami

Suasana sekitar masih sangat alami (c) Lukmanul Hakim/Travelingyuk

Suasana Pantai Biru Langit masih sangat alami. Teman Traveler takkan menemukan satupun fasilitas wisata di sini. Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke sini, disarankan membawa perbekalan cukup. Sebab perjalanan menuju tempat ini sangat menguras tenaga.

Panoramanya sangat indah (c) Lukmanul Hakim/Travelingyuk

Spot Mancing Warga

Kerap dijadikan spot mancing warga (c) Lukmanul Hakim/Travelingyuk

Pantai Biru Langit juga kerap dijadikan spot memancing oleh warga sekitar. Di sekitar sini terdapat banyak ikan yang bisa dijadikan santapan lezat. Sayang, lokasinya yang cukup tersembunyi plus akses jalan tidak memadai, membuat destinasi ini jarang dikunjungi wisatawan. 

Akses menuju sini cukup sulit (c) Lukmanul Hakim/Travelingyuk

Itulah sedikit pengalaman saya jalan-jalan ke Pantai Biru Langit. Sangat recommended buat Teman Traveler yang sedang liburan di Lombok. Tapi ingat, pastikan kalian sudah menyiapkan stamina dan perbekalan cukup ya.

Tags
kontributor Lombok Lombok Tengah Travelingyuk wisata lombok Wisata Lombok Tengah
Share