Pantai Bara, Weekend Sambil Kemping Seru di Bulukumba

Pantai Bara adalah sebuah surga tersembunyi di ujung selatan Sulawesi. Orang-orang kerap menjulukinya saudara kembar Pantai Tanjung Bira. Lokasi tepatnya ada di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Posisi Bara berdampingan dengan Tanjung Bira. Meski tak setenar pantai yang disebut terakhir, keindahan alam di destinasi satu ini benar-benar luar biasa. Dijamin Teman Traveler takkan menyesal menghabiskan akhir pekan di sini.

Dekat Tanjung Bira

Duduk santai nikmati suasana di Pantai Bara (c) Erwin/Travelingyuk
Menikmati suasana pantai (c) Erwin/Travelingyuk

Harus diakui bahwa lokasi Pantai Bara memang sedikit terpencil. Hal ini jadi salah satu alasan yang membuatnya kalah populer dibanding Tanjung Bira. Namun uniknya, untuk menuju dua destinasi tersebut, Teman Traveler harus melalui gerbang yang sama.

Pengendara motor wajib membayar Rp25.000, sementara untuk mobil Rp50.000. Begitu melewati gerbang Teman Traveler akan menemukan pertigaan. Ambil jalur kanan untuk menuju Pantai Bara. Medannya memang sedikit berbatu, tapi begitu sampai kalian akan disambut keindahan alam luar biasa.

Pantai Bara Suguhkan Atmosfer Alami

Pantai Bara tawarkan nuansa alami (c) Erwin/Travelingyuk
Berpose dengan latar belakang indahnya pantai (c) Erwin/Travelingyuk

Atmosfer di sini benar-benar alami. Deretan pohon kelapa berdiri kokoh di bibir pantai. Teman Traveler juga akan menemukan barisan tempat istirahat nyaman untuk bersantai sambil menikmati pemandangan sekitar.

Daya tarik utama Pantai Bara ada di hamparan pasir putih dan permukaan lautnya yang berwarna kebiruan, hampir mirip Tanjung Bira. Bedanya, kawasan ini terasa lebih alami, dengan deretan pohon kelapa di sepanjang garis pantainya.

Sangat cocok bagi Teman Traveler yang mendambakan pantai dengan atmosfer alami. Pas juga untuk kalian yang ingin melepas penat usai dilanda stress akibat kesibukan atau sekedar berfoto-foto narsis.

Lokasi Kemping Favorit

Santai di dalam tenda (c) Erwin/Travelingyuk

Kelebihan lain Pantai Bara adalah ketersediaan camping ground di sepanjang bibir pantai. Tak heran jika destinasi ini kerap dipilihan wisatawan lokal maupun pendatang dari luar kota untuk berakhir pekan sambil kemping di Bulukumba.

Memasuki akhir pekan, pantai ini bakal jauh lebih padat. Dipenuhi pengunjung yang berebut mendirikan tenda. Oh ya, untuk kemping di sini Teman Traveler wajib membayar sewa Rp35.000 per lahan.

Main Pasir Juga Asyik

Mengubur diri dalam pasir (c) Erwin/Travelingyuk

Bagi Teman Traveler yang hobi bermain pasir, Pantai Bara bisa jadi pilihan. Hamparan pasir di sini sangat lembut dan halus. Kalian bisa bermain sepuasnya tanpa takut pasirnya bakal lengket atau membuat tubuh menjadi gatal.

Itulah sedikit pengalaman saya menghabiskan pekan di Pantai Bara. Semoga bisa jadi referensi Teman Traveler yang ingin liburan di weekend ini, apalagi jika kalian tengah dilanda stress pekerjaan. Jangan lupa berkunjung ketika sedang jalan-jalan di Bulukumba ya.

Tags
Bulukumba kontributor pantai bara Travelingyuk wisata bulukumba
Share