Pantai Batu Kapal Liliboy, Surga Tersembunyi di Balik Karang yang Garang

Teman Traveler pecinta alam rasanya wajib datang ke wisata Maluku. Pulau di kawasan timur Indonesia ini menyimpan banyak keindahan tersembunyi. Salah satunya adalah Pantai Batu Kapal Liliboy.

Pantai Batu Kapal Liliboy berada di Jalan Propinsi, Liliboy, Leihitu Barat, Kabupaten Maluku Tengah. Saking indahnya, tak sedikit pengunjung yang menjulukinya ‘Surga tersembunyi’. Penasaran? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Murah dan Mudah Dijangkau

Salah satu sudut indah Pantai Liliboy (c) Nurcholis B. Effendy/Travelingyuk

Akses menuju Pantai Batu Kapal cukup mudah, bisa digapai dengan perjalanan selama kurang lebih dua jam dari Ambon atau menempuh jarak kira-kira 50 kilometer. Akan lebih dekat jika Teman Traveler mendarat di Bandara Internasional Pattimura. Dari sana kalian hanya butuh waktu sekitar 10-15 menit untuk sampai tujuan.

Biaya masuk kawasan Batu Kapal bisa dibilang cukup murah. Teman Traveler hanya perlu membayar Rp5.000 per orang. Bagi yang membawa kendaraan pribadi, akan dikenakan tarif parkir Rp3.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil.

‘Jendela’ Kapal Jadi Favorit

Tebing karang eksotis (c) Nurcholis B. Effendy/Travelingyuk

Pantai Batu Kapal memiliki keunikan tersendiri karena tebingnya berbentuk mirip kapal. Tingginya mencapai sekitar 30 meter dari atas permukaan laut, bahkan ada satu bagian yang mirip jendela kapal lho. Bagian dengan lubang seluas tiga meter persegi ini kerap jadi favorit pengunjung untuk berfoto.

Berada di ‘jendela’ ini, Teman Traveler akan mendapatkan panorama indah bagaikan private pool, plus gugusan karang indah. Keren kan?

Ada Jembatan dan Tangga Jadi Mudah

Berpose di salah satu sudut pantai (c) Aprilia Stefany/Travelingyuk

Pantai Batu Kapal mulai eksis sekitar 2016. Namun kala itu belum ada fasilitas penunjang seperti jembatan menuu jendela kapal. Pengunjung wajib memanjat untuk bisa sampai ke atas.

Tapi tak perlu khawatir Teman Traveler, sekarang kondisinya sudah jauh berbeda kok. Wisatawan tidak perlu susah-susah karena di hampir semua sudut tebing terdapat jembatan dan deretan anak tangga yang bakal memudahkan kalian.

Aman Buat Si Kecil

Fasilitas jembatan kian memudahkan pengunjung (c) Nurcholis B Effendy/Travelingyuk

Selain tebing dan karang indah, Pantai Batu Kapal memiliki kawasan pesisir dengan hamparan kerikil idah plus permukaan laut biru. Bagi Teman Traveler yang ingin duduk di pinggir pantai atau menikmati segarnya laut, bisa banget.

Sementara bagi Teman Traveler yang membawa anak-anak, jangan khawatir. Ada satu bagian pantai dengan perairan yang cukup dangkal. Aman untuk si kecil berenang.

Mau Snorkeling? Ini Tipsnya

Foto keren di ‘jendela’ kapal (c) Nurcholis B. Effendy/Travelingyuk

Oh ya, sedikit tips bagi Teman Traveler yang ingin menjajal snorkeling atau berenang di sini. Kawasan sekitar Batu Kapal masih belum memiliki persewaaan alat-alat penyelaman atau semacamnya. Jadi jika ingin menjelajah alam bawah laut di sini, sebaiknya persiapkan sendiri.

Itulah sedikit pengalaman saya berkunjung ke Pantai Batu Layar Liliboy. Bagaimana Teman Traveler, pemandangan di sana menarik kan? Jangan lupa mampir jika suatu saat nanti kalian berkesempatan jalan-jalan ke Maluku ya.

Tags
kontributor Maluku Travelingyuk wisata maluku
Share